Solusi Invalid Data Dapodik "PTK a/n..., Terdeteksi Tugas Tambahan sebagai Kepsek Namun Jenis PTK Bukan Kepala Sekolah" di Dapodik PAUD Online


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Dapodik PAUD. Postingan kali ini admin akan menjawab pertanyaan dari Bunda-bunda kita, adapun pertanyaanya sebagai berikut :
Pertanyaan : "Admin, bagaimana solusi PTK a/n..., Terdeteksi Tugas Tambahan sebagai Kepsek Namun Jenis PTK Bukan Kepala Sekolah" di halaman Validasi Dapodik PAUD Online?, padahal Tugas Tambahan dan Jenis PTK sudah diisi Kepala Sekolah?"

Solusi Invalid Data Dapodik "PTK a/n..., Terdeteksi Tugas Tambahan sebagai Kepsek Namun Jenis PTK Bukan Kepala Sekolah" di Dapodik PAUD Online
Gambar. Invalid Data PTK a/n..., Terdeteksi Tugas Tambahan sebagai Kepsek Namun Jenis PTK Bukan Kepala Sekolah" di Dapodik PAUD Online

Bagi rekan sekalian yang menemukan Invalid Data seperti gambar diatas di halaman Validas Dapodik PAUD Online, jangan panik dan khawatir, karena berikut ini admin bagikan solusinya agar Dapodik PAUD DIKMAS lembaga rekan sekalian berhasil sinkron 100%.  

Sebelum kita masuk ke solusinya, berikut ini admin bagikan informasi Penyebab Invalid Data PTK a/n..., Terdeteksi Tugas Tambahan sebagai Kepsek Namun Jenis PTK Bukan Kepala Sekolah" di Dapodik PAUD Online.

Adapun penyebab Data PTK a/n..., Terdeteksi Tugas Tambahan sebagai Kepsek Namun Jenis PTK Bukan Kepala Sekolah :

-  Terdapat Data Ganda untuk satu PTK, gambarannya seperti gambar dibawah ini. 


 
Gambar. Ada Dua Nama untuk Satu PTK

Oleh karena itu, silahkan rekan cek data PTK yang ada di menu PTK, apakah terdapat data ganda untuk nama kepala sekolah. 

Berikut ini admin bagikan Solusi dari permasalahan diatas :

1. Silahkan akses aplikasi Dapodik PAUD DIKMAS Online, berikut ini link aksesnya :
https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/


2. Silahkan cek data PTK untuk Kepala Sekolah, kasus ini dikarenakan terdapat data ganda untuk satu PTK. Oleh karena itu, silahkan cek data PTK tersebut yang mana bisa digunakan, dan satunya lagi kita keluarkan.


3. Silahkan keluarkan data PTK yang sekiranya tidak digunakan. 
Berikut ini Cara Mengeluarkan PTK dari Dapodik PAUD Online :

- Klik icon Keluarkan pada data PTK. 


Cara Mengeluarkan PTK dari Dapodik PAUD Online
Gambar. Cara Mengeluarkan PTK dari Dapodik PAUD Online
- Masuk di halaman Keluarkan PTK, silahkan diisi data-data berikut :

-- Keluar Karna diisi dengan Alih Fungsi ; dan
-- Tanggal Keluar 

Jika sudah, silahkan klik tombol Simpan. 

 Halaman Keluarkan PTK Dapodik PAUD Online
Gambar. Halaman Keluarkan PTK Dapodik PAUD Online

4. Silahkan cek halaman Validasi, alhasil Invalid Data sudah hilang alhamdulillah. 
Selanjutnya, admin akan memperbaiki Nama Kepala Sekolah, karena untuk Dapodik Lembaga ini nama Kepala Sekolahnya adalah "Jasmaniar", namun di Dapodik tertulis Yulia D.


Untuk mengatasi Nama Kepala Sekolah yang tidak sesuai, berikut ini caranya :

- Silahkan rekan cari nama PTK yang tertulis pada dashboard dapodik saat ini. Pada dapodik lembaga admin nama PTK nya adalh Yulia D, jadi admin akan mencari data nama PTK tersebut di halaman PTK. 

- Selanjutnya, setelah menemukan data PTK tersebut silahkan klik icon keluarkan.  Dan silahkan diisi data Keluarkan PTK seperti cara diatas, isikan Alasan dikeluarkan dan tanggal keluar PTK tersebut.


5. Apabila telah selesai, silahkan akses kembali halaman Dashboard Dapodik. Alhasil nama Kepala Sekolah di halaman Dashboard telah sesuai, dan sudah tidak adalagi data invalid alhamdulillah. 

Selain itu, Tanggal Sinkronisasi Terakhir Dapodik yang semula tahun 2019 sekarang sudah berhasil sinkron. 


Alhamdulillah data Invalid sudah tidak ada, sekarang tinggal data Warning. Untuk data Warning bagi yang ingin memperbaiki dipersilahkan dan bagi yang tidak ingin memperbaiki juga tidak apa-apa.

Gambar. Dapodik PAUD Online Semester Genap 2019/2020 Sudah 100% Sinkron.

Setelah melakukan Pengisian ataupun Update Dapodik PAUD DIKMAS Online, tahapan yang harus rekan lakukan adalah Cek Hasil Sinkronisasi Dapodik PAUD. Berikut ini admin bagikan panduannya. 

Baca Disini :3 Alterntif Cek Hasil Sinkronisasi Dapodik PAUD 
Baca Juga : Cek Hasil Sinkronisasi Dapodik PAUD Melalui Progress Entry Data 
Baca Disini : Kenapa Sinkronisasi Terakhir Dapodik Tidak Sinkron di Dapodik PAUD Online dan Manajemen Dapodik PAUD DIKMAS? 


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment