Cara Mengembalikan Environment Variabel yang Terhapus

Admin pernah mengalami hal seperti ini, pada saat pengaturan path Java, tanpa sengaja pada variable valuenya terhapus. Paniknya minta ampun,,, apalagi waktu itu kami sedang mengambil nilai tentang Pemrograman java....  dan alhamdulillah, teman admin memberikan ide coba searching di internet... dengan tergesa-gesa admin searching... singkat cerita muncul lah tulisan seperti ini  Cara Mengembalikan Environment Variabel yang Terhapus. Dengan perasaan yang sudah kacau-balau karena deadline nya tinggal beberapa jam lagi. Admin mengikuti tutorial tersebut. Alhamdulillah, akhirnya semuanya berhasil kembali. 


Baiklah, langsung saja admin memberikan tutorialnya.


Updated : 02 April 2018

Cara Mengembalikan Environment variabel yang terhapus:

1.Klik start > klik kanan my computer > pilih propertiesAdvanced System Settings > di layar system properties > klik tab advanced dan buka environment variables

Cara Mengembalikan Environment Variabel yang Terhapus

2.Setelah terbuka, kemudian check system variables pat values nya terhapus dan hanya ada path JDK saja, atau bahkan tidak ada pathnya. 

Solusi terbaik untuk melihat path nya masih ada di sistem atau tidak, caranya dengan mengecek di CMD

Setelah CMD terbuka, ketikkan 'set' tanpa tanda petik, kemudian tekan enter


3.Lihat pada bagian path seperti yang telah diblock  diatas,  itulah list value path yang terhapus dilaptop admin. Kemudian silahkan block pada sisi path yang ditampilkan. Lalu copy path dengan menekan tombol ctrl + c untuk mencopy path nya. 


4.Sekarang kembali ke layar environment variables,  buat path baru dengan klik  new pada system variables



5.Akan muncul layar new system variables. Silahkan isi pada variable name dengan 'path' tanpa tanda petik. dan pada variable value silahkan pastekan path yang telah dicopy tadi. Hasilnya akan seperti ini .


Setelah selesai klik ok.


6.Selesai, path akan kembali seperti semula.



 

Silahkan dicoba teman-teman... mudah-mudahan permasalahannya bisa teratasi.


Jika masih belum puas, teman-teman bisa mengunjungi blog klik disini Karena admin jadikan referensi nya dari blog ini kemaren.




Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment