Pendaftaran Guru PPPK Tahun 2021 Hanya Dibuka untuk 3 Kategori Ini!

Salam semangat buat Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pelaksanaan Seleksi PPPK Tahun 2021 bakalan dimulai, sesuai dengan hasil Usulan Mengenai Alur Proses Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dijelaskan berdasarkan Rencana Pelaksanaan pada :
  • bulan Januari tahun 2021 merupakan Jadwal Pendaftaran Seleksi PPPK Tahun 2021 ;
  • bulan Februari jadwal materi pembelajaran yang dapt diakses oleh Guru Honorer, 
  • bulan Mei jadwal Ujian Seleksi untuk Guru TK, SD, SMP, SLB, 
  • bulan Juni jadwal ujian seleksi untuk Guru SMA, SMK, 
  • bulan September jadwal ujian seleksi kesempatan kedua ; dan 
  • bulan Desember jadwal ujian seleksi kesempatan ketiga. 
Pendaftaran Guru PPPK Tahun 2021 Hanya Dibuka untuk 3 Kategori Ini!
Gambar. Laman Pendaftaran Seleksi Guru PPPK Tahun 2021


Sesuai dengan judul postingan kali ini, admin akan membagikan informasi mengenai 3 (tiga) Kategori Guru Honorer Bisa Mendaftar Seleksi PPPK (P3K) Tahun 2021.
 
Apabila bapak/ibu memenuhi 3 (tiga) kategori berikut ini, insya Allah bapak/ibu merupakan 1 dari 1 juta Guru Honorer yang akan mendapatkan posisi sebagai calon seleksi Guru PPPK tahun 2021 dan sudah bisa mempersiapkan dokumen-dokumen untuk pendaftaran Seleksi Guru Honorer PPPK (P3K) Tahun 2021 melalui situs sscasn.bkn.go.id/
 
Berikut ini 3 (Tiga) Kategori Guru Honorer Bisa Mendaftar Seleksi PPPK Tahun 2021 :
 
Pendaftaran untuk menjadi Guru PPPK Tahun 2021 terbuka untuk :
 
Sumber Gambar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 
  1. Guru Honorer THK-2 sesuai database THK-2 di Badan Kepegawaian Negara ;
  2. Guru Honorer yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan per 30 Juni 2020 (tidak harus memiliki NUPTK) ; dan
  3. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar sebagai Guru.
 
Barangkali muncul pertanyaan bagi Guru Honorer yang sudah lama mengajar ataupun Guru Honorer yang baru mengajar pada tahun Ajaran baru 2020/2021.
Bagaimana dengan guru yang belum terdaftar di Dapodik ?

Bagi Guru Honorer yang saat ini mengajar namun belum terdaftar di Dapodik maka tidak dapat mengikuti Seleksi Guru PPPK Tahun 2021. Guru - guru tersebut disarankan untuk segera berkoordinasi dengan sekolah dan Pemerintah Daerah terkait pendaftaran di Dapodik sebelum Seleksi Guru PPPK Tahun 2022.  

 

Buat bapak/ibu guru yang saat ini mengajar di sekolah negeri, berikut ini panduan pendaftaran seleksi Guru PPPK Tahun 2021   :

- Jika tersedia formasi di sekolah tempat yang bersangkutan mengajar, akan otomatis didaftarkan di sekolah tersebut ;

- Jika mengajar di dua sekolah atau lebih, akan didaftarkan di sekolah induk ; dan

- Jika tidak tersedia formasai di sekolah tempat yang bersangkutan, mengajar, yang bersangkutan dpat mendaftar di sekolah lain. 


Sedangkan, bagi Guru Swasta atau Lulusan PPG yang saat ini tidak mengjar di sekolah negeri, dapat memilih mendaftar di sekolah negeri sesuai kebutuhan formasi. 

 

Bagaimana Pendaftaran Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 ?

 Pendaftaran dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara. Berikut ini link pendaftaran seleksi PPPK (P3K) Tahun 2021 : https://sscasn.bkn.go.id/

 


Penting untuk diketahui, Setiap Peserta mendaftar di awal tahun 2021 dan diberikan kesempatan mengikuti ujian seleksi hingga tiga kali. 

Baca Juga : Kumpulan Pertanyaan Mengenai PPPK Tahun 2021

Baca Juga : Informasi PPPK untuk Tenaga Kependidikan 

 

Demikianlah informasi terbaru mengenai 3 Kategi Guru Honorer Bisa Mendaftarkan Seleksi Gur PPPK Tahun 2021. Semoga bapak/ibu sekalian berkesempatan untuk mengikuti Seleksi P3K Tahun 2021 ini dan semoga lulus seleksi P3K. Perbanyak belajar atau usaha, berdoa dan bersedekah. Semoga kita diberikan keberkahan dan kesempatan untuk menjagi Guru PPPK Tahun 2021. Salam semangat dan salam satu data. 

 

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment