Cara Menambahkan Peserta Didik Baru di Dapodik PAUD Online Semester Genap 2018/2019


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan-rekan Operator Sekolah, pada postingan kali ini admin akan menjawab pertanyaan dari rekan Operator Sekolah mengenai Dapodik PAUD. Adapun pertanyaanya seperti berikut ini:
"Bagaimana cara menambahkan peserta didik baru di dapodik paud online?"
Untuk versi tutorial videonya dapat di cek berikut ini: 

Cara Menambahkan Peserta Didik Baru di Dapodik PAUD Online Semester Genap 2018/2019


Tapi harus diingat kita baru bisa melakukan input serta update PTK dan Peserta didik di Dapodik PAUD Online, apabila kita sudah merubah metode sinkronisasi ke Metode Online. 
Berikut ini caranya:
Untuk versi videonya rekan sekalian juga bisa check berikut ini.  
Baca Juga : Tutorial cara merubah metode sinkronisasi dapodik paud semester genap 2018/2019

Sekarang kita masuk ke topik pembahasan yaitu:

Cara Menambahkan Peserta Didik Baru di Dapodik PAUD Online Semester Genap 2018/2019: 

1. Silahkan akses link Dapodik PAUD Online berikut ini:

link untuk akses dapodik paud online https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/


  2. Setelah berhasil login, maka akan masuk ke halaman utama dapodik paud online. 


 3. Silahkan klik pada menu Peserta Didik > Peserta didik

 Masuk di halaman peserta didik, silahkan klik pada tombol Peserta Didik Baru bertujuan untuk menambahkan peserta didik baru. 


 4. Masuk dihalaman tambah peserta didik, silahkan isi data-data peserta didik baru tersebut. 
Adapun Tulisan disamping kolom yang berwarna merah itu tandanya kita Wajib mengisi data peserta didik tersebut, kalau tidak pada saat penyimpanan akan terjadii error. Adapun data-data yang wajib diisi adalah:
- Nama peserta didik;
- Jenis kelamin;
- Tempat lahir;
- Tanggal lahir;
- Agama;
- Kewarganegaraan;
- Alamat;
- Desa/Kelurahan;
- Wilayah;
- Alat transportasi;
- Penerima KPS;
- Layak PIP;
- Penerima KIP;
- Nama Ayah;
- Nama Ibu kandung.

Selain data-data tersebut diatas, ada juga yang tidak ditandai dengan tulisan berwarna bintang ataupun bintang data tersebut wajib juga diisi. Data tersebut adalah:
- NIK peserta didik, NIK Orang tua;
- Kode Pos.


Setelah semua data diisi, silahkan klik pada tombol Simpan. 
 
5. Berikut ini adalah tampilan data peserta didik yang telah berhasil disimpan, langkah selanjutnya kita akan melakukan Registrasi. 
- Silahkan klik pada tombol Registrasi


 - Masuk di halaman registrasi peserta didik, lalu klik pada tombol Ubah data registrasi.


 - Silahkan edit registrasi peserta didik baru tersebut. Caranya seperti gambar dibawah ini. 
Silahkan pilih Jenis pendaftarannya serta tanggal masuk sekolah wajib diisi.


- Lalu klik Simpan, muncul halaman seperti dibawah ini silahkan klik OK.


- Selanjutnya, melakukan pengisian data di Data Periodik.
Klik pada tombol Ubah data periodik.


- Masuk di halaman edit data periodik peserta didik, silahkan isikan semua data yang tersedia. Lalu klik simpan.


6. Setelah melakukan pengisian data dibagian menu Peserta Didik, selanjutnya kita akan memasukkan Peserta didik baru ke dalam Rombel. 
Klik pada menu Rombongan belajar.


Silahkan klik pada rombel yang akan dimasukkan peserta didik ke dalam rombel tersebut, selanjutnya pada halaman Anggot Rombel silahkan klik pada tombol Tambah Anggota


Masuk dihalaman Tambah anggota rombel, silahkan isikan Jenis Pendaftaran serta klik pada nama peserta didik tersebut. Lalu klik Simpan. 


Data peserta didik tersebut sudah berhasil masuk ke dalam rombel seperti gambar dibawah ini.


7. Selanjutnya, silahkan klik pada menu Dashboard untuk melihat apakah data peserta didik tersebut sudah berhasil sinkron atau belum, alhasil data PD yang awalnya 15 ditambah 1 peserta didik baru tadi sekarang sudah sinkron menjadi 16. 
 




Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat salam semangat dan salam satu data. 


 
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
2/9/19, 2:44 PM ×

admin, saya coba tambahkan peserta didik PKBM di dapodikmas online tapi kenapa tidak bisa tersimpan ya?? saya sudah isi semua yang wajib (ada tanda * warna merah). tolong bantuannya..

Reply
avatar
2/10/19, 11:49 AM ×

@FormatAdministrasiDesa - Saran admin, silahkan isikan semua data gak hanya yang berwarna merah gan... contohnya: Kode POS, e-mail dan lain sebagainya juga harus diisi.

Reply
avatar
Nurdin155
admin
7/24/19, 9:11 AM ×

Admin saya mau tanya jika peserta didik dari sekolah lain/menginduk bagai mana cara infut datanya?...
Apakah ikut rombongan belajar kita atau di masukan rombel baru lagi?....
Trimakasih

Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment