Solusi Mengatasi Data Peserta Didik Double dengan Sekolah Lain untuk Keperluan Pencairan BOP PAUD


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Dapodik PAUD. Pada postingan kali ini admin akan menjawab pertanyaan dari beberapa rekan kita seputar Data Peserta Didik yang double dengan Lembaga PAUD lain


Barangkali, rekan sekalian pernah mengalami atau sedang mengalami permasalahan seperti diatas.  Data Peserta Didik Double bisa saja disebabkan seperti berikut ini:
Awalnya peserta didik belajar di sekolah A, setelah beberapa bulan peserta didik tersebut pindah sekolah ke sekolah B dan pada saat proses pindah sekolah bisa saja pihak sekolah tidak mengkonfirmasikan hal tersebut kepada Operator Sekolah sehingga data PD belum dikeluarkan dari dapodik sekolah. 

Dari permasalahan diatas, bagaimana solusinya admin karena data peserta didik ini berkaitan dengan pencairan dana BOP PAUD Tahun 2019/2020?

Adapun solusi dari Data Peserta Didik Double dengan Sekolah Lain yaitu silahkan rekan Operator Dapodik PAUD Keluarkan PD tersebut di Aplikasi Dapodik PAUD. 

Berikut ini Panduan Cara Mengatasi Data Peserta Didik Double dengan Sekolah Lain di Aplikasi Dapodik PAUD :


Pengguna Dapodik PAUD Online 

Bagi rekan sekalian yang menggunakan Dapodik PAUD Online dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Silahkan akses aplikasi dapodik paud online, berikut ini link aksesnya :

link akses aplikasi dapodik paud online https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/
 

2. Setelah berhasil login dapodik paud online, silahkan klik pada menu Peserta Didik > peserta didik. 
Masuk di halaman peserta didik, silahkan klik pada nama peserta didik yang akan dikeluarkan dari lembaga rekan, kemudian pada bagian Aksi silahkan klik pada icon keluarkan PD seperti yang dilingkar pada gambar dibawah ini.


cara mengeluarkan peserta didik di aplikasi dapodik paud online



3. Masuk di halaman Peserta Didik, silahkan isikan data-data pada setiap kolom. Selanjutnya, silahkan klik pada tombol Simpan.



4. Peserta didik sukses dikeluarkan, silahkan klik OK.


 5. Untuk membuktikan peserta didik telah berhasil dikeluarkan atau belum, silahkan klik pada menu PD Keluar. 
Masuk di halaman PD Keluar, silahkan cari data peserta didik yang telah dikeluarkan, maka kita akan menemukan data PD telah berhasil dikeluarkan.

cara mengeluarkan peserta didik di dapodik paud online

Itulah cara mengatasi peserta didik yang double dengan lembaga lain di Aplikasi Dapodik PAUD Online. 

Terus, bagaimana dengan kami pengguna Dapodik PAUD Offline admin ?

Bagi rekan sekalian yang menggunakan Dapodik PAUD Offline, silahkan  ikuti langkah-langkah berikut ini :

Pengguna Dapodik PAUD Offline 

1. Masuk di halaman Dapopaud Offline, silahkan klik pada menu Peserta Didik.

Solusi Mengatasi Data Peserta Didik Double dengan Sekolah Lain untuk Keperluan Pencairan BOP PAUD
 

 2. Masuk di halaman Peserta Didik, silahkan klik pada data Peserta Didik yang akan dikeluarkan. Selanjutnya, klik pada tab menu Registrasi
Masuk di halaman Registrasi Peserta Didik seperti gambar dibawah ini, silahkan isikan data pada kolom Di isi saat sudah keluar.

cara mengeluarkan peserta di dapodik paud offline

Berikut ini pengisian data peserta didik di isi saat sudah keluar. Lalu klik Save and Close

cara sukses mengeluarkan peserta di dapodik paud offline



3. Selanjutnya, untuk membuktikan data peserta didik tersebut sudah berhasil dikeluarkan atau belum, silahkan klik pada menu PD Keluar > cari nama Peserta Didik yang barusan kita keluarkan. 
Maka kita akan menemukan data PD tersebut di PD Keluar artinya data PD tersebut telah berhasil dikeluarkan.



 4. Silahkan klik pada menu Dashboar / Beranda Dapodik PAUD untuk melihat Jumlah siswa apakah sudah berkurang atau belum. 

Silahkan cek pada Tabel Jumlah Siswa per Rombel, disini kita melihat data Peserta Didik masih sama dengan data awal. Kenapa ? karena kita belum mengeluarkan data PD tersebut dari Rombel. Jadi, kita harus kelurakan dulu peserta didik tersebut dari rombel. Lain halnya dengan Aplikasi Dapodik PAUD Online setelah berhasil mengeluarkan peserta didik, kita tidak lagi mengeluarkan PD tersebut dari rombel karna otomatis keluar dari rombel.

 5. Silahkan klik pada Menu Rombongan Belajar > Kemudian pilih romble PD tersebut > Masuk di halaman Edit Anggota Rombel, silahkan klik pada nama PD tersebut lalu pilih Keluarkan dari Rombel.

 Selanjutnya, silahkan kembali cek Tabel Jumlah Siswa per Rombel. Sekarang data sudah berkurang alias PD tersebut telah berhasil dikeluarkan. 


6. Setelah semua tahapan dilakukan, ada satu tahapan lagi yang tidak boleh dilupakan agar data lembaga kita sinkron 100% yaitu Melakukan Verifikasi dan Validasi




Itulah Solusi Mengatasi Data PD Double dengan lembaga lain melalui dapodik paud offline


Barangkali, menjadi pertanyaan juga bagi rekan sekalian bagaimana dengan kami pengguna dapodik paud offline apakah bisa mengeluarkan peserta didik secara online ?

Jawabannya BISA. Bagi rekan pengguna dapodik paud offline juga bisa mengeluarkan peserta didik melalui dapodik paud online. Namun, caranya sedikit ribet...hm, tapi gak ribet-ribet amat he..he... Maksud ribet disini rekan harus merubah metode sinkronisasi nya terlebih dahulu ke Dapodik PAUD Online, setelah itu masuk ke dapodik paud online kemudian keluarkan peserta didik. Setelah berhasil keluarkan peserta didik, bagi pengguna dapodik paud offline, kembali akses manajemen dapodik paud untuk kembali merubah metode sinkronisasi ke metode offline/sync online untuk melakukan sinkronisasi data antara dapodik paud online dengan offline.  Masuk di dapodik paud offline admin telah mencoba untuk langsung Verifikasi dan Validasi, alhasil data PD tersebut tidak secara langsung sinkron di dapodik paud offline, ya mau gak mau kita harus keluarkan lagi PD tersebut di Dapodik PAUD Offline, kemudian keluarkan dari rombel baru Verifikasi dan Validasi.... Dan, barulah data PD tersebut benar-benar sinkron dengan Dapodik Online. Ya, kita jadinya kerja dua kali. 

Saran admin bagi pengguna dapodik paud onlin gunakan saja dapodik online, dan pengguna dapodik offline gunakan saja dapodik offline, agar lebih cepat selesai dan sinkron datanya. 


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga pada saat pencairan BOP PAUD tidak ada permasalahan, semoga semuany lancara. Salam semangat dan salam satu data.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment