Panduan Penggunaan Dapodik PAUD dan Dikmas Online 2019


Salam semangat buat kita semuanya. Kabar Gembira bagi rekan-rekan Operator Sekolah atau Lembaga Dikmas, bahwasanya Aplikasi Dapodik PAUD dan DIKMAS Online telah resmi dirilis pertanggal 3 September 2018. Berikut ini informasinya: 

Terbaru : Cara Pengisian Dapodik PAUD-DIKMAS Semester Genap 2018/2019
Atau 
Video Tutorial Cara Pengisian Dapodik PAUD-DIKMAS Semester Genap 2018/2019


Panduan Penggunaan Dapodik PAUD dan Dikmas Online 2019




Berdasarkan informasi dari situs web dapo.paud-dikmas, mulai tanggal 3 September 2018 Dapodik PAUD dan DIKMAS Online resmi di buka. Aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas Online dapat di akses oelh Satuan/Lembaga PAUD dan Pendidikan Masyarkat (Dikmas) melalui alamat :

http://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik

Bagi Lembaga PAUD 

Bagi lembaga PAUD (TK, KB, TPA dan SPS) aplikasi ini dapat digunakan jika memilih "Dapodik Online" sebagai metode sinkronisasinya. Bagi rekan-rekan OPS yang belum melakukan pemilihan metode sinkronisasi silahkan disimak informasi berikut ini.

Baca Disini: Cara Melakukan Pemilihan Metode Sinkronisasi 

Jika Operator sudah memiliki akun Dapodik, silahkan mulai menggunakan "Dapodik Online", login menggunakan akun Dapodik Offline yang sudah dimiliki.  

Jika Operator memilih "Dapodik Offline/Sync Online" atau "Dapodik Offline/Kirim File", Operator masih dapat login ke Dapodik Online, tetapi hanya bersifat read-only dan tidak dapat melakukan penambahan, pengubahan atau penghapusan data. Dalam metode read-only Operator dapat melakukan pengecekan pengisian Dapodik Offline apakah data yang disinkronkan sudah masuk ke server atau belum. 

Penggunaan Aplikasi Dapodik Online atau Dapodik Offline sepenuhnya diserahka npada masing-masing satuan pendidikan. Jika satuan pendidikan berada pada daerah dengan koneksi internet yang dirasa cukup baik dan dapat selalu online , diasarankan menggunakan Dapodik Online, tetapi jika berada pada daerah yang koneksi internetnya dirasa kurang baik, maka dapat menggunakan Dapodik Offline


Bagi Lembaga DIKMAS 

Bagi lembaga Dikmas (PKBM, SKB, LKP) aplikasi ini menggantikan Aplikasi Dapodikmas. User dan password yang digunakan sama dengan Dapodikmas. Semua data yang sudah ada diisikan di Dapodikmas otomatis dimigrasikan ke Dapodik Online

Dapodik Online tidak memerlukan instalasi ke komputer/laptop, tidak mperlu sinkronisasikan jika ingin merngirimkan data dan dapat digunakan di perangkat PC/Laptop Windows/Mac, Tablet dan Smartphone dengan beragam Operating System yang memiliki browser modern.  


Barangkali menjadi pertanyaan buat kita semuanya, Bagaimana kalau Satuan Pendidikan tersebut sudah melakukan registrasi dan installasi Dapodik PAUD khususnya secara offline? 

Jangan khawatir rekan-rekan semuanya, admin juga telah melakukan registrasi dan installasi secara Offline atau tepatnya menggunakan metode sinkronisasi "Dapodik Offline/Sync Online". Karena lebih dulu mengerjakan dapodik paud sebelum Dapodik PAUD Online dirilis. 
Meskipun demikian, bagi kita yang telah menggunakan Dapodik PAUD secara Offline masih bisa mengakses Dapodik Online, namun sebatas read-only dan tidak dapat melakukan penambahan, pengubahan atau penghapusan data. Dalam metode read-only Operator dapat melakukan pengecekan pengisian Dapodik Offline apakah data yang disinkronkan sudah masuk ke server atau belum. 

Tapi apabila ditanyakan mana yang lebih baik? Saran dari admin lihat dulu kondisi di tempat kita apakah jaringan internet mendukung, kalau tidak sebaiknya kita menggunakan Metode Sinkronisasi "Dapodik Offline/Sync Online", toh kita juga di bolehkan akses Dapodik Online walaupun sudah install Dapodik Offline. Juga kelebihan Offline ini kita bisa input data peserta didik secara santai tanpa khawatir nanti data tidak tersimpan karena jaringan tidak bagus. Bukan berarti yang Online kurang bagus ya, malahan sebenarnya yang Online ini lebih bagus karena kita bisa akses dimana saja tanpa harus install aplikasi lagi... Itu tergantung kondisi tempat kita masing-masing,,,, itu saran dari admin he..he... 

Setelah kita membahas mengenai rilis aplikasi Dapodik PAUD dan DIKMAS Online, selanjutnya kita akan membahas Bagaimana Cara Menggunakan Dapodik Online

Pada kali ini admin membahas Cara Menggunakan Dapodik PAUD Online, dikarenakan admin mengelola Dapodik PAUD. 

Ingat : Disini admin hanya bisa sebatas read-only tidak dapat melakukan penambahan, pengubahan atau penghapusan data. Serta admin dapat melakukan pengecekan pengisian Dapodik Offline apakah data yang disinkronkan sudah masuk ke server atau belum.
Berikut ini langkah-langkah nya: 

1. Silahkan klik link berikut ini : https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik

Dapodik PAUD Online 2018/2019




Masuk di halaman login DAPOPAUD DIKMAS, silahkan isikan:
- Username = Username di dapodikpaud offline atau dapodikpaud di semester lalu (2017/2018)
- Password = Passowrd di dapodikpaud offline dapodikpaud di semester lalu (2017/2018)

Jika sudah diisi, silahkan klik Log in. 

2. Setelah berhasil login, maka akan masuk di halaman Dapodik PAUD Online. 




Disini admin hanya bisa read-only, bagi rekan-rekan menggunakan Dapodik Online atau Metode Sinkronisasi Dapodik Online maka dapat melakukan penambahan, pengubahan atau penghapusan data serta data secara langsung sudah sinkron. 


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih... 





Previous
Next Post »

82 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
9/7/18, 7:49 PM ×

Disini saya mau tanya
Dalam aplikasi dapodik paud online, kenapa tidak bisa menambah peserta didik? Tidak bisa tersimpan, padahal data yang diminta sudah di isi dengan lengkap.
Mohon penjelasannya, terima kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
9/7/18, 7:51 PM ×

Disini saya mau tanya
Dalam aplikasi dapodik paud online, kenapa tidak bisa menambah peserta didik? Tidak bisa tersimpan, padahal data yang diminta sudah di isi dengan lengkap.
Mohon penjelasannya, terima kasih

Reply
avatar
9/9/18, 11:40 AM ×

Terimakasih buat pertanyaannya pak...

Apakah bapak sebelumnya sudah memilih metode sinkronisasi?
Misalnya: bapak memilih metode sinkronisasi offline/sync online... maka bapak tidak bisa menambah, menyimpan data peserta didik. Melainkan hanya bisa memeriksa data peserta didik dan lainnya.

Reply
avatar
Unknown
admin
9/11/18, 7:43 AM ×

maaf disini saya mau tanya
Dalam aplikasi dapodik paud online, mengapa tidak bisa meluluskan dan menaikkan kelas peserta didik, dan bagaimana cara mensingkronisasinya
mohon penjelasannya, terima kasih

Reply
avatar
9/11/18, 4:29 PM ×

Terimakasih buat pertanyaanya gan, maaf sebelumnya untuk perihal tidak bisa meluluskan dan menaikkan kelas peserta didik di dapodik online... pastikan terlebih dahulu agan sudah memilih metode sinkronisasi nya secara online, kalau sudah otomatis agan bisa update data di dapodik online.
Untuk cara sinkronisasi, di dapodik online data yang kita inputkan/update sudah otomatis tersinkronisasi.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
9/12/18, 11:53 AM ×

Saya sudah input data dapodik online tapi saya cek di manajemen data sekolah belum singkron y data belum masuk ...kira2 masalahnya apa y..dan apakah pengerjaan secara online gak perlu Singkron lagi otomatis sudah singkron atau belum y....

Reply
avatar
9/12/18, 2:13 PM ×

Terimakasih gan buat pertanyaannya...
Silahkan check disini gan https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik-online/rilis-dapodik-paud-dan-dikmas-online/ disitu di jelaskan " Dapodik Online tidak memerlukan instalasi ke komputer/laptop, tidak perlu sinkronisasi jika ingin mengirimkan data dan dapat digunakan di perangkat PC/Laptop Windows/Mac, Tablet dan Smartphone dengan beragam Operating System yang memiliki browser modern."

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
9/13/18, 3:30 PM ×

kalau sudah diubah tapi tetep ga bisa meluluskan solusinya gmn?

Reply
avatar
9/13/18, 4:18 PM ×

Maaf gan... kalau masih belum bisa juga, alternatif lainnya kita hubungi dinas setempat masing-masing gan.... agar permasalahan cepat teratasi.

Tapi admin pernah juga mengalami hal seperti ini gan, di dapodik offline, kondisinya status terdaftar sebagai "Kembali Bersekolah" dan gak bisa di luluskan. Solusinya, seperti berikut ini
http://secercahilmu25.blogspot.com/2018/09/cara-meluluskan-peserta-didik-terdaftar.html

apakah kondisi data yang agan kelola seperti diatas juga?
kalau tidak seperti saran awal silahkan konsultasi dengan admin dapodik dinas ya gan,,,agar cepat kelar.

Mohon maaf apabila jawaban tidak memuaskan... karena disini admin juga belajar juga...

Reply
avatar
Unknown
admin
9/13/18, 11:09 PM ×

maaf admin
saya mau tanya kenapa PKBM saya susah untuk masuk ke dapdik online
saya mau aplod data jadi ngak bisa2
mohon penjelasan nya min..

Reply
avatar
9/14/18, 5:30 AM ×

Maaf gan... mksd susah disini gak pernah berhasil login atau gmna gan?

Reply
avatar
Unknown
admin
9/14/18, 10:16 AM ×

susah untuk masuk ke dapodik online....

Reply
avatar
9/14/18, 11:56 AM ×

Itu ada beberapa faktor penyebabnya gan...
1. Bisa jadi koneksi jaringan kurang bagus
2. Pengguna dapodik online pada saat agan akses banyak, sehingga dapodik online susah di akses. Solusinya, silahkan akses dapodik online di waktu malam hari (kira-kira pengguna tidak banyak mengaksesnya).

Semoga bermanfaat gan... Maaf kalau jawabannya kurang memuaskan. Karena pengalaman admin seperti itu, awalnya gak bisa di akses... setelah diakses di waktu malam hari...akhirnya dapodik online bisa di akses.

Beda lagi kasusnya gak bisa diakses karena login gagal gan.
Kalau gagal login, berarti agan harus daftar baru lagi.

Terimakasih...

Reply
avatar
Unknown
admin
9/14/18, 6:40 PM ×

sy memilih dapodik online tp saat akan menyipan pembelajaran pada menu rombel selalu muncul error.kira kira apa masalahnya dan bagaimana solusinya. sedangkan sinyal selalu kuat

Reply
avatar
9/14/18, 8:44 PM ×

Terimakasih buat pertanyannya gan, tapi maaf sebelumnya untuk masalah seperti ini belum pernah admin alami, jadi untuk menyimpulkan bagaimana solusinya admin juga terbatas pengetahuannya gan.

Semoga rekan yang lain bisa menjawab gan.. Maaf...

Reply
avatar
Unknown
admin
9/20/18, 5:31 AM ×

Saya sudah singkron beberapa kali menggunakan dapodik offline/singkron online, tapi cek di pengiriman status belum mengisi padahal tercatat jadwal singkron terbaru

Reply
avatar
9/20/18, 7:13 AM ×

Terimakasih buat pertanyaannya gan, silahkan menunggu dulu gan... karena info yang admin dapat dari Operator Dinas memang agak lama menunggunya bisa 2-3 hari.
Begitu juga dengan Data terupdate di Manajemen PAUD harus menunggu beberapa hari.
Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
9/20/18, 8:21 PM ×

saya mau tanya untuk mensinkronkan dapodik yang online bagaimana ya?

Reply
avatar
9/20/18, 8:30 PM ×

Terimakasih buat pertanyaanya gan...
Untuk dapodik online data otomatis sudah tersinkron gan. Maksudnya, setiap data yang di input kemudian di save otomatis data tersebut sudah tersinkron.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
9/21/18, 6:18 AM ×

tapi saya cek progres entry data di manajemen paud dapodik KB saya belum singkron knp ya?

Reply
avatar
9/21/18, 12:01 PM ×

iya bun.. itu dikarenakan data dapodik belum di tarek oleh Server Pusat. So, kita harus menunggu bun... untuk berapa lama menunggu sumber dari Oeprator Dinas di tempat admin setelah 2-3 hari.
Masalah ini juga sedang admin alami... Tapi yang terpenting dapodik kita sudah singkron dan punya bunda karena menggunakan metode online otomatis sudah tersingkron.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
9/22/18, 4:18 AM ×

Maaf,mau tanya... Sy tidak bs input peserta didik pada dapodik online.. kenapa ya..? Pdhl Sy sdh memilih dapodik online di manajemen paud. Mohon solusinya,mksh...

Reply
avatar
9/22/18, 7:02 AM ×

Apakah sebelum memilih metode sinkronisasi Online, bunda juga pernah memilih metode sinkronisasi off/sync online?
Kemudian, setau admin kita tidak bisa melakukan input data di Dapodik Online karena sebelumnya kita telah memilih Metode Sinkronisasi Off/Syn Online yang hanya bisa read only .

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Reply
avatar
Anonymous
admin
9/25/18, 9:05 PM ×

admin, klo mau download profil dan peserta didik di dapodik online bagaimana caranya ya..??? mohon solusinya dong..

Reply
avatar
Anonymous
admin
9/30/18, 11:58 PM ×

bagaimana cara memilih ptk induk dan non induk di dapodik online.

tks admin

Reply
avatar
Unknown
admin
10/1/18, 10:35 PM ×

Maaf mau tanya.. Klo kita udah milih metode online.. Trus kita mau ubah ke offline bisa gk y?? Mhon pencerahannya... Soalny kdang sy ngisi data error.. Mngkn jaringannya...

Reply
avatar
10/2/18, 5:53 PM ×

Maaf gan baru admin balas, karena juga sedang mencari solusinya. Menurut admin solusinya dapat agan check di linkt berikut karena sudah admin buatkan panduannya.
https://secercahilmu25.blogspot.com/2018/10/cara-print-data-ptk-dan-peserta-didik.html

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
10/2/18, 6:00 PM ×

Maaf gan baru admin balas, kalau menurut admin bisa gan. Tapi agan harus mengganti metode sinkronisasi nya terlebih dahulu dari yang sebelumnya agan pilih online sekarang agan pilih Offline/sync online atau pilihan lainnya offline. Kemudian agan harus install aplikasi dapopaud 2018/2019, lakukan registrasi. Setelah berhasil registrasi otomatis agan sudah tidak bisa lagi melakukan input data di Dapodik online melainkan hanya bisa read only.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
10/2/18, 6:01 PM ×

Apabila agan masih ragu dengan jawaban admin, sebaiknya coba tanya langsung dengan Admin Dinas Pendidikan setempat.

Salam semangat.

Reply
avatar
10/2/18, 6:02 PM ×

Maaf gan ini untuk PTK baru? atau yang sudah di dapodik semester lalu sudah terdaftar di dapodik?

Reply
avatar
Unknown
admin
10/12/18, 1:03 PM ×

maaf mau tanya dalam dapodikmas PKBM online, kenapa tidak bisa menambah peserta didik? Tidak bisa tersimpan, padahal data yang diminta sudah di isi dengan lengkap dan saya memilih metode online
Mohon penjelasannya, terima kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
10/19/18, 5:02 PM ×

Maaf, saya mau tanya...
Gimana cara kita tau kalau dapodik online kita sudah sinkron?

Reply
avatar
10/19/18, 10:26 PM ×

Terimakasih buat pertanyaanya gan, Sebenarnya pada saat kita menginput data di Dapodik Online setiap data yang sudah di save otomatis sudah tersinkronkan. Tapi apabila agan ingin melihat apakah data nya sudah sinkron atau belum, agan bisa check melalui manajemen paud tujuannya untuk melihat apakah data sudah sinkron dengan didapodik apa belum. Selain itu agan juga bisa check melalui APP PAUD DIKMAS ( https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/mdikmas/index.php?r=site/login)


Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
10/23/18, 12:49 PM ×

Mau nanya min,
Di dapopaud online ada validasi..
Disitu ada keterangan luas tanah milik/bukan milij wajib diisi,
Tapi dicari dimana editnya g ketemu.. mohon pencerahan trims

Reply
avatar
Unknown
admin
10/25/18, 1:54 AM ×

Mau nanya! Status peserta didik yg di rombrel itu smuax harus siswa baru ya,karena kami baru membuat klas XII,XI, n X?ini untuk pserta didik paket skb.ini data baru n kami sdah pilah di kls XII,XI n X,krn sdah ada usia yg sdah siap ujian klsXII n klas XI? Mohon jawabanx secepatx

Reply
avatar
10/26/18, 11:15 AM ×

Mohon maaf sebelumnya gan, bukannya admin gak mau jawab cuman batasan pengetahuan admin sebatas Dapodik PAUD.
Tapi kalau di Dapoidk PAUD untuk semester baru tahun ajaran baru semuanya memang siswa baru gan, walaupuan peserta didik tersebut kembali bersekolah.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
10/29/18, 12:57 AM ×

min bantu saya dong😭, terakhir pendataan dapodik tgl 30 ini, saya udh masukin data peserta didik ke dapodik dan membuat rombel namun tidak tebaca sama sekali di calon perserta UN web PDUN. saya pake dapodik online

Reply
avatar
Unknown
admin
10/29/18, 11:16 AM ×

Saya mau minta solusi, saya pengang beberapa dapodik paud. untuk awal sebelum versi berubah, sinkron dapodik sudah masuk ke manajemen paud. setelah versi nya berubah sya sinkron untuk paud lain nya sudah hampir satu bulan dan hampir setiap hari belum ada yang masuk ke manajemen paud. saya sudah mengikuti cara yang ada di tanya jawab tentang dapodik paud, tapi tidak berhasil juga. tolong bantu solusi nya... trimakasih.

Reply
avatar
Unknown
admin
10/30/18, 10:48 AM ×

siang gan mau tanya kebetulan kami dari sekolah kb dan tk baru, mau tanya untuk pengisisan galeri di dapodik online kok gak bisa kenapa ya? dan untuk pengisian registrasi siswa apa harus diisi murid baru semua, saya masih bingung soalnya murid kami sebelumnya ada yg bersekolah di sekolah lain. terimakasih

Reply
avatar
10/30/18, 11:54 AM ×

Terimakasih buat pertanyaannya gan, Sebenarnya apabila dapodik sudah berhasil di sinkronkan dan sudah masuk di manajemen paud dan Dapodik PAUD Online dan kita update ke versi terbaru tidak akan mempengaruhi hasil sinkronisasi. Apabila hal ini berkebalikan dengan kondisi punya admin dan sudah setiap hari di check ditambah sinkron setiap hari.
Solusi dari admin agar tidak terjadi permasalahan antara OPS dengan Guru di sekolah tersebut, karna apabila data tidak sinkron otomatis data untuk PTK di Info GTK tidak akan Valid.

So, solusinya... mau tidak mau agan harus masuk di Aplikasi Dapodik kembali, kemudian Hapus rombel yang sudah ada atau Luluskan seluruh PD di tahun kemaren di Tab Action Menu Rombel setelah berhasil di luluskan baru Tambah Anggota Rombel Ganjil... Dan jangan khawatir data dapodik sekarang tidak akan hilang melainkan bergabung dengan yang tahun kemaren. apabila data nya bergabung silahkan keluarkan data PD yang lulus kemaren. Untuk informasi selengkapnya silahkan agan check link berikut ini:
https://secercahilmu25.blogspot.com/2018/09/dapodik-sudah-sinkron-100-tapi-di.html

Semoga bermanfaat. Solusi diatas sudah terbukti gan sudah banyak OPS yang lain menggunakan solusi diatas dan berhasil.

Reply
avatar
10/30/18, 12:03 PM ×

Terimakasih buat pertanyaanya gan...
Gallery gak bisa ya gan? Mohon maaf untuk yang ini admin kurang tahu karena admin menggunakan Daodik PAUD Offline. Tapi untuk Peserta Didik baru, registrasi PD semuanya kita pilih Siswa Baru, walaupun dia siswa lama dalam artian kembali bersekolah.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
10/31/18, 4:27 PM ×

ngga' di balas thu... padahal bagus pertanyaannya

Reply
avatar
10/31/18, 8:02 PM ×

Mohon maaf atas keterlambatan respon pertanyaan agan semuanya. Admin respon telat karena admin juga sedang mencari solusinya. Jujur untuk Dapodik Online admin sekedar tahu saja, admin fokus pada offline nya jadi untuk masalah ini admin harus menanyakan kepada Admin Dinas dan sampai saat ini masih belum ada jawaban. Mohon maaf. Tapi kalau untuk yang offline admin punya solusinya.

Mohon maaf atas keterlambatan respon nya gan.

Reply
avatar
Unknown
admin
11/3/18, 5:59 PM ×

Malam gan. mau tanya bagaimana ya cara mengisi rombel paud dapodik online?. untuk kolom kurikulum itu di bagian mana ya, soalnya saya cari kok ga ada ya. terima kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
11/6/18, 11:27 PM ×

Memilih dapodik online, kemudian pindah nyoba offline, kemudian pgn balik lagi ke online, Bisakah ?

Reply
avatar
11/7/18, 7:07 PM ×

Saran admin sih, konsisten aja gan memilih satu metode sinkronisasi (Sync Online, off/sync Online, Offline).

Reply
avatar
Anganku_234
admin
11/8/18, 11:23 AM ×

Laman Dapo Dikmas kenapa tidak bisa dibuka ya ???

Reply
avatar
11/8/18, 8:41 PM ×

Maaf gan, disini kami bisa akses. Tapi admin pernah juga mengalami masalah seperti ini, hal itu disebabkan karena jaringannya kurang bagus. Coba agan check lagi dan usahakan jaringan nya stabil ...

Reply
avatar
11/20/18, 5:41 PM ×

MAT MLM MAAF MAU TANYA AJA GIMANA CARA MASUKAN NAMA KETUA PKBM DAN OPRATOR DI APLIKASI DIKMAS

Reply
avatar
Unknown
admin
11/22/18, 12:25 PM ×

Maaf min mau tanya kalo ingin mengubah jenis ptk di dapodik online gimana ya? Soalnya jenis ptk saya yg satu salah seharusya guru pendamping ini guru unklusi. Di paud tidak ada guru inklusi kan ya..?

Reply
avatar
11/24/18, 8:12 PM ×

@silvester samderubun.. untuk masukkan nama ketua (kepsek), guru maupun operator sekolah harus lewat admin dinas gan... Silahkan agan bawak persyaratan seperti SK, kemudian ijazah dan lain sebagainya yang diperlukan, untuk admin dinas daftarkan didapodik. Setelah didaftarkan admin dinas, baru Operator Sekolah bisa update beberapa data dari PTK di dapodik.

Reply
avatar
11/24/18, 8:17 PM ×

@Asri Tri Yusanti, untuk Jenis PTK Guru Inklusi di PAUD gak masalah gan, di sekolah tempat admin kelola data Dapodiknya juga terdapat guru berstatus jenis PTK Guru Inklusi, dan alhamdulillah datanya Valid.

Untuk bagaimna cara merubahnya, silahkan agan hubungi admin dinas untuk merubah jenis PTK gurunya.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
12/12/18, 4:21 AM × This comment has been removed by the author.
avatar
12/12/18, 4:24 AM ×

Saya telah melakukan pengubahan data yg salah pada aplikasi dapodikmas. Namun saat data pdun keluar, trnyata data yg keluar itu data yg dulu sebelum diubah. Pdhal data yg dulu bnyak kesalahan. Mhon solusinya.

Reply
avatar
Unknown
admin
12/22/18, 2:21 PM ×

gmn maping rombel dapodik online LKP

Reply
avatar
Unknown
admin
12/28/18, 6:50 PM ×

min, gimana cara meluluskan peserta didik di dapodik online? Tq.

Reply
avatar
12/29/18, 1:25 PM ×

@Kak Ida, terimakasih buat pertanyaanya... Berikut ini solusinya gan, silahkan check link berikut: https://secercahilmu25.blogspot.com/2018/12/cara-meluluskan-dan-membatalkan-peserta.html

Reply
avatar
Unknown
admin
1/14/19, 8:38 AM ×

bagaimana cara masukkan NUPTK guru didapodik online

Reply
avatar
1/14/19, 3:00 PM ×

@Unknown, terimakasih buat pertanyaanya gan... setelah admin check di dapodik online, tidak ada fasilitas untuk tempat kita menambahkan atau memasukkan NUPTK Guru di dapodik. Coba kita tunggu saja dulu didapodik paud offline, semoga saja di dapodik offline bisa kalau juga tidak bisa...solusinya silahkan hubungi operator dinas.
Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
1/24/19, 7:48 AM ×

pak admin, mau tanya, bagaimana mengedit luas tanah milik / bukan milik di dapopaud online, terima kasih

Reply
avatar
1/26/19, 5:00 PM ×

@pauddhiaquinn, maaf baru admin balas bunda... karena admin juga sedang mencari solusinya. Di Dapodik PAUD Online tersedia kolom untuk Luas Tanah Milik / Bukan Milik, tapi pada saat mau edit data Luas Tanah Milik / bukan milik tidak tersedia fasilitas untuk edit. Solusi dari admin, bisa jadi untuk edit luas tana milik/bukan milik bisa nya di Dapodik PAUD Offline bunda, ini msh saran admin bunda... coba kita check nanti kalau dapodik paud offline sudah dirilis. Terimakasih.

Reply
avatar
1/28/19, 7:32 PM ×

Maaf Admin.Aku mau tanya,tentang dapodikdas Online,PKBM.. Kenapa Tambah PTK Tida saja Langsung oleh OPERATOR Sekoah...masalhnya Kami di PKBM merasa Kurang direspon oleh Admin dinas Kabupaten Ketika mau tambah PTK..Coba berikan kami kemudahan untuk mengakses Dapodik Online,,Maaf Admin Sekedar Usulan saja ,,untuk mempermudah kami PKBM untuk mengeuarkan dan memasukan PTK.di PKBM karena mereka kadang bekerja di PKBM keluar masuk per tahun/per semester,, tidak seperti di Formal

Reply
avatar
1/29/19, 9:20 PM ×

Terimakasih buat pertanyaannya pak @Ade Apandi. Semoga saran ini dibaca dan di respon langsung oleh Operator Pusat gan... tapi menurut admin semuanya itu sudah diatur sebaik mungkin gan... untuk ke validan data. Semoga semuanya dipermduahkan...

Reply
avatar
Unknown
admin
2/5/19, 10:29 PM ×

Min. .. Gimana cara ganti nama operator dan nama guru... Tak bisa di klik

Reply
avatar
2/9/19, 12:00 PM ×

@ unknown - Min. .. Gimana cara ganti nama operator dan nama guru... Tak bisa di klik
Jawaban : untuk mengganti nama Operator yg agan maksud di Manajemen PAUD atau nama PTK nya langsung? lw untuk ganti nama operator di manajemen paud silahkan lakukan reset pengguna. Caranya bisa dibaca disini: http://secercahilmu25.blogspot.com/2019/02/cara-reset-pengguna-dapodik-paud.html

Sedangkan untuk ganti nama guru, itu hanya bisa dilakukan oleh Operator Dinas.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
2/11/19, 7:53 PM ×

Mau tanya pak...
Saya mengubah tugas PTK yg mna seblumnya sebagi Tenaga administrasai.. Dan saya ubah mnjadu guru kelas... Kata SUKSES dataPTK sudah muncul..
Tpi saya cek lagi.. Masih Tnaga adm jenis tugasnya..
Trims sblumnya

Reply
avatar
Unknown
admin
2/17/19, 8:58 PM ×

selamat malam Admin,
Di dapopaud online ada validasi..
Disitu ada keterangan luas tanah milik/bukan milij wajib diisi,
Tapi dicari dimana editnya g ketemu.. mohon pencerahan trims

Reply
avatar
Elsa
admin
2/22/19, 4:03 PM ×

Permisi mau bertanya. Untuk pengisian Dapodik LKP, ketika menambahkan rombel diminta untuk mengisi tingkat Pendidikan itu ada pilihan KKNI level 1-level 9 dan paket/gaya. Itu maksudnya apa KKNI itu? terima kasih atas penjelasannya :)

Reply
avatar
Anna MH
admin
2/26/19, 11:25 PM ×

bukan komentar sih, tp mau bertanya apa bisa gonta ganti metode online sinkron online ke metode offlne sinkron online atau sebaliknya?

Reply
avatar
3/4/19, 5:29 PM ×

assalamualaikum kak, mohon bantuannya saya mengisi dapodik online tetapi tidak bisa di edit.jadi semua yg mau diisi tidak bisa di edit mulai dari lembaga sampai peserta didik bagaimana solusi nya kak?

Reply
avatar
LAWADI
admin
4/27/19, 2:45 PM ×

slamat siang admin. sy menggunakan Dapodik Online LKP.saat membuat rombel. pada pilihan pembelajaran, tidak ada pilihan mata pelajaran.ketika pembelajaran tidak di isi, maka pada dahbord validasi berwarna merah. bagaimna cara mengatasi? trimakasih.

Reply
avatar
LKP El-Fikri
admin
5/12/19, 4:34 PM ×

masalah yang sama :
slamat siang admin. sy menggunakan Dapodik Online LKP.saat membuat rombel. pada pilihan pembelajaran, tidak ada pilihan mata pelajaran.ketika pembelajaran tidak di isi, maka pada dahbord validasi berwarna merah. bagaimna cara mengatasi? trimakasih.

Reply
avatar
5/24/19, 9:40 AM ×

maaf saya mau tanya, ketika saya mau memasukan tambahan pembelajaran di rombel kenapa jenis matpel nya gak ada pilihan kira kira solusinya gimana ?

Reply
avatar
SUARA PASMA
admin
5/31/19, 12:59 AM ×

Stelh penmbhn pesrta didik..saat penyimpanan..muncul pesan error Pak

Reply
avatar
Unknown
admin
7/8/19, 7:25 AM ×

pak tiang mau narik rombel dan meluluskan kelas b yg sudah lulus tapi disana gak ada pilihan untuk kelas B yg muncul hanya KB,pas di klik rombel jg total rombel 0, mohon penjelasannya

Reply
avatar
Unknown
admin
7/13/19, 1:44 PM ×

Pak bagaimana cara menambah pendidik(PTK)?

Reply
avatar
Unknown
admin
7/21/19, 5:44 PM ×

Assalamualaikum wr wb.
Maaf min saya mau tanya. ketika mau menambahkan guru pengajar di tambah pelajaran rombel. kenapa di pilih PTK nya ngga keluar nama guru nya ya? jadi kaya ngga adda PTK sama sekali. saya pake DAPODIK Online 2019/2020. Terima kasih. mohon pencerahannya

Reply
avatar
Unknown
admin
8/15/19, 11:08 PM ×

minat tanya mengapa di dapodik online tidak bisa edit data semester lalu....mohon penjelasannya terima kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
10/17/19, 10:07 PM ×

Min, cara isi sekolah induk di dapodik online gimana caranya?

Reply
avatar
Rio R
admin
1/18/20, 12:08 AM ×


klau pengisian data peserta di dapodik belum lengkap, sedangkan thn 2019 sdh berakhir, bagaimana nasip dapodik kita mas...?

Reply
avatar
Mentawai
admin
2/5/20, 7:15 AM ×

kalau di PKBM NIK orang tuanya dan tahun lahir tidak, apakah tidak ada pengaruhnya, karena warga belajarnya sudah punya KK sendiri

Reply
avatar
Mentawai
admin
2/5/20, 7:16 AM ×

kalau NIK dan tahun lahir orang tuanya di dapodik PKBM tidak diisi bagaimana ya.. ada ga pengaruhnya. karena warga belajar itu sudah punya KK sendiri

Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment