Persiapan Seleksi PPPK - Verval Ijazah S1/D4 Bagi PTK Melalui Laman Info GTK (Solusi Belum Bisa Melakukan Verval Ijazah)

Salam semangat buat Bapak / Ibu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia. Fitur terbaru di laman Info GTK yaitu Fitur Verval Ijazah. Barangkali, bapak/ibu sudah melakukan Verval Ijazah, bagi yang sudah melakukan Verval Ijazah silahkan Lihat Hasil Validasi atau Perbaikan Hasil Validasi melalui Laman Info GTK, tepatnya pada Laman Riwayat Pendidikan Formal. Bagi bapak/ibu yang belum bisa melakukan Verval Ijazah hingga hari ini, dikarenakan sistem sedang bermasalah, jangan khawatir silahkan cek saja berkala halaman Info GTK semoga secepatnya bisa kembali melakukan Verval Ijazah. 

Persiapan Seleksi PPPK - Verval Ijazah S1/D4 Bagi PTK Melalui Laman Info GTK (Solusi Belum Bisa Melakukan Verval Ijazah)
Gambar. Sukses Melakukan Verval Ijazah S1/D4 Melalui Laman Info GTK


Dikarenakan saat ini fitur Verval Ijazah belum bisa berfungsi, seperti tidak munculnya pilihan Perguruan Tinggi dan muncul halaman Error, silahkan terlebih dahulu Cek Keabsahan atau Validasi Ijazah Melalui Laman SIVIL (Sitem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik).

Baca Disini : Tips Sukses Verval Ijazah PTK di Laman Info GTK Terbaru

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyediakan Aplikasi untuk melakukan Verifikasi Ijazah secara elektronik. Adapun aplikasi tersebut bernama Aplikasi SIVIL. 

Untuk melakukan Verifikasi Ijazah pastikan :

- Mengisi Perguruan Tinggi ;

- Program Studi ;

- Nomor Ijazah ;

- Angka pengaman dengan benar. 

Apabila nomor ijazah tidak terdaftar, silahkan hubungi perguruan tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI. 

Berikut ini Cara Verifikasi Ijazah Secara Elektronik Melalui SIVIL :

1. Silahkan persiapkan ijazah terlebih dahulu, kemudian akses halaman SIVIL. Berikut ini link akes laman verifikasi ijazah secara elektronik (SIVIL) :

https://ijazah.kemdikbud.go.id/

Masuk di halaman SIVIL silahkan isikan :

  • Nama Perguruan Tinggi ;
  • Program Studi ;
  • Nomor Ijazah ; serta 
  • Angka Pengaman. 



Jika sudah diisi seluruh kolom, silahkan klik tombol Verifikasi. 


2. Proses verifikasi ijazah berhasil dilakukan, dibuktikan dengan Hasil Verifikasi : Data Ditemukan. Apabila pada saat verifikasi muncul data tidak ditemukan, silahkan cek kembali data-data anda. 

Apabila nomor ijazah tidak terdaftar, silahkan hubungi perguruan tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI. 



Setelah melakukan Verifikasi Ijazah secara elektronik, selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan Verval Ijazah S1/D4 melalui Laman Info GTK. 

Verval Ijazah S1/D4 ini berfungsi untuk verifikasi data PTK sebagai rencana pelaksanaan Seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Jadi, pastikan data program studi terverifikasi sesuai dengan ijazah. 

Catatan :

Untuk melakukan verval ijazah diwajibkan dilaksanakan oleh guru bersangkutan bukan oleh Operator Sekolah. 

Informasi update mengenai Verval Ijazah beberapa hari belakangan ini verval ijazah belum bisa befungsi sebagaimana mestinya, sepertinya sistem sedang dalam perbaikan. 

Untuk informasi berikut ini, admin berhasil melakukan Verval Ijazah karena waktu melakukan verval ijazah dua hari setelah terbitnya fitur Verval Ijazah, jadi admin sudah berhasil melakukan Verval Ijazah. 

Berikut ini admin bagikan Panduan Verval Ijazah S1/D4 Melalui Laman Info GTK sebagai Persiapan untuk Pelaksanaan Seleksi PPPK (P3K) :

1. Silahkan akses halaman Info GTK, berikut ini link aksesnya :

https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Silahkan login Info GTK menggunakan Akun PTK yang sudah terverifikasi. Berhasil login, masuk di halaman beranda dan muncul pemberitahuan Verval Ijazah. 

Untuk diketahui, pemberitahuan ini muncul di halaman Info GTK Guru dan Kepala Sekolah. 

Selanjutnya, silahkan klik pada tombol Clik ini Untuk Verval Ijazah S1/D4.



2. Selanjutnya, masuk di halaman Verval Ijazah seperti gambar dibawah ini. Silahkan pilih Perguruan Tinggi terlebih dahulu. 



Kemudian isikan Prodi ata Program Studi dan NIM. Jika sudah diisi, silahkan klik tombol Cek.  



Selanjutnya, muncul list atau daftar data Ijazah. Kemudian, silahkan klik tombol Simpan. 



Data sudah di verval. Apabila muncul halaman ini, berarti bapak/ibu sudah berhasil melakukan verifikasi dan validasi data ijazah S1/D4. 




Dikarenakan untuk saat ini belum bisa memilih Perguruan Tinggi dan muncul halaman error pada laman verval ijazah S1/D4 di laman Info GTK, silahkan lakukan saja verifikasi ijazah melalui laman SIVIL dan silahkan cek berkala laman info gtk, semoga secepatnya halaman verval ijazah info gtk kembali bisa berfungsi. 

Baca Juga : Penting! Cek Laman Info GTK untuk Melihat Hasil Verval Ijazah S1/D4

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga informasi diatas dapat membantu bapak/ibu yang sedang mengalami kendala pada saat melakukan verval ijazah S1/D4. Salam semangat dan salam satu data.  

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
11/24/20, 10:14 PM ×

Mengapa di akun ptk saya tidak muncul pemberitahuan verval ijazah...mohon solusinya

Congrats bro Berita kincay you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment