Penting! Pastikan Akun INFO GTK GURU DAN TENDIK SUDAH BISA DIAKSES, untuk pengecekan GTK Penerima BSU 2,4 Juta Tahun 2020

 

Salam semangat buat Pendidik dan Tenaga Kependidikan baik di  Kemdikbud maupun di Kemenag. Sebagaimana kita ketahui, pemerintah melalui Kemnaker akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp. 2,4 Juta pada 3 Juta Guru Honorer, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Non PNS dan Guru Agama di Indonesia. Dimana, Bantuan Langsung Tunai atau Bantuan Subsisi Upah/Gaji (BSU) merupakan pengalihan dari BSU BPJS Ketenagakerjaan yang tidak lolos validasi data.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, berikut ini Syarat Guru Honorer  dan Tenaga Kependidikan di Kemdikbud dan Kemenang Penerima BSU Rp. 2,4 Juta :

1.Harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan Pendidikan Tinggi (PPDikti) per akhir Juni 2020 ;

2.BLT Subsidi Gaji diberikan kepada guru honorer dan PTK Non PNS yang belum mendapatkan subsidi upah dari program pemerintah yang sebelumnya. Program sebelumnya yang dimaksud adalah Subsidi Gaji buat peserta BPJS Ketenagakerjaan ;

3.Penerima BSU adalah PTK yang tidak masuk ke dalam Program Kartu Prakerja ;

4.PTK yang akan mendapatkan BLT ini adalah yang gajinya dibawah 5 (lima) juta ; dan

5. Pengajar juga harus tercatat aktif mengajar pada semester I 2020-2021pada Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA Kemenag).

 

Untuk nominal subsidi yang akan diberikan kepada Guru Honorer dan PTK Non PNS sama seperti peserta BSU bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan sebesari Rp. 600 ribu perbulan dan diberikan selama 4 bulan. Jadi, total bantuan tersebut sebesar Rp. 2,4 Juta. 

Untuk mengetahui Guru Honorer dan PTK Non PNS Penerima BSU Gaji Rp. 2,4 Juta bisa dilakukan pengecekan secara mandiri melalui laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Pada saat pengecekan laman info gtk kemdikbud, bapak/ibu sekalian harus sudah memastikan memliki akun email aktif yang sudah terverifikasi. 

Berikut ini Ketentuan Pengaksesan Halaman Info GTK :

1. Pastikan menggunakan email yang aktif ;

2. Tidak diperkenankan menggunakan email orang lain ; dan 

3. Pengaturan ulang akun dapat melalui Manajemen Dapodik. 

Penting untuk diketahui, batas akhir verifikasi akun PTK adalah pada akhir bulan Oktober tahun 2020. Jadi, bagi bapak/ibu yang belum memverifikasi akun PTK secepat mungkin untuk melakukan verifikasi agar bisa nantinya mengetahi apakah penerima BSU atau tidak. 

 

Berikut ini admin bagikan informasi Cara Mengecek Nama Guru Honorer dan PTK Non PNS Penerima BLT Rp. 2,4 Juta Melaui Laman INFO GTK : 

1. Pastikan sudah memiliki akun email yang sudah terverifikasi ;

Baca Disini : Panduan Lengkap Verifikasi Akun PTK

2. Silahkan akses halaman INFO GTK, berikut ini link aksesnya :

https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ 

Masuk di halaman Login INFO GTK, silahkan klik tombol "Login langsung ke GTK". 

Gambar. Halaman INFO GTK

3. Masuk di halaman pengisian Login INFO GTK, silahkan isikan email dan password PTK yang sudah terverifikasi, dan isikan kode captcha yang muncul lalu klik tombol login.

Gambar. Pengisian Login INFO GTK

4. Login berhasil dilakukan.

Gambar. Tampilan Login Berhasil Dilakukan

 

Informasti terupdate, bagi bapak/ibu yang sudah dinyatakan penerima BSU Gaji Rp. 2,4 juta di laman info gtk tersebut akan muncul tabulasi data nama bank penyalur BSU dan nominalnya, seperti nama Bank BRI namun belum ada nama cabangnya dan nominalnya belum tertera. Berikut ini tampilan dari Penerima BSU Gaji Guru Honoer dan PTK Non PNS di laman info gtk.

Sumber Gambar dari belajardirumah.org/, Tampilan Data Penerima BSU Gaji

Kabar gembiranya, SK sudah terbit berupa data SK Tunjangan Insentif selama 12 bulan pencairan.

 

Bagi bapak/ibu yang sudah mengakses laman info gtk dan belum menemukan tampilan tabulasi seperti gambar diatas jangan khawatir ditunnggu saja hingga satu minggu dan silahkan cek secara berkala. Karena tabulasi tersebut baru di update pada tanggal 27 Oktober 2020 malam. 

Informasinya, pihak Kemnaker dikabarkan tengah mengupdate penginputan daftar nama calon penerima BSU tersebut. 

 

Demikianlah informasi terbaru yang admin peroleh dari berbagi situs web, semoga informasi diatas dapat menjawab pertanyaan dari bapak/ibu sekalian, bagaimana cara mengetahui apakah sebagai penerima BSU atau tidak. Terpenting, pastikan akun info gtk nya bisa diakses. Salam semangat dan salam satu data.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment