Salam semangat buat adek-adek ataupun rekan sekalian yang sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2020. Sesuai dengan Surat Edaran dari Kementerian PAN-RB, bahwa Pendaftaran Sekolah Kedinasan yang seharusnya dibuka mulai tanggal 9 April 2020 DITUNDA dikarenakan status tanggap darurat non-alam pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Pemerintah. Informasi terbaru pastinya kabar gem bira buat adek-adek ataupun rekan sekalian, bahwasanya Pengumuman Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020 mulai tanggal 1 Juni 2020. Sedangkan, untuk melakukan Pendaftaran di SSCASN dijadwalkan pada tanggal 8 Juni 2020 s/d 23 Juni 2020.
Untuk membantu adek-adek ataupun rekan sekalian untuk persiapan melakukan Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020 melalui SSCASN, Badan Kepegawaian Negara telah merilis Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional Sekolah Kedinasan Tahun 2020. Buku Petunjuk tersebut berisikan Alur Penerimaan Sekolah Kedinasan 2020, Hal-hal yang harus disiapkan, serta Tata-tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2020.
Rekan sekalian bisa cek secara langsung di halaman dikdin.bkn.go.id/ mengenai Jadwal Pengumuman, Pendaftaran, Tata Cara Pembayaran Ujian CAT Sekolah Kedinasan 2020, Ujian serta Seleksi Lanjutannya.
Berikut ini Alur Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun 2020 :
Sumber Gambar. Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan 2020 |
Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan oleh Pelamar Sekolah Kedinasan 2020 :
Pelamar Sekolah Kedinasan 2020 wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap juruan dan sekoalh kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda-beda.
Baca Disini : Format Surat Pernyataan Sanggup Tidak Menikah Calon Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan 2020
Baca Disini : Format Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR Sekolah Kedinasan 2020
Baca Disini : Format Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan Calon Taruna/Taruni Sekola Kedinasan Tahun 2020
Baca Disini : Format Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan Tahun 2020
Berikut ini 8 (delapan) Kementerian/Lembaga yang akan membuka Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2020 :
- Badan Pusat Statistik (BPS) ;
- Kementerin Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) ;
- Badan Intelijen Negara (BIN) ;
- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ;
- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ;
- Badan Meteorologi, Klimatalogi, dan Geofisika (BMKG) ;
- Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ; dan
- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
Sebelum melakukan pendaftaran melalui SSCASN BKN.go.id , pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Adapun dokumen-dokumen tersebut sebagai berikut :
- Kartu Keluarga (KK) ;
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) ;
- Ijazah ;
- Rapor SMA/Sederajat ;
- Pas Foto ; dan
- Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.
Setelah pelamar mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melakukan Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020 melalui dikdin.bkn.go.id, berikut ini Tata-tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2020 :
1. Pelamar masuk ke portal SSCASN seperti halaman berikut ini :
Berikut ini link akses ke portal SSCASN https://sscasn.bkn.go.id/
Gambar. Portal SSCASN > DIKDIN |
2. Pada halaman SSCASN, Pelamar memilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan untuk membuat akun dan mencetak kartu informasi akun. Berikut ini link akses Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020 :
Gambar. Halaman Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020 |
3. Pelamar melakukan login dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarakan ;
4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian ;
Bagi adek-adek atau rekan sekalian yang bertanya apakah boleh melamar sekolah kedinasan lebih dari 1 (satu)? Jawabannya, Pelamar hanya dapat melamar 1 (Satu) Sekolah Kedinasan, aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang rekan pilih, silahkan cek di halaman masing-masing sekolah kedinasan.
5. Pelamar memasukkan Nilai ;
6. Pelamar melengkapi Biodata ;
7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan ;
8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume) ;
9. Pelamar mengklik kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah ;
10. Pelamar mengecek hasil verifikasi ;
11. Pelamar dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih ;
12. Pelamar yang sudan melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan kartu ujian ;
13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi ;
14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi ;
15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait proses selanjutnya.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020, silahkan cek Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020 berikut ini :
Silahkan dowlnod file DISINI.
Sumber : Badan Kepegawaian Negara (BKN)
Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat adek-adek ataupun rekan sekalian yang akan melakukan Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2020. Salam semangat dan salam satu data.
Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon