Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019 Part II

Salam semangat buat rekan-rekan OPS serta Bunda PAUD sekalian, setelah sebelumnya kita telah membuka Forum Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019 Part I, pada kali ini admin juga ingin membagikan pertanyaan serta solusi dari rekan-rekan sekalian terbaru. Semoga dengan adanya forum ini dapat menyelesaikan permasalahan kita di dapodikpaud 2018/2019 di menjelang akhir semester ini.
Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019



Baca Disini: Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019 Part I

Barangkali menjadi pertanyaan juga bagi rekan-rekan serta admin..hehe.. Kenapa membuat forum ini dan ada bagian-bagiannya pulan?

Yeah, tujuan admin adalah untuk berbagi informasi serta solusi dari setiap pertanyaan yang rekan-rekan utarakan di blog admin seputar Dapodik PAUD 2018/2019. Selain itu, admin juga berharap denga adanya forum seperti ini dapat mempererat sillaturrahmi kita dan rekan-rekan sekalian tidak bosan untuk mengunjungi blog ini. 

Selanjutnya, kita masuk ke topik pembahasan yaitu:

Kumpulan Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019 Part II

Pertanggal: 18 - 20 September 2018

Pertanyaan : @ unknown 

" Mau tanya, cara narik data KB ke TK A lewat mana ya?

Solusi : 

Setau admin, di dapodikpaud tidak bisa melakukan tarik data dari jenjang berbeda maksudnya seperti data dari KB ke TK. Karena kita menggunakan dua dapodik. Solusinya, rekan Luluskan terlebih dahulu PD di KB, selanjutnya rekan Inputkan data PD KB yang sudah di luluskan di Dapodik TK. 

Baca Disini: Cara Meluluskan Peserta Didik di TA 2017/2018 Semester Genap di Dapodik PAUD 2018/2019 Melalui Menu Peserta Didik 
Baca Disini:  Cara Cepat Meluluskan Peserta Didik di Dapodik PAUD 2018/2019 Semester Ganjil

Pertanyaan : @ anonim

" Admin, saya registrasi 36 Karakter Kok gagal ya? katanya password atau username salah?

Solusi:

Apabila rekan mengalami permasalahan seperti diatas, solusinya Dapodik rekan harus di reset, tapi yang akan mereset nya adalah Operator Dinas Pendidikan setempat. Jadi silahkan rekan hubungi Operator tersebut agar dilakukan reset dapodik dan jangan lupa untuk meminta Koreg terbarunya. 
Setelah kode registrasi rekan dapatkan, maka rekan harus melakukan Daftar Baru di Manajemen PAUD. 

Baca Disini: Cara Registrasi Pengguna atau Daftar Baru di Manajemen PAUD-Dikmas 2018/2019


Pertanyaan : @ Ardian Fitriana M

" Mau tanya, kalo di aplikasi kan udah singkron 100% malah singkronnya sudah beberapa kali, tapi kenapa di Manajemen PAUD tidak muncul ya bahwa kita udah singkron?

Solusi : 

Permasalahan diatas memang paling banyak di keluhkan oleh rekan-rekan OPS PAUD termasuk admin. Setelah hal ini admin telesuri, bersumber dari Operator Dinas Pendidikan setempat mereka mengatakan silahkan tunggu beberapa hari data terupdate di Manajemen Paud, karena server pusat tidak langsung menarik data yang telah kita singkronkan... sama-sama kita ketahui banyak data yang akan ditarek. So, kita harus menunggu beberapa hari. 

Baca Disini: Solusi Gagal Singkron Dapodik PAUD di 40%

Pertanyaan : @ unknown 

" Kenapa ada tulisan email belum di verifikasi?"

Solusi:

Hal seperti itu juga admin dapati di Manajemen PAUD yang admin kelola, pengalaman admin ini dikarenakan Username/pass yang digunakan untuk Registrasi dan login dapopaud bukanlah e-mail yang telah didaftarkan di gmail. So, admin tidak bisa melakukan verifikasi. Tapi hal ini juga tidak bermasalah kalau kita tidak melakukan verifikasi. 
Baca Disini :  Panduan Penggunaan Dapodik PAUD 2018/2019 v.3.3.0

Pertanyaan : @ unknown

" Admin, kenapa jumlah data sanitasi tidak bisa diketik manual?"

Solusi: 

Maaf gan, admin ragu untuk menjawabnya karena disini admin kurang paham dengan permasalahannya di bagian manakah data sanitasi tersebut tidak bisa di ketik manual. Karena sejauh ini data di sanitasi dalam penginputan data tidak lah bermasalah. Mohon maaf apabila jawabannya tidak memuaskan. 

Baca Disini : Fungsi Tab Action Menu pada Menu PD, Rombel, Sarpras di Dapodik PAUD 


Pertanyaan :@ unknown 

"Saya sudah singkron beberapa kali menggunakan dapodik offline/sync online. Tapi cek di pengiriman status belum mengisi padahal tercatat jadwal singkron terbaru"


Solusi: 

Permasalahan ini hampir sama dengan data belum terupdate di Manajemen PAUD setelah dilakukan singkronisasi. Data tersebut akan singkron di website untuk cek Singkronisasi Dapopaud setelah beberapa hari singkronisasi. 

Baca Disini: Solusi Mengatasi Data Invalid di DapodikPAUD

Pertanyaan : @ unknown

" Admin, ada siswa rombel a dia langsung lulus, tapi ketika saya klik action menu naik kelas jadi siswa tersebut naik kelas b,  seharusnya dia lulus, bagaimana solusinya?"

Solusi:



Pertanyaan : @ Annisa Nabila

" Saya mau nanya, untuk mensinkronkan dapodik online bagaimana ya?"

Solusi: 

Jadi untuk dapodik online setiap data yang kita inputkan kemudian sudah di simpan, maka data tersebut otomatis sudah tersingkronisasi. 

Baca Disini : Penjelasan Singkronisasi Dapodik Online

Pertanyaan : @ Maisaroh Siregar 

" Saya sudah pakai Dapodik v.3.3.0, mengapa memasukkan PD Baru, waktu penyimpanan error ? ".

Solusi: 


Untuk pengisian data Peserta Baru di dapodikpaud 2018/2019 kita harus lebih teliti, dan yang paling utama diperhatikan adalah kolom yang ditandai bintang merah (*) menandakan data tersebut tidak boleh dikosongkan. Begitu juga dengan beberapa kolom data lainnya. 

Solusinya silahkan:



Semoga pembahasan kali ini dapat kembali bermanfaat buat kita semuanya. Buat rekan-rekan yang ingin memberikan saran jangkan sungkan-sungkan ya karena dari saran tersebut dapat meningkatkan ilmu kita semuanya begitu juga dengan pertanyaan rekan-rekan. Salam semangat dan terimakasih. 



Previous
Next Post »

26 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
9/24/18, 10:05 PM ×

apakah reset pengguna tidak bisa dilakukan sendiri?

Reply
avatar
9/25/18, 6:16 AM ×

Sebenarnya tidak boleh gan, karena akan menggantikan Kode Registrasi Dapodik PAUD. Tapi, apabila sudah terlanjut reset sendiri, jangan khawatir... Silahkan agan hubungi Operator Dinas Pendidikan setempat untuk mereset kembali Dapodik sekolah agan. Dan jangan lupa untuk meminta Kode Registrasinya ya gan.
Jika sudah silahkan akses kembali Manajemen PAUD untuk Daftar Baru.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Reply
avatar
barce
admin
9/27/18, 11:35 AM ×

Kelompok B Semeter Sekarang menggunakan Menu Aksi Kenaikan Kelas Kelompok A Semester yang Lalu, sedangkan Kelompok A semester ini ditambahkan secara manual.Setelah disinkron, pada manajemen Paud Dikmas terbaca hanya kelompok B Saja, sedangkan kelompok A nya tidak terbaca. Mohon Solusinya,Terimakasih Pak.

Reply
avatar
9/27/18, 9:32 PM ×

Maaf pak, kalau admin biasanya menggunakan Tab Menu Action bagian Luluskan PD. Maksudnya PD tahun lalu di luluskan bukan kenaikan kelas. Jadi saran dari admin apabila masih cara seperti yang bapak lakukan diatas blm berhasil coba cara yang admin sarankan ini.

Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila jawaban tidak memuaskan karena kita semuanya lagi belajar.

Reply
avatar
Unknown
admin
10/3/18, 5:25 AM ×

Mau tanya pak kan saya megang 2 lembaga 1 tk 1 kb kenapa yang kb itu waktu layanan tidak bisa di ganti jadinya layanan kb nya menjadi tk walaupun seperti itu tetap saya singkronkan, Kemudian daya cek tetapi di layanan sama jumlah pd itu tidak ada. Gimana ya itu pak

Reply
avatar
SecercahIlmu
admin
10/3/18, 11:18 AM ×

Sebaiknya layanan di Rombel agan harus ganti terlebih dauhlu menjadi Layanan KB, hal seperti ini juga pernah admin alami, solusinya admin klik pada Tab Action Menu Luluskan PD kemudian pilihlah rombel di semester kemaren untuk di luluskan kembali. Jangan khawatir data PD yang sudah di input tidak akan hilang. Untuk informasi selengkapnya silahkan agan check disini: http://secercahilmu25.blogspot.com/2018/09/layanan-rombel-tidak-sama-dengan.html

Permasalahan kedua, data sudah sinkron tapi di manajemen dapdodik belum terdaftar, solusinya silahkan agan check link berikut ini:
http://secercahilmu25.blogspot.com/2018/09/dapodik-sudah-sinkron-100-tapi-di.html

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Reply
avatar
Unknown
admin
10/11/18, 8:26 AM ×

mau tanya,.. saya pegang dapodik 3. TK, KB, TPA.. saya sudah singkron 3 minggu yang lalu,.. tapi yang terkirim di managemen paud kok cuma TK saja. yang KB TPA belum berhasil. lalu saya singkron lagi dan saya tunggu sampai 3 hari kok belum masuk juga. kira2 kenapa ya ? dan minta tolong solusinya. terimakasih

Reply
avatar
10/12/18, 6:46 AM ×

Terimakasih buat pertanyannya gan...
Permasalahan seperti ini juga pernah admin alami, alhamdulillah sekarang sudah berhasil teratasi dan data sudah sinkron di manajemen paud. Solusinya sudah admin tuangkan di dalam postingan berikut ini:

http://secercahilmu25.blogspot.com/2018/09/dapodik-sudah-sinkron-100-tapi-di.html

Semoga bermanfaat dan terimakasih

Reply
avatar
Unknown
admin
10/19/18, 8:57 AM ×

saya sudah sinkron satu minggu lebih kok belum masuk masuk ke menejemen paud kenapa ya

Reply
avatar
10/19/18, 10:48 AM ×

Solusinya silahkan agan check link berikut ini, karena sudah admin berikan solusinya dan terbukti punya TK yg diampuh sudah sinkron alis terbaca di manajemen.
https://secercahilmu25.blogspot.com/2018/09/dapodik-sudah-sinkron-100-tapi-di.html

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
10/21/18, 1:51 AM ×

mau tanya, setelah laptop saya instal ulang, aplikasi dapodiknya terhapus lalu saya instal ulang aplikasi dapodik. trus setelah saya isi username dan passwordnya, tidak bisa klik masuk. jadi ketika saya klig registrasi, sampai 30% gagal trus muncul "akun ini sudah pernah registrasi di tepat lain". gimana cara mengatasinya ya......

Reply
avatar
10/21/18, 11:52 AM ×

Terimakasih buat pertanyaannya gan, berarti sebelum laptop di install data dapodik semester sekarang sudah disinkron kan gan? Kalau sudah jangan khawatir gan...data tersebut sudah tersimpan di server pusat alias sudah sinkron.

So, gagal 30% muncul akun ini sudah pernah registrasi di tempat lain, silahkan agan hubungi admin dinas setempat kembali agar mereka melakukan reset dapodik sekolah agan dan jangan lupa untuk meminta Kode Registrasi yang baru ya. Solusi selengkapnya silahkan klik pada link berikut, karena sudah admin buatkan solusinya: https://secercahilmu25.blogspot.com/2018/09/solusi-dari-gagal-mengirim-data.html

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
10/28/18, 11:04 PM ×

Bagaimana Solusi Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD dan Dapodik Online Belum Terupdate,,,?

Reply
avatar
Unknown
admin
10/28/18, 11:04 PM ×

Bagaimana Solusi Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD dan Dapodik Online Belum Terupdate,,,?

Reply
avatar
10/29/18, 8:59 AM ×

Silahkan agan check link berikut ini, karena sudah admin buatkan solusinya:
https://secercahilmu25.blogspot.com/2018/09/dapodik-sudah-sinkron-100-tapi-di.html

Reply
avatar
Unknown
admin
1/7/19, 3:47 PM ×

apa penyebabnya gan..setelah masuk di aplikasi dapodik, tiba-tiba seperti ini...mohon pencerahan.
FatalErrorException: Error: Call to a member function getTahunAjaranId() on a non-object in C:\Program Files\Dapopaud\dataweb\app\src\Paudni\Auth.php line 0

Reply
avatar
1/7/19, 10:02 PM ×

@ Unknown, silahkan check link berikut ini, karena sudah admin bagikan solusi serta penyebabnya: http://secercahilmu25.blogspot.com/2019/01/kenapa-aplikasi-dapodik-paud-tidak-bisa.html

Reply
avatar
tanrazi
admin
1/12/19, 8:17 AM ×

Halo. saya sudah rest pengguna di manajemen paud. tapi saat log in ke Dapo Paud nya malah error.
FatalErrorException: Error: Call to a member function getTahunAjaranId() on a non-object in C:\Program Files (x86)\Dapopaud\dataweb\app\src\Paudni\Auth.php line 0

seperti itu. mohon pencerahannya. ini ver 3.3.2 Terimakasih

Reply
avatar
1/12/19, 1:22 PM ×

@tanrazi, terimakasih buat pertanyaanya gan... Untuk dapopaud semester ganjil sudah dilakukan cut off gan...jadi kita sudah tidak bisa akses lagi di semester genap, karena untuk semester genap adalagi versi terbaru nya gan...namun belum di rilis.

Reply
avatar
Unknown
admin
1/30/19, 10:14 AM ×

Bagaimana solusi Jenis pendaftaran di anggota Rombel tidak tepat (Siswa Baru tapi ditemukan data di semester sebelumnya)

Reply
avatar
1/30/19, 7:54 PM ×

@Kandaryana Dn, coba agan check di link berikut ini solusinya. Semoga bisa membantu.
https://youtu.be/mSW0OmscM8o

Reply
avatar
wiwi
admin
2/1/19, 1:10 AM ×

gimana cara menghubungi dinas setempat

Reply
avatar
Unknown
admin
2/20/19, 8:21 AM ×

Mau tanya.. kalau misal sekolah baru yg belum pernah menggunakan dapodik paud sama sekali dan baru akan menggunakan di semester genap tahun 2019 ini bagaimana ya?

Reply
avatar
FrontCircles
admin
2/24/19, 10:43 AM ×

1.Bagaimana cara agar anggota rombel dapat disimpan dalam aplikasi dapopaud ??
2.Solusi masalah "Terdapat sejumlah peserta didik yang belum masuk ke rombongan belajar" ?

Reply
avatar
Unknown
admin
2/25/19, 12:52 AM ×

FatalErrorException: Error: Call to a member function getTahunAjaranId() on a non-object in C:\Program Files\Dapopaud\dataweb\app\src\Paudni\Auth.php line 0
solusinya

Reply
avatar
Sugiyanto
admin
4/5/19, 11:55 AM ×

assalamu'alaikum. maaf saya mau tanya waktu semester ganjil kan saya nginput data siswanya 56 org tapi kenapa ketika singkron yang masuk hanya 17 org... padahal saya sudah singkron sampe 5 kali tp tetap aja tdk bertambah siswanya... mohon pencerahannya ?? terimakasih

Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment