Salam semangat buat sahabat secercahilmu25. Pada postingan kali ini admin ingin berbagi pengalaman kepada rekan semuanya seputar Bagaimana Cara Membuat Surat Pengadaan Barang, karena sedikit informasi hari ini admin ditugaskan oleh pimpinan untuk membuat sebuah surat yaitu Surat Usulan Pengadaan Printer.
Bagi rekan sekalian yang sedang bertugas di sebuah Instansi ataupun Perusahan pastinya tidak akan terlepas dari namanya surat-menyurat, salah satunya membuat Surat Usulan Pengadaan Barang. Oleh karena itu, di postingan kali ini admin akan membagikan Contoh Format Surat Pengadaan Barang, adapun Surat Pengadaan Barang yang akan dibahas adalah Surat Usulan Pengadaan Printer dari salah satu Bidang di Sebuah Instansi Pemerintahan yang ditujukan kepada Kepala Dinas.
Untuk selengkapnya, silahkan simak informasi berikut ini :
Sama seperti membuat surat resmi lainnya, Surat Usulan Pengadaan Barang juga harus memenuhi kriteria dalam menulis surat resmi lainnya.
Adapun bagian-bagian yang terdapat di dalam Surat Pengadaan Barang sebagai berikut :
1. Kop Surat
Pada contoh format surat pengadaan printer yang kali ini admin bagikan tidak menggunakan Kop Surat, dikarenakan surat tersebut tidak di tandatangani oleh Kepala Dinas ataupun atas nama Kepala Dinas, melainkan diketahui oleh Kepala Bidang.
Lain halnya, apabila surat yang akan dibuat mengetahuinya adalah Kepala Dinas maka surat tersebut harus menggunakan Kop Surat.
2. Tempat dan Tanggal Surat dibuat
Silahkan rekan sesuaikan tempat dan tanggal surat dibuat.
3. Nomor, Lampiran dan Perihal
Silahkan isikan nomor surat, lampiran surat apabila terdapat lampiran, dan perihal isi dengan "Usulan Pengadaan Printer".
4. Kepada Yth
Silahkan isikan kepada siapa surat tersebut ditujukan, untuk contoh kali ini surat tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas.
5. Isi Surat
Silahkan isi surat menggunakan bahasa yang sopan, singkat, jelas dan padat.
6. Mengetahui Surat
Maksud mengetahui surat adalah pejabat yang mengetahui surat tersebut bisa saja Kepala Dinas, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan lain sebagainya.
7. Tembusan
Jangan lupa untuk membuat Tembusan Surat, dalam surat ini tembusan terdiri dari Sekretaris Dinas dan Kassubbag Perencanaan.
Setelah kita mengetahui dan memahami teori-teori bagian-bagian yang harus ada di dalam Surat Pengadaan atau Usulan Pengadaan Printer, selanjutnya kita masuk ke prakteknya yaitu Format Surat Usulan Pengadaan Printer / Barang Terbaru.
Download file Surat Usulan Pengadaan Printer, silahkan klik DISINI.
Catatan : untuk tulisan yang berwarna merah ataupun titik-titik silahkan sesuaikan dengan di Instansi ataupun Perusahaan tempat rekan bertugas.
Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data.
Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon