Salam semangat buat Sobat Secercahilmu25 yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2021. Berdasarkan informasi yang telah diumumkan melalui portal dikdin.bkn.go.id, pendaftaran peserta sekolah kedinasan tahun 2021 dibuka pada tanggal 9 - 31 April 2021 dengan menyesuaikan status tanggap darurat Non Bencana Pandemi COVID-19.
Oleh karena itu, pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersipakan dokumen-dokumen yang diperlukan. Adapun dokumen tersebut sebagai berikut :
Dokumen-dokumen Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2021 :
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Rapor SMA/Sederajat
5. Pas Foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.
Untuk melakukan Registrasi atau Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 melalui Portal SSCASN Sekolah Kedinasan pada link ini : https://dikdin.bkn.go.id/
Sebelum kita masuk ke topik pembahasan, alangkah lebih baik kita mengetahui Apa itu Sekolah Kedinasan ?
Sekolah Kedinasan adalah Perguruan tinggi kedinasan yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.
Adapun Instansi-instansi yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan di tahun 2021 sebagai berikut :
- Badan Pusat Statistik (STIS)
- Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)
- Kementerian Hukum dan HAM (POLTEKIP dan POLTEKIM)
- Kementerian Dalam Negeri (IPDN)
- Kementerian Perhubungan (STTD dan 10 Sekolah Tinggi, Poltek serta Akademi lainnya)
- Badan Intelijen Negara (STIN)
- Kementerian Keuangan (PKN STAN)
- Badan Meterologi, Kilmatalogi dan Geofisika (STMKG)
Sebelum melakukan Pendaftaran silahkan persiapkan hal-hal berikut ini :
- KTP
- Alamat Email Aktif
- Data Orang Tua
- Nilai Rapor dan Persyaratan Lainnya yang diperlukan dari masing-masing sekolah kedinasan
Penting untuk diketahui oleh Pelamar Sekolah Kedinasan, Pendaftar hanya boleh mendaftar pada 1 (satu) Sekolah dan 1 Jurusan di Sekolah Kedinasan yang dilamar.
Setelah, mempersiapkan seluruh data-data yang diperlukan untuk melakukan Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2021, silahkan lakukan pendaftaran sekolah kedinasan 2021 melalui Portal SSCASN DIKDIN.
Berikut ini Panduan Lengkap Pendaftaran atau Registrasi Sekolah Kedinasan 2021 melalui SSCASN DIKDIN.
1. Silahkan akses Portal SSCASN Sekolah Kedinasan, berikut ini link aksesnya :
Selanjutnya, masuk di laman Portal SSCASN silahkan klik pada menu Regisrasi.
Gambar. Laman Pendaftaran AKUN SSCASN Sekolah Kedinasan |
Silahkan isikan :
- Nomor Induk Kependudukan (NIK)
- Nomor Kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga
apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau BKN selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).
- Nama Lengkap sesuai KTP
- Tanggal Lahir sesuai KTP
- Kabupaten/Kota sesuai KTP
- Masukkan kode captcha yang terlampir
2. Silahkan klik Lanjutkan, bila data sesuai maka akan tampil Form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan seperti gambar dibawah ini.
Gambar. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 |
Silahkan lengkapi data-data yang terdapat pada form diatas dengan benar, data yang perlu diisi terdiri dari :
- Alamat sesuai dengan KTP
- Tempat lahir (Kab/Kota), sesuai dengan Ijazah
- Tanggal Lahir, sesuai dengan Ijazah
- Jenis Kelamin yang sesuai
- Email, masukkan email aktif dan valid
- Password, masukkan password yang mudah diingat
- Konfirmasi password
- Pertanyaan Pengaman 1
- Pertanyaan Pengaman 2
- Jawab pengaman
- Captcha
- Upload foto dengan alatar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb.
- Pastikan rekan mengisi semua data dengan benar dan lengkap.
Jika sudah, silahkan klik Lanjutkan.
Gambar. Halaman Pengecekan Ulang Data Pendaftaran Akun |
3. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, silahkan cek kembali data anda jika ada yang perlu diperbaiki silahkan klik kembali dan jika sudah benar silahkan klik Proses Pendaftaran Akun.
Gambar. Halaman Berhasil Melakukan Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 |
Silahkan cetak informasi pendataan dengan klik tombol Cetak Informasi Pendataan. Selanjutnya, silahkan simpan kartu tersebut dengan baik. Kemudian untuk lanjut ke pendaftaran selanjutnya, silahkan klik pada tombol Lanjutkan Login Pendaftaran.
Gambar. Kartu Informasi Akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 |
Untuk Registrasi Akun SSCASN Dikdin telah berhasil dilakukan, selanjutnya silahkan login di SSCASN Dikdin untuk melanjutkan pengisian data-data lainnya.
Setelah berhasil Registrasi Akun SSCASN Dikdin, Tahapan selanjutnya adalah Login ke Portal Pendaftaran SSCASN DIKDIN dan Isi Biodata.
Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata
Baca Disini : Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan untuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2021
1. Setelah pelamar berhasil daftar akun, silahkan login ke https://dikdin-daftar.bkn.go.id/login
Masuk di halaman Login Pendaftaran SSCASN DIKDIN, silahkan masukkan NIK dan Password yang telah didaftarkan, lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta.
Gambar. Halaman Login SSCASN DIKDIN |
2. Masuk di laman Form Biodata Peserta, silahkan isikan :
a. Upload Swafoto
Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya seperti gambar dibawah ini.
Silahkan klik pada tombol Choose File, dan cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG dengan ukuran file minimal 120 kb dan maksimal 200 kb. Jika sudah, silahkan klik tombol Selanjutnya.
Gambar. Cara Upload Swafoto Sekolah Kedinasan 2021 |
b. Mendaftar Formasi
Gambar. Laman Pengisian Pendaftaran Formasi |
Silahkan :
1) Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan perminatan
2) Klik tombol Pilih
3) Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK anda berada
4) Isi nama Sekolah sesuai dengan Ijazah (SMA/SMK/Sederajat)
5) Isi Tahun Lulus
6) Isi Nomor Ijazah pendidikan terakhir
7) Isi Tahun Lulus pendidikan terakhir
8) Isi Kode Captcha yang muncul
9) Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, silahkan klik tombol Selanjutnya. Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi seperti ini :
Gambar. Peringatan |
c. Pengisian Nilai
Gambar. Form Pengisian Nilai |
Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir, untuk mengisi menu ini, diharapkan untuk diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.
d. Pengisian Biodata
Gambar. Form Pengisian Biodata |
Pengisian Data Diri Pelamar seperti :
Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam Kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.
Pengisian Data Diri Orang Tua :
NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.
Kemudian, isikan kode captcha yang tampil pada kolom yang disediakan, dan silahkan klik tombol Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya.
e. Unggah Dokumen
Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan untuk diunggah atau upload di Laman DIKDIN sebagai berikut :
1) Tanda Bukti Pembayaran Formulir Pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan ukuran maksimal 200kb dengan format jpg. (ukuran min 100kb maks 200kb)
2) Persyaratan lainnya yang diunggah dalam 1 file dengan format PDF dan ukuran file maksimal 1000kb yang terdiri atas :
- Surat Keterangan sebagai peserta Ujian Nasional dari Kepala Sekolah atau Pejabat berwenang bagi Siswa/I SMA/SMK/MA kelas 3 (Kelas XII) Tahun Ajaran 2018/2019 ;
- Surat Keterangan belum pernah menikah yang ditandatangani oleh LUrah/Kepala Desa sesuai domisili (asli) (bukan suat yang ditandatangani oleh pelamat, ketua RT, Ketua RW, atau orang tua wali),
dengan ukuran file minimal 100kb - 1000 kb maksimal dalam format PDF.
3) a. Ijazah SMA/SMK/MA/ Paket C bagi calon peserta yang sudah dinyatakan llus atau rapor SMA/SMK/MA/Paket C bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 (dua belas) dengan format PDF. Ukuran file maksimal 700kb.
b. Surat penyetaraan / persamaa ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi llusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF dengan ukuran maksimal file 700kb
ukuran minimal file 100kb dan maksimal 700kb dalam format PDF.
4) KTP bagi peserta yang berusia diatas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP dengan format jpg, dengan ukuran maksimal file 200kb (ukuran 100-200kb).
5) Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4x6 cm (ukuran maksimal 200kb dengan format jpg) (ukuran 100-200kb).
6) a. Surat Pernyataan Sanggup Tidak Menikah selamat mengikuti pendidikan (bermaterai 6000 rupiah) dapat diunduh di laman https://sipencatar.dephub.go.id/
b. Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR (bermaterai 6000 rupiah) dapat diunduh di laman https://sipencatar.dephub.go.id/
c. Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni Bermaterai 6000 Rupiah (dapat diunduh di laman https://sipencatar.dephub.go.id/ dan website masing-masing Unit Pelaksana Teknis dengan ukuran file 100-700kb).
Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan, jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukah. Untuk unggah dokumen silahkan klik tombol Unggah,untuk lihat dokumen yang telah diunggah silahkan klik tombol Lihat, untuk mengganti dokumen yang telah diunggah silahkan klik tombol Unggah. Kolom status akan menampilkan status unggahan dokumen.
Apabila dokumen semuanya telah berhasil di unggah, silahkan klik tombol Selanjutnya.
f. Resume Pendaftaran
Setelah pelamar melengkapi semua tahapan, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh pelamar.
Silahkan centang setiap pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik tombol Akhiri Proses Pendaftaran.
Setelah tombol Akhir Proses Pendaftaran diklik, pelamar tidak dapat merubah daaya yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.
Gambar. Pemberitahuan Akhiri Proses Pendaftaran |
Gambar. Form Resume Pendaftaran |
Silahkan klik tombol Cetak Kartu Informasi Akun dan Cetak Kartu Pendaftaran Akun untuk di simpan.
Gambar. Contoh Kartu Pendaftaran SSCASN DIKDIN |
Demikianlah informasi Cara Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinaan 2021 Lengkap. Semoga informasi diatas bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data.
Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon