Download JUKNIS DAK NON FISIK BOP PAUD dan PENDIDIKAN KESETARAAN TAHUN ANGGARAN 2020


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Dapodik PAUD. Pada postingan kali ini admin akan membagikan informasi terbaru mengenai Juknis BOP PAUD dan BOP Kesetaraan Tahun 2020. 


Berikut Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor : 34211/A5/HK/2020, Tanggal 6 Maret 2020 tentang Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2020. 

Download JUKNIS DAK NON FISIK BOP PAUD dan PENDIDIKAN KESETARAAN TAHUN ANGGARAN 2020

Berkenaan dengan tetah ditetapkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Kesetaraan Tahun Anggaran 2020, dengan hormat disampaikan Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. 

Untuk menambah pengetahuan kita tentang Apa itu DAK Nonfisik, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Kesetaraan, BOP PAUD, BOP Pendidikan Kesetaraan, RKAS. Berikut ini admin bagikan informasinya bersumberkan dari surat edaran Permendikbud Nomor 13 Tahun 2020. 

Apa yang dimaksud dengan DAK NON FISIK ?
Dana Alokasi Khusus Nonfisik atau yang disingkat dengan DAK Nonfisik adalah dana yang dilokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara kepada daerah dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus nonfisik yang merupakan urusan daerah.
Apa itu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ?
Pendidikan Anak Usia Dini selanjutnya disingkat dengan PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agara anak memmiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 

Apa itu Pendidikan Kesetaraan ? 
Pendidikan Kesetaraan adalah program pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan umum setera SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA yang mencakup program paket A, paket B, dan paket C.

Apa itu BOP PAUD?
Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini yang selanjtunya disingkat BOP PAUD adalah progrm pemerintah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasional pembelajaraan PAUD. 

Apa itu Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan ? 
Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan yang selanjtunya disebut BOP Keseteraan adalah program pemerintah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasional kegiatan pembelajaran program paket A, paket B, dan paket C. 

Apa itu Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Pendidikan (RKAS) ?  

Rencana Anggaran Satuan Pendidikan yang selanjutnya disingkat RKAS adalah rencana biaya dan pendanaan program atau kegiatan untuk 1 (Satu) tahun anggaran baik yang bersifat strategis ataupun rutin yang diterima dan dikelola langsung oleh satuan pendidikan. 

Seperti yang dijelaskan di dalam Pasal 2, bahwasanya Petunjuk Teknis (Juknis) penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD dan BOP Kesetaraan digunakan sebagai pedoman bagi Pemerintah Daerah, Satuan Pendidikan Penyelenggaraan PAUD, atau Satuan Pendidikan Penyelenggaraan Pendidikan Kesteraan dalam penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan DAK Nonfisik BOP PAUD dan BOP Kesetaraan. 

Dengan tujuan pemberian DAK Nonfisik BOP PAUD dan BOP Keseteraan untuk :
  • membantu penyediaan biaya operasional nonpersonalia bagi peserta didik yang diberikan kepada Satuan Pendidikan penyelenggara PAUD atau Pendidikan Kesetaraan ;
  • meringankan beban biaya pendidikan bagi masyarakat dalam mengikuti layanan PAUD atau Pendidikan Kesetaraan yang berkualitas ; dan
  • meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan dan pengembangan PAUD dan Pendidikan Kesetaraan. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai JUKNIS DAK NON FISIK BOP PAUD DAN BOP KESETARAAN TAHUN 2020, silahkan cek file berikut ini :

Download File JUKNIS DAK NON FISIK BOP PAUD DAN BOP KESETARAAN TAHUN 2020, DISINI.


 Sumber : Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Kesetaraan Tahun Anggaran 2020


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
3/9/20, 9:33 PM ×

Terimakasih min informasi nya, sangat bermanfaat 🙏🙏

Congrats bro Muhammad Iqbal Daulay you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment