Cara Mengetahui Daftar GTK dan Jumlah Satuan Pendidikan di Suatu Kabupaten


Salam semangat buat Pendidik dan Tenaga Kependidikan jenjang PAUD, DIKDAS, DIKMEN. Pada postingan kali ini admin akan berbagi informasi sekaligus menjawab pertanyaan dari bunda kita. Adapun pertanyaannya sebagai berikut :
@devi kurniawati : "admin mau tanya, kalau mau cari tahu jumlah guru paud atau tk di Kabupaten biasanya dimana ya, sebab cari di web kemendikbud aku gak nemu. Nemunya, dari tingkat SD, soalnya butuh untuk data pada proposal".

Sebelumnya admin mohon maaf atas keterlambatan respon serta berterimakasih atas partisipasi bunda sekalian dengan blog kami ini, semoga blog ini bisa menjadi referensi buat bunda semuanya. 

Berikut ini admin bagikan Panduan Cara Mengetahui Jumlah Guru dan Jumlah Sekolah di Kabupaten dengan Cepat dan Mudah :

Untuk mengetahui jumlah guru dan jumlah sekolah di suatu kabupaten secara langsung bisa cek di portal DASHBOARD GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut ini link aksesnya : http://dashboardgtk.data.kemdikbud.go.id/

 Dashboard Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menampilkan data agregat total data GTK yang bersumber dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Dapodik merupakan sistem pendataan pendidikan online untuk pengelolaan data pendidikan nasional yang meliputi satuan pendidikan, peserta didik, Guru dan Tenaga Kependidikan yang dilakukan oleh unit utama (PAUDNI, DIKDAS, DIKMEN, sdb).

Itulah gambaran dari Aplikasi Dashboard Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).  Berikut ini Panduan Cara Mengetahui Jumlah Guru dan Jumlah Satuan Pendidikan di Suatu Kabupaten :

1. Silahkan akses portal atau website DASHBOARD GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut ini link aksesnya : http://dashboardgtk.data.kemdikbud.go.id/home.php?id=10

cara mengetahui jumlah, nama guru dan tenaga kependidikan dengan cepat dan mudah
Gambar. Halaman Sebaran Data GTK 

 2. Masuk di halaman DASHBOARD GTK, silahkan klik pada Menu Sebaran

Masuk di halaman menu Sebaran silahkan isikan :
- Provinsi ;
- Kabupaten / Kota ;
- Bentuk Pendidikan. 

Gambar. Pengisian Nama Provinsi, Kabupaten/ Kota dan Bentuk Pendidikan
Berikut ini Contoh pengisian nama provinsi, kabupaten/kota dan bentuk pendidikan. Setelah semua dipilih, silahkan klik tombol Tampil.

 
cara mengetahui jumlah satuan pendidikan yang ada di suatu kabupaten
Gambar. Hasil Pencarian Data Berdasarkan Provinsi, Kabupaten/Kota dan Bentuk Pendidikan

di bagian Data Sekolah kita sudah bisa melihat Daftar Sekolah yang ada di suatu kabupaten, silahkan lihat di bagian Tampil per halaman. Contoh dari gambar diatas, satuan pendidikan di Provinsi Riau, Kabupaten Kampar, Bentuk Pendidikan PAUD jumlah satuan pendidikan adalah 653

Sedangkan untuk mengetahui berapa jumlah guru di satuan pendidikan, silahkan klik pada tombol Lihat yang ada dikolom Daftar Guru.

Gambar. Untuk Mengetahui Jumlah Guru dan Tenaga Kependidikan Silahkan Klik pada Tombol Lihat
 Berikut ini hasil pencarian jumlah guru yang ada di suatu satuan pendidikan.
 Untuk cek jumlah guru di tahun-tahun sebelumnya, silahkan pilih pada Data Tahun.

 
cara mengetahui jumlah guru dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan terbaru
Gambar. Hasil Pencarian Jumlah Guru di Satuan Pendidikan


Demikianlah Panduan Cara Mengetahui Jumlah Guru dan Tenaga Kependidikan dan Jumlah Satuan Pendidikan di Kabupaten, semoga informasi diatas bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 
 
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment