Kumpulan Permasalahan dan Solusi Dapodik PAUD v.3.3.0 T.A 2018/2019


Salam semangat buat kita semuanya, pada postingan kali ini admin ingin membagikan informasi seputar Permasalahan serta Solusi dari Dapodik PAUD 2018/2019.

Kumpulan Permasalahan dan Solusi Dapodik PAUD v.3.3.0 T.A 2018/2019



Melihat banyaknya pertanyaan serta permasalahan yang ditemukan oleh  rekan-rekan OPS dan Bunda-bunda PAUD. Oleh karena itu, pada blog ini admin ingin membantu rekan-rekan semuanya sehingga dapodik yang dikelola semuanya sukses di kerjakan. 

Berikut ini beberapa Permasalahan yang ditemukan oleh rekan-rekan sekalian, dan belum sempat admin balas pertanyannya baik di Group FB secercahilmu25 maupun di kolom komentar sebelumnya admin mohon serta mengucapkan terimakasih kepada semuanya yang telah berpartisipasi. Disini admin akan mencoba mengkupas tuntas. Silahkan disimak sampai selesai. 

Kumpulan Permasalahan dan Solusi dari Dapodik PAUD 2018/2019 :

Permasalahan

1. Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Registrasi serta Memilih Metode Sinkronisasi Dapodik PAUD 2018/2019?

Solusi

Untuk Dapodik PAUD v.3.3.0 Semester Ganjil 2018/2019, sebelum melakukan registrasi dapodik paud, terlebih dahulu memilih metode sinkronisasi serta mengambil kode registrasi dapodik di manajemen.padu-dikmas. 

Untuk informasi selengkapnya, silahkan Baca berikut ini:

Baca Disini: Panduan Penggunaan Dapodik PAUD v.3.3.0 T/A 2018/2019
Baca Disini: Cara Memilih Metode Sinkronisasi dan Mendapatkan Kode Registrasi 36 Karakter 

Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Registrasi serta Memilih Metode Sinkronisasi Dapodik PAUD 2018/2019?


Permasalahan

2. Bagaimana admin untuk mendapatkan kode registrasi dan memilih metode sinkronisasi, kami tidak bisa mengakses manajemen.paud-dikmas?

Solusi

Bagi rekan-rekan yang mengalami permasalahan seperti ini, tidak usah bingung dan bimbang karena masih ada solusi lainnya. Rekan-rekan sekalin cukup lakukan Daftar Baru di halaman Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas, tapi terlebih dahulu harus sudah menyiapkan Kode Registrasi 36 Karakter. 

Admin, itulah yang menjadi permasalahan kami tidak bisa mengaksesnya bagaimana solusinya?

Solusinya, rekan-rekan tinggal menghubungi dinas setempat untuk meminta Kode Registrasi Dapodik PAUD sekolah rekan. 

Silahkan, 
Baca Disini: Cara Melakukan Daftar Baru di Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas 
Setelah berhasil melakukan Daftar Baru, rekan-rekan tinggal melakukan Uninstall dan Installasi Dapodik PAUD 2018/2019. 

Baca Disini: Cara Uninstall dan Install Dapodik PAUD 2018/2019 

Cara Melakukan Daftar Baru di Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas


Permasalahan

3. Mengirimkan Data Registrasi Gagal di 30%, bagaimana solusinya?

Solusi

Apabila rekan sekalian mendapati gagal registrasi di 30%, hal ini dikarenakan dapodikpaud di semester genap 2017/2018 sebelumnya telah di install di komputer lain. Untuk dapodikpaud tahun ini yang akan di install di komputer baru atau beda dengan kemaren, silahkan rekan lakukan Daftar Baru di manajemen.paud-dikmas. 

Sebelum melakukan Daftar Baru, rekan sekalian sudah menyiapkan Kode Registrasi 36 Karakter. Apabila belum memiliki silahkan hubungi dinas setempat untuk mendapatkan kodenya. 

Bagaimana cara solusi Data Registrasi Gagal di 30%? Silahkan... 

Baca Disini: Solusi Gagal Registrasi di 30% Dapodik PAUD 2018/2019 

Mengirimkan Data Registrasi Gagal di 30%, bagaimana solusinya?


Permasalahan

4. Bagaimana Cara Mendapatkan File Prefill Registrasi Dapodik?

Solusi

Solusi, apabila pada saat registrasi dapodik tampil file prefill rekan sekalian cukup gunakan jaringan internet untuk melakukan registrasi sehingga file prefill tidak akan muncul lagi. So, kita tinggal isikan username, password dan kode registrasi. 

File Preffill muncul pada saat registrasi, karen kita melakukan registrasi secar offline.


Bagaimana Cara Mendapatkan File Prefill Registrasi Dapodik?


Permasalahan

5. Admin, bolehkah merest dapodikpaud? Bagaimana solusinya kalau sudah tereset?

Solusi




Sesuai dengan pemberitahuan diatas, dilarang melakukan reset pengguna, karena akan mengganti kode registrasi 36 digit apabila terlanjur maka silahkan hubungi admin dinas pendidikan untuk mendapatkan kode registrasi. 

Permasalahan

6. Kenapa nama Kepala Sekolah tidak Muncul di dapodikpaud v.3.3.0?



Solusi

Ada beberapa hal yang menyebabkan nama Kepala Sekolah Belum Dipilih di Dapodikpaud setelah melakukan registrasi:

1. Bisa saja data PTK di menu PTK belum tampil. Apabila belum tampil silahkan lakukan Salin Penugasan di Tab Menu Action. 

2. Bisa saja data Jenis PTK pada Data PTK belum dipilih menjadi Kepala Sekolah. 

Silahkan...

Baca Disini: Cara Mengatasi Nama Kepala Sekolah Belum Dipilih di Dapodikpaud

Permasalahan

7. Apakah ada solusi untuk meluluskan peserta didik dengan cepat dan mudah?

Solusi

Solusi cepat dan mudah untuk meluluskan banyaknya data peserta didik yaitu Menggunakan Tab Action Menu Luluskan Peserta Didik pada Menu Rombongan Belajar. Bagaimana caranya, silahkan...

Baca Disini : Cara Meluluskan Peserta Didik dengan Cepat dan Mudah

Cara lainnya,  menggunakan Menu Peserta Didik, caranya...


Baca Disini: Cara Meluluskan Peserta Didik di Dapodikpaud 2018/2019

 Apakah ada solusi untuk meluluskan peserta didik dengan cepat dan mudah?


Permasalahan

8. Admin, bagaimana cara mengeluarkan dan mengembalikan Peserta Didik di Dapodikpaud?

Solusi


bagaimana cara mengeluarkan dan mengembalikan Peserta Didik di Dapodikpaud?


Permasalahan

9. Barangkali, permasalahan kali ini sering rekan temui pada saat melakukan input data Pesert Didik yaitu Gagal menyimpan, mohon isi form dengan benar. Field yang salah ditandai dengan kota merah. 

input data Pesert Didik yaitu Gagal menyimpan, mohon isi form dengan benar. Field yang salah ditandai dengan kota merah.


Solusi

Intinya pada saat kita melakukan input data Peserta Didik diharapkan untuk lebih fokus dan hati-hati, karena salah pengisiat satu data saja akan menyebabkan error dan errornya pun terkadang kita tidak mengenali dimana kesalahannya. Oleh karena itu, agar kita tahu apa-apa saja hal sensitif dalam pengisian data Peserta Didik, silahakan... 

Baca Disini:  Solusi Gagal Menyimpan Data Peserta Didik

Permasalahan

10. Bagaimana cara meluluskan Peserta Didik yang Terdaftar Sebagai Kembali Bersekolah?


Bagaimana cara meluluskan Peserta Didik yang Terdaftar Sebagai Kembali Bersekolah?


Solusi


Silahkan Baca Disini : Cara Meluluskan Data Peserta Didik Terdaftar Sebagai Kembali Bersekolah di Dapodikpaud

Permasalahan

11. Kenapa pada saat Sinkronisasi Dapodik PAUD di 40% Gagal?

Solusi


Kenapa pada saat Sinkronisasi Dapodik PAUD di 40% Gagal


Baca Disini : Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019 Part I
Baca Disini : Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019 Part II 

Demikianlah beberapa permasalahan yang sering muncul dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan rekan-rekan sekalian bagi pertanyaan yang belum terjawab disini admin kupas tuntas solusinya. Semoga bermanfaat dan terimakasih... 



Previous
Next Post »

19 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
9/14/18, 9:36 PM ×

salam. maaf bgmn lo registrasi gagal 30 persen karena nama pengguna dan kode regstrasi beda. pada hal nama pengguna ang kami pakei bisa log in di manajemen paud, mohon solusi...terima kasih salam

Reply
avatar
9/15/18, 12:28 PM ×

Terimakasih buat pertanyaannya gan,
Permasalahan seperti ini pernah admin alamai, itu di sebabkan username/password yang dilakukan pada saat registrasi berbeda dengan username/pass yang digunakan untuk mendapatkan koreg.

Silahkan registrasi kembali menggunakan username/pass sesuai dengan kode registrasi. Apabila masih mengalami permasalahan silahkan hubungi Operator Dinas Pendidikan setempat agar dilakukan reset dapodik sekolah agan.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
9/19/18, 8:54 PM ×

adminn.... kenapa jumlah data sanitasi tidak bisa diketik manual?

Reply
avatar
9/20/18, 7:18 AM ×

Terimakasih buat pertanyaannya gan...
Maaf gan, contohnya yang bagian mananya gan... Karena di tempat admin bisa gan.

Reply
avatar
Unknown
admin
10/16/18, 3:42 PM ×

Mau tanya kenapa setelah registrasi dan salin ptk salah satu ptk hilang harusnya ada 10 tapi ini hanya ada 9 tolong solusinya

Reply
avatar
10/17/18, 1:57 PM ×

Maaf gan, kalau permasalahan seperti ini admin belum pernah jumpa gan,, biasanya stlh di klik Salin PTK otomatis seluruh guru di semester kemaren tersalin datanya di dapodik semester ganjil 2018/2019. Coba agan check juga di manajemen PAUD dan Dapodik Online apakah jumlah PTK 9 atau 10.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
LidiyaAyuni
admin
10/21/18, 4:55 PM ×

Min nama ptk tiba" jadi ada 2 drngan nama yang sama gimana cara hapusnya..
Terus ada rombel ptk yg sudah di buat tapi tetap muncul di validasi.
Satu lagi, di beranda nama kepala sekolah tidak muncul, keterangannya kepsek lebih dari satu

Reply
avatar
10/21/18, 7:01 PM ×

Saran dari admin, silahkan bunda konsultasi dengan Admin Dinas Setempat karena untuk beberapa permasalahan diatas solusinya Admin Dinas yang nyelesaikan.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
12/5/18, 8:29 AM ×

Min, saya sudah synchrone beberapa kali dan semuanya sukses ter synchrone tapi di laporan pengiriman Belem terbaca juga, bgmn solusinya ya ? Saya synchrone sejak bulan Oktober tapi karena blum terbaca jadi synchrone2 lagi.
Memang pada semester yg lalu sekolah ini tdk membuat dapodik.... Apa ada pengaruhnya sehubungan dgn hal itu ? Tolong ya min !

Reply
avatar
12/5/18, 2:14 PM ×

Gak ada pengaruhnya gan...
Kalau masih belum bisa sinkron di manajemen, coba agan ulang lagi Registrasi Dapodik PAUD.
Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
12/30/18, 4:57 PM ×

bagaimana kalau di manajemen data PTK sudah benar, tapi di beranda masih 0 dari sekian PTK. ini mengisi dapodik online.

Reply
avatar
12/31/18, 11:02 AM ×

@Unknown. Terimakasih buat pertanyaannya.

Di Manajemen PTK sudah benar, tapi di beranda masih 0 dari sekian PTK itu dikarenakan PTK belum di isi Pembelajarannya, kalau di dapodik Offline belum di isi Jumlah Jam Mengajar.
Bagaimana cara mengisisi Pembelajaran? berikut ini solusinya:
- Pada menu PTK klik salin penugasan PTK TA 2018/2019
- Pilih menu Rombel, silahkan klik setiap rombel kemudian isikan anggota rombel jika masih belum ada, dan ini yang paling penting rekan Operator harus mengisis Pembelajaran PTK. Silahkan isikan pembelajaran PTK masih di menu Rombel.

Semoga bermanfaat gan...

Reply
avatar
wong
admin
1/7/19, 8:40 AM ×

min kolom thun ajaran dibawah kolom pasword dibuka kosong,terus saat dilogin eror gimana solusinya.

Reply
avatar
1/7/19, 10:14 PM ×

@wong, mulai tanggal 07 Jaunari 2019 Pengisian Dapodik PAUD dan DIKMAS sudah dapat dilakukan, tapi untuk sementara ini pengisian Dapodik nya untuk Dapodik Online. Bagi yang menggunakan Dapodik Offline bersabar untuk meunggu rilis Dapodik PAUD DIKMAS Offline.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
1/13/19, 12:12 AM ×

bagaima solusinya mengembalikan PTK yang dikeluarkan pada dapodikpaud online
(salah mengeluarkan PTK)
trimakasih...................................................

Reply
avatar
1/14/19, 2:39 PM ×

@Unknown, setelah admin check di dapodik online, untuk mengembalikan PTK yang salah dikeluarkan di halaman PTK tidak tersedia fitur untuk kembalikan. Jadi menurut admin silahkan agan hubungi operator dinas, karena sepertinya operator dinas yang bisa mengembalikan PTK yang terkeluarkan di dapodik online.

Semoga bermanfaat..

Reply
avatar
Unknown
admin
3/5/19, 9:41 AM ×

kenapa setelah saya buka aplikasi dapodik muncul memuat konten dan muncul loading kayak lego lalu muncul layar kosong ya....

Reply
avatar
Asep
admin
3/25/19, 4:16 PM ×

bagaimana cara menyelesaikan validasi warning "sekolah belum di petakan ke level desa/kelurahan" kunjungi di verval sp.
saya sudah mengunjungi verval sp tapi maps nya tidak terbuka?

Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment