Tanya Jawab Seputar NUPTK

Salam semangat buat seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia, pada postingan kali ini admin ingin membagikan informasi mengenai Seputar Tanya Jawab NUPTK.

tanya jawab seputar NUPTK
Tanya Jawab Seputar NUPTK


NUPTK bagi setiap GTK merupakan sebuah identitas diri baik yang betugas di sekolah Swasta maupun Negeri. 

Baiklah dengan tidak memanjangkan kata-kata muqaddimah, langsung saja kita masuk ke topik pembahasan.


Tanya Jawab Seputar NUPTK


1. Apa itu NUPTK?

NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang menjadi identitas bagi pendidik dan tenaga kependidikan baik yang bertugas di sekoalh swasta maupun negeri. 

2. Haruskah NUPTK itu di Urus?
Jawabannya: Iya. Setiap PTK di haruskan untuk mengurus NUPTK untuk dapat mengikuti berbagai program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terutama terkait pemberian tunjangan profesi guru. Oleh karena itu baik guru Honorer maupun PNS harus mengetahui syarat dan bagaimana cara mengajukan NUPTK.

3.  Apa-apa Saja Syarat Pengajuan NUPTK?

Berikut ini syarat-syarat Pengajuan NUPTK:
1. KTP 
2. Ijazah SD, SMP/MTS, SMA/SMK, dan S1/D4
3. SK Penugasan (awal sampai akhir)

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Syarat Pengajuan NUPT, silahkan baca disini. 
Baca: Syarat Pengajuan NUPTK

4. Bagaimana Cara Pengajuan NUPTK?

Untuk melakukan pengajuan NUPTK, guru-guru sekalian terlebih dahulu harus memeriksa status validasi data guru di vervalptk... Maksdunya apabila data guru tersebut pada status validasi sudah "Calon Penerima NUPTK" guru tersebut sudah bisa melakukan pengajuan NUPTK dan sebaliknya apabila data guru di status validasi "NUPTK tidak valid" berarti guru tersebut belum bisa melakukan pengajuan NUPTK. 

Barangkali menjadi pertanyaan buat guru-guru sekalian, Siapa yang akan melakukan upload data untuk pengajuan NUPTK tersebut? 

Jawabanya: Operator Sekolah, karena yang memiliki login untuk akses vervalptk tersebut adalah punya Operator Sekolah. Tapi bisa saja guru yang melakukan pengajuan secara langsung apabila OPS memberikan data login ke vervalptk. 

Untuk bagaimana cara Upload File Pengajuan NUPTK, silahkan disimak pada informasi berikut ini.

Baca : Cara Upload File Pengajuan NUPTK 2018

5. Apakah Semua GTK/PTK Dapat Mengajukan NUPTK?

GTK/PTK yang bisa mengajukan NUPTK yaitu GTK/PTK yang "Status Validasi di vervalptk sudah Calon Penerima NUPTK", apabila status sudah Calon Penerima NUPTK guru sekalian diharapkan untuk melakukan pengajuan NUPTK bagi yang belum memiliki NUPTK, karena bagi yang sudah memiliki NUPTK pada vervalptk status validasi sudah NUPTK Valid. 

6. Apa yang Menyebabkan Dokumen Pengajuan NUPTK belum di Approve Dinas apalagi LPMP ?

Bagi rekan-rekan OPS, setelah melakukan pengajuan NUPTK untuk setiap guru diharapkan untuk selalu memeriksa Status Penerimaan NUPTK, karena kebanyakan dari kita termasuk admin setelah melakukan pengajuan tidak memeriksa Status Penerimaan NUPTK tersebut lagi. Terkadang Data guru yang telah dikirimkan tersebut belum di terima Dinas ataupun LPMP dan kita tidak mengetauhi. 

Pada halaman Status Penerimaan NUPTK kita bisa memeriksa kondisi pengajuan NUPTK guru, apabila masih belum di terima silahkan perbaiki data yang belum lengkap karena akan diberikan informasi mengenai data-data apa saja yang harus dilengkapi lagi. 

Permasalahan yang sering muncul yaitu pada File Surat Keterangan yang dirimkan, saran admin usahakn file SK yang dikirimkan mulai dari SK awal hingga SK akhir. 

Permasalahan selanjutnya,,, karena belum memiliki Ijazah S1/D4... ini harus diperhatikan bahwasanya NUPTK bisa diajukan dengan syarat guru tersebut sudah memiliki ijazah S1/D4.

7. Sudah Memiliki NUPTK namun Status Validasi Masih Calon Penerima NUPTK?

Bagi rekan-rekan OPS ataupun guru barangkali ada menemukan data sudah memiliki NUPTK tapi sayangnya status validasi masih Calon Penerima NUPTK, Jangakan terlalu khawatir guru sekalian, karena berikut ini ada solusinya semoga dapat membantu. 
Baca : Solusi Sudah Memiliki NUPTK namun Status Validasi Masih Calon Penerima NUPTK
8. Apa Fungsi dari Menu Baru Upload Ulang SK pada varvalptk?

Untuk penjabaran mengenai fungsi dari menu baru upload ulang SK, silahkan disimak inforamsi berikut ini. 
Baca : Menu Baru Upload Ulang SK di vervalptk

9. Berapa Lama Waktu Penerbitan NUPTK?
Pertanyaan seperti ini sering admin dapati baik secara langsung maupun di beberapa forum facebook. Siapa sih guru yang tidak mau memiliki NUPTK, pasti semuanya mau... Namun, untuk menjawab berapa lama waktunya, itu tergantung dari orang dinas serta LPMP. 

Terpenting guru serta rekan-rekan operator sekolah harus sering memeriksa Status Penerimaan NUPTK di vervalptk caranya silahkan klik pada menu NUPTK lalu pilih Status Penerima NUPTK. Karena disitulah kita bisa melihat sudah sejauh mana proses pengajuan NUPTK tersebut. 


10. Kenapa NUPTK Saya (Guru) Belum Terbit?
Belum beberapa lama ini, admin mendapatkan pertanyaan dari guru. Pertanyaannya "Kenapa NUPTK Saya belum terbit padahal saya sudah mengajukan setahun yang lalu, sedangkan guru yang baru satu bulan mengajukan langsung terbit NUPTKnya?"

Sebenarnya terbit atau belumnya NUPTK tersebut itu tergantung Dinas serta LPMP karena mereka lah yang akan memprosesnya, jadi sebaiknya guru sekalian langsung berkonsultasi kepada orang Dinas agar informasinya lebih jelas dan akurat. 

Solusi lainnya: Guru sekalian bisa memeriksa kondisi dari pengajuan NUPTK tersebut di vervalptk, barangkali masih ada bagian yang salah atau belum terupload. Jika semuanya sudah dan tinggal menunggu "Penerbitan NUPTK" saja, diharapkan guru sekalian untuk bersabar. 


Demikianlah seputar Tanya Jawab NUPTK yang diajukan oleh guru-guru sekalian di group atau bertanya langsung kepada admin. Semoga bermanfaat dan terimakasih, salam semangat dan semoga bagi guru-guru yang belum terbit NUPTK nya segera diterbitkan. 




Previous
Next Post »

38 komentar

Click here for komentar
Dinti
admin
11/11/18, 7:42 PM ×

Min boleh minta contoh sk dari sekolah yg menyatakan bahwa sk gtt itu dikeluarkan 2tahun sekali ga? Aku kurang itu soalnya... Disekolah ga ada yg tau min... Mohon bantuannya min

Reply
avatar
Dinti
admin
11/11/18, 7:43 PM ×

Sk gty maksudnya min bukan gtt

Reply
avatar
11/12/18, 5:45 PM ×

Silahkan agan check informasi berkut ini Contoh SK Guru Honorer / Guru Tenaga Yayasan:
https://secercahilmu25.blogspot.com/2018/04/contoh-format-sk-pengangkatan-guru.html

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
12/17/18, 8:15 PM ×

Sy mengajukan NUPTK untuk persyaratan PPG bulan 10 kemarin,Jika sudah di verval LPMP, apakah NUPTK pasti keluar?

Reply
avatar
12/19/18, 10:36 AM ×

In sya Allah pasti gan, tinggal nunggu kabar baik nya aja lagi tu..

Reply
avatar
Unknown
admin
1/30/19, 4:19 AM ×

Saya seorang guru honorer 8 tahun beberapa bulan yg lalu beserta rekan-rekan guru yg belum punya kartu nuptk melalui ops kami mendaftar u penerbitan kartu nuptk baru.
Dan baru ini kami mendapatkan hasilnya dari sekian nama yg diajukan hanya nama saya yang terkendala di approve dinas sedangkan beberapa kawan saya sebagian besar sudah sampai pada tahap approve lpmp-bp paud Dikmas bahkan ada yg tinggal tunggu penerbitannya saja.
Nah disini yang saya mau tanyakan apakah bisa kalau saya kembali mengajukan tanpa menunggu kembali kapan lagi ada pengajuan nuptk baru
Kemudian saya mau tanya lagi misalkan sarjananya bukan dari keguruan tapi ada akta mengajar apakah bisa pengajuan nuptk baru.....trims saya ucapkan atas komentar baliknya....

Reply
avatar
1/30/19, 7:59 PM ×

@Unknown - Terimakasih buat pertanyaanya gan... Pengajuan NUPTK masih ditahap approve Dinas apabila terkendala pada tahap ini silahkan segera agan hubungi operator dinas setempat. Tapi, apabila di Status Penerimaan NUPTK sudah diberikan pemberitahuan untuk upload ulang kembali data alias pada tahap approve dinas ada tanda silang, silahkan agan ulang kembali upload data mana yang masih kurang. Dan untuk syarat S1 apakah harus sarjana keguruan, menurut admin bebas gan... yang terpenting minimal kualifikasi akadmeik D-IV atau S-1.

Semoga bermanfat..

Reply
avatar
Unknown
admin
2/13/19, 8:57 PM ×

Kenapa status msih panah di approve dinas dan blm juga centang ?

Reply
avatar
Unknown
admin
2/25/19, 3:59 PM ×

Min, kan salah satu syarat pengajuan nuptk itu scan izah SD sampai ijazah terakhir, jika ijazah asli smp hilang itu bagaimana ya min, ada solusinya? Mohon infonya min

Reply
avatar
Unknown
admin
3/4/19, 6:56 AM ×

Sya masih tanda panah warna hijau di lpmp apakah berarti tinggal nunggu penerbitan....

Reply
avatar
Unknown
admin
3/12/19, 1:13 PM ×

bagaimana cara mutasi ptk yang terdaftar di simpatika ke dapodik?

Reply
avatar
Riani
admin
4/3/19, 5:15 AM × This comment has been removed by the author.
avatar
Unknown
admin
4/12/19, 2:01 PM ×

Min sy mau tnya itu pengajuan NUPTK hrus S1...Yah karena saya sebagai operator dan ptk sya telah berstatus calon penerima NUPTK dan sya blom memliki ijazah S1 sya masih kliah di salah satu universitas pertanyaan saya apakah berkas upload S1 bisa diganti dengan surat keterangan kuliah ?

Reply
avatar
Windi
admin
4/17/19, 5:09 PM ×

Min mau tanya kalo ngajuin nuptk dah 2 thun ngajar tp d sd swasta ngajarnya bhs inggris kira2 itu valid ga nuptknya? Krna klo di sd negeri itu g ada bhs inggris makasi

Reply
avatar
Rista
admin
5/3/19, 10:33 AM ×

Saya mau nanya... Saya punya nuptk dismp swasta... Kemudian saya pindah kekampung disekolah sma negeri. Apakah nuptk saya itu berlaku ditempat yang baru yaitu negeri?
Mohon komentarnya

Reply
avatar
Unknown
admin
5/21/19, 1:47 PM ×

Apakah pengajuan nuptk harus S1 kalau cuma d2 ijzahnya bagaimana ya

Reply
avatar
Unknown
admin
5/27/19, 7:41 AM ×

Mau tanya nih? Usia saya sudah tua,,, 64 tahun/ pengelola Paud,,, belum S1...karena ragu,, apakah bila ingin punya NUPTK harus kuliah dulu ? Mohon penjelasannya...terima kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
6/29/19, 8:42 AM ×

Mau nanya pak/ibu.setelah nuptk dinyatakan valid di verval ptk bagi guru honorer. Apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Bagaimana caranya biar kartu NUPTK kita bisa terbit bpk/ibu. Trimakasih.

Reply
avatar
Paini Ceria
admin
7/19/19, 10:15 PM ×

Assalamu'alaikum. Maaf sy ingin bertanya.semester kmrin sy mengajukan nuptk. Tp blm di aprove oleh lpmp. Llu skg sy buka kembali, trnyata nama sy hilang di calon pengajuan nuptk. Kenapa bisa ya. Mohon penjelasannya..
Terima kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
7/26/19, 3:29 PM ×

maaf min mau tanya, saya mengajukan NUPTK, dan sudah lesesai pada tahap penerbitan NUPTK dan NUPTK saya sudah terbit, tapi kepana di data gtk nama saya statusnya masih proses pengajuan NUPTK padahal NUPTK saya sudah terbit, dan lebih parahnya lagi yang awalnya saya sudah status pengajuan sudah centang semua sekarang malah ganti tand panah hijau dibagian status penerbitn nuptk????

Reply
avatar
Unknown
admin
9/6/19, 11:28 PM ×

Min,,kenapa lpmp blm memproses bahan nuptk padahal dinas sudah mengaprov,sementara teman yg sekalian apload berkas mereka sudah keluar nuptk,

Reply
avatar
9/30/19, 2:01 PM ×

syaloom
mohon bantuan, kira-kira beberapa hari kita bisa cek NUPTK yang telah kita usulkan?

Reply
avatar
Unknown
admin
10/13/19, 5:04 PM ×

Mw nya gk usah pke akun dapodik bikin lama buat lah akun masing guru ..biar lebih gampang n akurat.klw operatorvskolah gk masuk masa iya kita mw nunguu pak kepala dinas gmana tuch yo2...mudahan tahun depan dievaluasii ksian kita pengajar nungu lama

Reply
avatar
Unknown
admin
12/12/19, 7:18 AM ×

Sy mngajukan min.. tp blm diapprove.. pdhl kawan ada yg approve sdh terbit duluan... Berkas yg sy upload jg sm persis, apa jgn2 sudah tetbit tapi status di lpmp blm centang yak sperti ad juga ksus sperti iyi

Reply
avatar
Unknown
admin
2/17/20, 8:16 AM ×

Pengajuan nuptk saya sdh d tahap pernerbitan nutptk dan d sdh d upload sk walikota, pertanyaan saya berapa lama saya menunggu untuk bs dpt nuptk ?

Reply
avatar
2/27/20, 9:02 PM ×

Kalau saya hbs mutasi tp nama di verval ptk blm muncul di lembaga yg baru itu gmn ya min solusinya? Mksh 🙏

Reply
avatar
2/27/20, 9:03 PM ×

Kalau saya hbs mutasi tp nama di verval ptk blm muncul di lembaga yg baru itu gmn ya min solusinya? Mksh 🙏

Reply
avatar
Unknown
admin
3/18/20, 9:10 AM ×

Apakah tenanaga administrasi(TU) sekolah boleh mandapat NUPTK juga.?

Reply
avatar
blade
admin
3/26/20, 9:41 AM ×

Assalamualaikum
Saya mau tanya pak tentang penerbitan NUPTK
Proses sudah centang semua termasuk penerbitan NUPTK sudah centang itu berapa lama pak penyetakkannya
Terimakasih pak mohon infonya

Reply
avatar
4/19/20, 5:14 PM ×

Mau tanya ni min..sya lulusan S1 BIOLOGI. sekarang mengajar di SD apa bisa saya ajukan NUPTK? jika sewaktu waktu sya mengajar di SMP/SMA apa masih terpakai NUPTK saya? Mohon penjelasannya admin...makasih

Reply
avatar
Amalina_2mf
admin
5/23/20, 2:26 PM ×

Untuk urus nuptk egk harus uda ngajar 2 tahun kan? Yg penting uda keluar sebagai calon penerima nuptk

Reply
avatar
Unknown
admin
9/24/20, 2:50 AM ×

Min,su sebelumx maengabdi di Tk.dan sdh memiliki nuptk.alhamdulillah lulus PNS guru PAI SD.apakah NUPTK sy msh bsa terpakai?

Reply
avatar
Unknown
admin
9/24/20, 2:54 AM ×

Min,su sebelumx maengabdi di Tk.dan sdh memiliki nuptk.alhamdulillah lulus PNS guru PAI SD.apakah NUPTK sy msh terpakai?

Reply
avatar
KIFLI
admin
9/24/20, 9:33 PM ×

Saya tamatan D2 perpustakaan sdh mengabdi selama 4 tahun di sekolah apakah saya belum bisa mendapatkan NUPTK

Reply
avatar
Unknown
admin
12/5/20, 10:10 AM ×

saya tadinya di KB sekarang pindah di TK saya dalam proses pengajuan nuptk nupi SK sering ditolak di pengajuan.mohon bantuannya terima kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
1/13/21, 11:26 AM ×

Min... Saya sudah menabdi 5thn,dan sdh memiliki NUPTK. Dulu saya tinggal sumatra utara, skrg saya ini saya tinggal di sumatra selatan. Dan saya sdh Resain dr sekolah yg dlu akhir bln 9/2020, skrg 2021 saya blom ada info lowobgan utk mengajar lg. Apakah NUPTK saya msh berlaku min??
Kira2 brp lama NUPTK tu aktif min???
Mohon petunjuk nya....

Reply
avatar
1/14/21, 11:38 PM ×

Untuk mengecek aktif atau tidaknya NUPKT, Bapak/Ibu sekalian secara langsung bisa cek melalui laman berikut ini : http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status
Silahkan masukkan NUPTK bapak atau ibu pada kolom pencarian, apabila masih aktif akan muncul status aktif dan sebaliknya. Terimakasih.

Reply
avatar
5/11/21, 4:36 AM ×

Min, nuptk saya sudah terbit, tapi di simpkb kok belum muncul ya... Terimakasih

Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment