Pengajuan NUPTK di Sekolah yang Sudah Tidak Aktif, Apakah Bisa?


Salam semangat buat Guru-guru serta rekan Operator Sekalian, pada postingan kali ini admin ingin berbagi informasi seputar NUPTK yang Sudah Diajukan dan Ternyata Sekolah Tersebut Sudah Tidak Aktif, Bagaimana Solusinya?


NUPTK Sudah di Ajukan Ternyata Sekolah Tersebut Sudah Tidak Aktif, Apakah Masih Bisa di Terima atau Tidak?



Pada kali ini admin ingin membagikan sedikit pengalaman admin seputar NUPTK. Sekitar 3 bulan kemaren admin diminta oleh seorang guru untuk mengajukan NUPTK nya, otomatis admin harus mengupload dokumen-dokumen yang diminta sesuai dengan tempat bertugas guru tersebut. 

Dan untuk semester ini ternyata sekolah guru tersebut sudah tidak aktif, dan admin mencoba langsung check Vervalptk, walhasil data-data guru tersebut sudah tidak tersedia... ya admin jadi panik juga karena guru tersebut selalu menanyakan hasil NUPTK nya. 

Ternyata setelah admin check di Vervalptk sekolah lain. Sekolah lain? Maksudnya gimana ni Admin? 

Maksud admin guru tersebut sudah pindah tugas, dan sudah melaporkan kepada Admin Dinas Setempat untuk melakukan input datanya di sekolah baru tersebut. 

Hasilnya guru tersebut data Pengajuan NUPTK sudah pindah di sekolah baru  dengan Status Pengajuan NUPTK
Hasilnya sepeti gambar dibawah ini:


Jadi dari permasalahan diatas dapat kita simpulkan:

1. Walaupun sekolah PTK sudah tidak aktif asalkan PTK sudah pindah tugas sekaligus sudah melaporkan pindahan tugas ke admin dinas, maka NUPTK yang sudah diajukan tetap diproses. 

2. PTK yang sekolahnya sudah tidak aktif harus mencari tempat tugas baru agar NUPTK selalu bisa diajukan dan diproses dinas. 

3. Dan paling penting jangan lupa untuk melaporkan Pindahan Tugas kepada Admin Dinas Setempat untuk dilakukan penginputan data. Karena Input data PTK tidak bisa langsung diinputkan oleh Operator Sekolah. 

So, jangan khawatir ya guru-guru sekalian...

Kemudian buat guru-guru yang menanyakan kenapa NUPTK masih belum selesai alias belum diterbitkan? Mohon pengertiannya jangan pernah salahkan atau sudutkan Operator Sekolah, karena tugas Operator Sekolah hanyalah sebatas Upload Dokumen dan memeriksa kondisi dokumen yang telah diupload. Kemudian untuk masalah NUPTK kapan diterbitkan itu urusan orang Dinas serta LPMP. 

Semoga solusi diatas dapat membantu Guru-guru sekalian yang mengalami case Sekolah Sudah Tidak Aktif, Tapi NUPTK masih dalam tahap Pengajuan. 


Selanjutnya, kita masuk ke pembahasan Status Valid yang ada di Verval PTK:

Barangkali rekan-rekan OPS terkhusus rekan OPS yang masih baru, bertanya-tanya apa sih maksud dari Status Valid NUPTK Invalid, Calon Penerima NUPTK, dan Proses Pengajuan NUPTK. Untuk selengkapnya, silahkan disimak sampai tuntas informasi berikut ini. 

penjelasan setiap status valid di vervalptk



1. Status Valid : NUPTK Invalid 

Kapan dikategorikan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) berstatus NUPTK Invalid?

GTK yang berstatus NUPTK Invalid apabila GTK belum sampai satu tahun bertugas maka status valid NUPTK Invalid dan belum bisa dikategorikan untuk melakukan pengajuan NUPTK. 

2. Status Valid : Calon Penerima NUPTK

Kapan dikategorikan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) berstatus Calon Penerima NUPTK?

Apabila GTK tersebut bertugas sudah memasuki satu tahun, maka Status Valid akan berubah menjadi Calon Penerima NUPTK, dan artinya GTK tersebut sudah bisa melakukan Pengajuan NUPTK. 

3. Status Valid : Proses Pengajuan NUPTK

Kapan dikategorikan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) berstatus Proses Pengajuan NUPTK?

Apabila GTK tersebut sudah memenuhi syarat dan mengupload dokumen persyaratan pengajuan NUPTK, untuk selanjutnya masuk ketahap Proses Pengajuan NUPTK. Pada tahap ini GTK harus bersabar menunggu kapan bakalan di terbitkan NUPTK nya. 


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam semangat dan salam satu data. 
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
EDUFUTURE
admin
11/20/19, 11:11 PM ×

Pak, jadi intinya pengajuan NUPTK masih diproses walaupun guru tersebut sudah mutasi ke sekolah lain? Kalau status terakhirnya kurang diterbitkan saja, sudah diapprove dinas tetapi ybs pindah sekolah sementara proses tersebut, tetapi saya kesulitan mengeceknya. Karena terindikasi data ganda. Terima kasih.

Reply
avatar
Unknown
admin
4/30/20, 12:48 PM ×

admin mau tnya, sya ngajukan nuptk di sekolah A, nuptk belum kluar sya mtasi k sekolah B. trus ketika nuptk kaluar keterangannya tidak valid. bagaimana solusinya? kapankah nuptk sya bsa valid?

Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment