Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD dan Dapodik Online Data Belum Terupdate, Bagaimana Solusinya?


Salam semangat buat rekan-rekan OPS serta Bunda PAUD semuanya, postingan kali ini admin ingin membahas permasalahan yang sudah beberapa hari ini dikeluhkan oleh sebagian Operator ataupun Bunda PAUD sekalian. Apa Permasalahannya?


Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD  dan Dapodik Online  Belum Terupdate, Bagaimana Solusinya?




Permasalahannya adalah Aplikasi DAPODIK PAUD sudah berkali-kali berhasil di sinkronkan, tapi pada saat di periksa pada Manajemen PAUD dan Dapodik PAUD Online data dapodik belum terupdate. Berikut ini sebuah pertanyaan dari rekan-rekan sekalian. 

Admin, saya sudah berhasil sinkronkan dapodik 100% tapi, di manajemen belum update?

Ya, permasalahan ini juga pernah admin alami untuk beberapa dapodik yang sedang diampuh. Sudah melakukan berualang kali sinkronisasi dapodik, tapi hasilnya data tersebut masih belum terupdate di manajemen PAUD dan Dapodik PAUD Online. Alhamdulillah hari ini, permasalahan tersebut sudah bisa teratasi. 

Bagaimana Solusinya Admin?

Sabar dulu ya, sebelum kita membahas bagaimana solusinya. Alangkah baiknya kita mengenali permasalahan tersebut. Kenapa Layanan/Rombel tidak terupdate di Manajemen dan Dapodik PAUD Online?. 

Setelah admin telusuri permasalahan ini terjadi disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

1. Dapodik sekolah yang sedang diampuh sebelumnya di kerjakan di PC/Laptop yang lain. 
Memangnya berpengaruh ya admin?

Berpengaruh atau tidaknya, admin mengalami hal ini berpengaruh karena dibuktikan untuk beberapa dapodik yang sebelumnya telah admin kelola di PC/Laptop yang sama semua data sudah terupdate atau sinkron di Manajemen PAUD dan Dapodik PAUD Online dengan mudah. Maksudnya setelah Dapodik admin sinkronkan, langsung admin check di Manajemen PAUD dan hasilnya Data Dapodik sudah tersinkronisasi di Manajemen PAUD dan Dapodik PAUD Online. Hasilnya seperti gambar dibawah ini (Dapodik PAUD Online) . 
Baca Disini: Panduan Penggunaan Dapodik Online 2018/2019


Akses Dapodik PAUD Online di: 
 https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/


Dapodik PAUD Online


2. Pemilihan meluluskan peserta didik pada saat meluluskan peserta didik kurang tepat, maksudnya gimana si Admin?

Maksud admin, barangkali kita meluluskan Peserta Didik satu-persatu alias tidak menggunakan Tab Action Menu yang tersedia di Menu Rombel. Memangnya berpengaruh ya admin? untuk kali ini berpengaruh. Kenapa?  karena pada saat kita akan mengatasi permasalahan yang bakalan di bahas kali ini Data Peserta Didik di Rombel menjadi data Peserta Didik di Tahun lalu. 


Baca Disini: Cara Meluluskan Peserta Didik Menggunakan Tab Action Menu Luluskan PD

Setelah kita mengetahui apa yang menyebabkan Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD Data dan Dapodik Online  Belum Terupdate.  Selanjutnya kita akan membahas bagaimana Solusinya?.


Solusi Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD  dan Dapodik Online  Belum Terupdate:


Solusinya : Kita harus mengeluarkan seluruh Peserta Didik yang ada di setiap Rombel kemudian menghapus rombel tersebut. 

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Silahkan klik pada Menu Rombel > lalu klik pada Anggota Rombel (Ganjil 2018/2019)




Masuk dihalaman Edit Anggota Rombel, silahkan klik pada Nama Peserta Didik lalu klik pada tombol Keluarkan dari Rombel. Lakukan hal tersebut sampai semua Peserta Didik Keluar dari Rombel. 

Pada halaman Hapus Data klik Ya. 

2. Berikut ini contoh Data Peserta Didik sudah berhasil di keluarkan data PD akan berpindah dari kom kiri ke kolom kanan. 




3. Setelah PD sudah berhasil dikeluarkan, selanjutnya Hapus Rombel tersebut. 



Halaman Rombel telah berhasil di hapus. 




4. Selanjutnya yang akan kita lakukan, silahkan Klik pada tombol Tambah di Menu Rombel untuk menambah Rombel Baru. 


Setelah Rombel telah berhasil di tambahkan, silahkan isikan Anggota Rombel (Ganjil 2017/2018). Caranya: silahkan isikan Kolom Pendaftaran dengan Siswa Baru, setelah itu Data Peserta Didik (PD) yang ada dikolom sebelah kanan tarek ke kolom sebelah kiri. 






Jika pengisian anggota rombel telah selesai, tahapan selanjutnya silahkan lakukan Pengisian pada tombol Pembelajaran (Ganjil 2017/2018)

Baca Disini: Update Pembelajaran atau JJM di Dapodik PAUD


Apabila semua data telah diisi, silahkan refresh (CTRL+F5) di Keyboard. Lalu klik pada Tombol Validasi yang ada di Menu Beranda, apabila sudah tidak ada data invalid silahkan lakukan sinkronisai. 



Alhamdulillah hasilnya Dapodik PAUD sudah berhasil di sinkronkan dan Data di Manajemen PAUD serta Dapodik PAUD Online telah berhasil terupdate. 

Hasil di Manajemen PAUD 



Baca Disini : Solusi Gagal Sinkronisasi Mengirim Data di 40% Dapodik PAUD 2019
Hasil di Dapodik PAUD Online


Baca Disini : Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD I
Baca Disini : Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD II


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga dapat membantu rekan-rekan dalam mengatasi permasalahan yang ada. Salam semangat dan terimakasih. 
Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
10/30/18, 11:19 PM ×

Mikum min...di menu 'LEMBAGA' layanan 'KB' tp kenapa di menu 'ROMBONGAN BELAJAR' layanan TK. MOHON SOLUSINYA MIN.... TERIMAKASIH

Reply
avatar
10/31/18, 8:56 PM ×

Wa'alaikumussalam gan, mohon maaf atas keterlambatan respon pertanyaan agan.
Permasalahan seperti ini juga pernah admin alami dimana Layanan di Menu Lembaga adalah TK, tapi di Menu Rombel malah KB. Pada akhirnya di menu rombel bisa diganti menjadi TK.

Solusinya bagaimana?

1. Solusi pertama, admin melakukan hapus Rombel yang telah dibuat, kemudian klik pada Tab Action Menu > Lalu pilih Luluskan PD (untuk meluluskan PD ditahun kemaren) > selanjutnya baru klik tombol tomboh,,, silahkan di check apa kah layanan di menu rombel sudah berubah atau belum.
Pengalaman admin ada yang bisa dan ada yang tidak.

Apabila solusi pertama tidak berhasil, silahkan agan lanjutkan solusi ke 2.

2. Solusi 2 :
Apabila solusi pertama tidak berhasil, silahkan agan ikuti solusi kedua ini.
- Admin kembali melakukan registrasi Dapodik
- Pada saat registrasi gunakan kode registrasi pada saat kita awal registrasi dapopaud 2018.
- setelah berhasil registrasi, silahkan check Peserta Didik, nanti bakalan masuk pada menu PD data PD di tahun kemaren
begitu juga dengan yang tahun atau semester ini.
- lalu pilihlah menu rombel, dan silahkan lakukan luluskan PD pada tab action menu.
Baru agan klik tombol Tambah di menu rombel... insyaalah layanan sudah sesuai dengan layanan di lembaga.

Memang sih gan, kita harus kerja dua kali... tapi demi data yang harus sinkron di Manajemen PAUD dan Dapodik Online.

Reply
avatar
Eka
admin
12/3/18, 11:47 PM ×

Mohon maaf pak...saya sudah sinkron berkali2...sukses 100% tapi tdk masuk di manajemen....sudah saya lakukan solusi dari bapak...tapi tetap saja tidak masuk di manajemen...mohon solusinya...terimakasih

Reply
avatar
12/4/18, 5:49 AM ×

@Eka. Terimakasih buat pertanyaannya.
Apakah beberapa cara yang sudah ditanyakan rekan-rekan di Kolom Komentar sudah diterapkan langsung?
Seperti cara awalnya kembali luluskan PD melalui Tab Action Menu Luluskan PD di Rombel atau sudah coba registrasi kembali....

Karena dari yang sudah admin coba itu dua cara yang ampuh gan...

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
panjalu23
admin
8/6/19, 4:23 PM ×

Admin maaf mau tanya
Syincron pake aplikasi dapodik offline sudah,,data di dapodik online sudah fix
Tapi di manjemen paud ket.belum mengisi
Mohon solusinua

Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment