Persiapan Seleksi PPPK Tahun 2021! Pastikan Data Guru Honorer Sudah Valid di Dapodik dan Dukcapil

Salam semangat buat Bapak/Ibu Guru Honorer di seluruh Indonesia. Mengingat, waktu untuk validasi dan verifikasi data Guru Honorer untuk Persiapan Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tinggal menghitung hari. Oleh karena itu, jangan sia-siakan waktu yang ada ini untuk memastikan seluruh data Guru Honorer di Dapodik dengan data Dukcapil sudah sinkron atau valid. 

Bagi bapak/ibu yang sudah melakukan  "Cek Kesesuaian / Integrasi Data PTK seperti NIK di Dapodik dan Dukcapil" melalui laman VervalPTK, silahkan cek kembali laman vervalptk untuk melihat apakah pengajuan perbaikan data sudah disetujui atau belum. 

Sekedar untuk mengingatkan kepada Bapak/Ibu : Seperti yang telah dijelaskan di dalam Resume Hasil Rapat Koordinasi Formasi Guru PPPK (P3K) Tahun 2021 Region Bali :
Yang harus diperhatikan oleh calon pendaftar adalah Kesesuaian NIK, Tempat/Tanggal Lahir yang tercantum di Dukcapil dengan database di Dapodik ;
NIK yang ada di Dapodik/Info GTK harus benar dan sesuai dengan NIK yang tercantum di Dukcapil. 


Berikut ini admin bagikan informasi dari Hasil Pengajuan Perbaikan Data PTK di Laman VervalPTK :


Beberapa hari yang lalu admin telah melakukan Pengajuan Perbaikan Data Guru/Tendik Honorer a.n Citra M, data PTK tersebut sebelumnya tanda silang pada Valid Dukcapil, dikarenakan nama PTK tersebut menggunakan gelar. Untuk diketahui, data PTK di Dapodik harus sinkron dengan data Dukcapil, artinya nama PTK tersebut tidak boleh menggunakan gelar. 

Pada hari ini, admin kembali mengecek apakah pengajuan data kemarena sudah disetujuai atau belum. Alhamdulillah, data PTK tersebut sudah ceklist hijau, artinya Data PTK sudah sinkron atau valid dengan data Dukcapil.  


Untuk mengecek data PTK sudah disetujui oleh Admin Dinas atau belum, silahkan cek laman VervalPTK. 


- Silahkan akses laman VervalPTK vervalptk.data.kemdikbud.go.id/verval/ ;


- Silahkan login menggunakan akun operator sekolah yang telah di registrasi melalui website sdm data kemdikbud https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ ;

Mengingat, hingga saat ini masih terdapat Operator Sekolah di beberapa satuan pendidikan belum melakukan Registrasi Operator Sekolah/Dapodik, sehingga untuk melakukan pengecekan validasi data PTK tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu, bagi Operator Sekolah yang belum melakukan registrasi, silahkan segera mungkin untuk registrasi operator sekolah melalui website sdm data kemdikbud. 


- Setelah berhasil login, bapak/ibu akan melihat hasil validasi data Dukcapil, dimana terdapat dua indikator yaitu silang dan centang. Apabila data yang sudah diajukan perbaikan sebelumnya bertanda centang, artinya data PTK tersebut sudah sinkron dengan data Dukcapil.  


Hasil Pengajuan Perbaikan Data Guru Honorer di Laman VervalPTK
Gambar. Hasil Pengajuan Perbaikan Data Guru Honorer di Laman VervalPTK


Untuk melihat Status Perbaikan Data, silahkan klik pada menu Status Perbaikan pada tab menu Identitas. 

Cara Cek Status Perbaikan Data Guru Honorer di Laman VervalPTK
Gambar. Cara Cek Status Perbaikan Data Guru Honorer di Laman VervalPTK



- Apabila Data PTK sudah Valid, silahkan lakukan Sinkronisasi Dapodik. Ini jangan sampai lupa dilakukan oleh Operator Dapodik, agar data di Laman PTK sinkron dengan Dapodik dan Dukcapil. 



Demikianlah informasi mengenai Cara Cek Hasil Perbaikan Identitas Guru Honorer di Laman PTK, semoga data guru-guru sudah sinkron dengan data di Dapodik dan Dukcapil, sehingga guru-guru termasuk salah satu dari satu juta guru honorer yang berkesempatan mengikuti Seleksi PPPK (P3K) Guru Honorer Tahun 2021. Salam semangat dan salam satu data. 


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment