Apakah Anda Termasuk Guru Kreatif?


Salam semangat buat Guru-guru Kreatif Inovatif Inspiratif, postingan kali ini admin akan berbagi informasi seputar 10 Ciri-ciri Guru Kreatif.

10 ciri-ciri guru kreatif
Sumber Gambar : motivatorkreatif

Sebelum kita masuk ke pembahasan Guru Kreatif, alangkah baiknya kita mengetahui Apa itu Kreatif?

Kreatif adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang (atau kelompok orang)yang memungkinkan mereka menemukan pendekatan-pendekatan atau terobosan baru dalam menghadapi situasi atau masalah tertentu yang biasanya tercermin dalam pemecaan masalah dengan cara yang baru atau unik yang berbeda dan lebih baik dari sebelumny (Agus S. Madjadikara, 2005).

Selanjutnya, Apa itu Guru Kreatif? 

Berdasarkan penjeasan arti kata kreatif, dapat disimpulkan Guru Kreatif adalah guru yang mampu menciptakan suatu trobosan baru unik dan beda demi kemajuan peserta didik. 

Haruskah di sekolah memiliki Guru Kreatif? 

Jawabannya, Guru kreatif sangat diperluka untuk mengantarkan peserta didik menjadi pribadi yang lebih baik, seperti yang kita lihat sekarang banyak peserta didik yang jenuh dengan cara mengajar guru yang masih menggunakan cara konvensional, karena sebenarnya peserta diik membutuhkan seorang guru yang lebih kreatif dan energik sehingga mampu memberikan suasana kelas yang lebih menyenangkan. 

Tapi kenyataanya, masih terdapat guru-guru yang belum mampu menggunakan peralatan teknologi dengan baik di zaman perkembangan teknologi ini, seperi : penggunakaan komputer, laptop, maupun penggunaan Internet. Bahkan masih terdapat guru yag belum bisa mengirimkan data baik melalui e-mail maupun media sosial lainnya. Hal seperti ini tentu tidak bisa kita biarkan begitu saja, karena peserta didik untuk saat ini sudah lebih pandai menggunakan teknologi, bahkan sudah ada yang membuat sebuah penemuan yang sangat menakjubkan dan ini tentu saja tidak terlepas dari dukungan Guru Kreatif. 

Peserta didik saja sudah bisa seperti itu, bagaimana dengan guru... apakah hanya berdiam saja dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini?

Terlepas dari itu, masih banyak hal yang menjadi alasan kena Guru harus kreatif. Harus guru ketahui bahwa Guru Kreatif akan lebih mampu membawa peserta didik lebih cepat berkembang dibandingkan dengan guru yang tidak kreatif. 

Untuk mengetahui, apakah guru-guru sekalian sudah termasuk Guru Kreatif atau belum? Silahkan simak informasi berikut ini, yang telah admin kumpulkan dari berbagai artikel yang membahas guru kreatif. 

Dari berbagai artikel tersebut, admin menyimpulkan Beberap Ciri-ciri Guru yang tergolong Guru Kreatif. 

Berikut ini 10 Ciri-ciri Anda adalah Guru Kreatif:

  1. Bisa menciptakan ide baru. Kreatif selalu diidentik dengan sebuah penemuan baru (inovatif), jadi guru kreatif adalah guru yang bisa menemukan sebuah ide baru yang bermanfaat buat peserta didik. Ide baru bisa muncul dengan sendirinya ataupun melalui perencanaan. Namun guru perlu ketahui untuk menciptakan ide baru, para guru harus lebih banyak belajar. 
  2. Kehadirannya dirindukan anak-anak. Kondisi seperti ini apabila guru sudah menemukannya tentu menjadi semangat baru lagi bagi guru. 
  3. Perhatian dan Bersahabat dengan anak-anak (Fleksibel). Guru kreatif mampu memiliki kemampuan memahami para peserta didik dengan lebih baik, memahami karakter peserta didik, memahami gaya belajar dan pastinya memahami apa yang diingikan peserta didik. Paling penting guru tersebut tetap tegas dalam mengambil keputusan untuk menjalakannya. 
  4. Asyik dan pastinya tidak suka marah-marah.  Guru seperti ini sangat dicintai oleh peserta didik. 
  5. Cekatan. Guru kreatif bekerja dengan cekatan agar dapat menangani berbagai masalah dengan cepat dan baik. Guru tersebut tidak suka menunda-nunda pekerjaan. Setiap permasalahan yang dihadapi akan diselesaikan dengan baik. Guru cekatan biasanya ringan tangan, ia akan senantiasa membantu orang lain. 
  6. Suka melakukan ekseperiman (uji coba). Guru kreatif pasti akan melakuka uji coba. Baik itu uji coba metode pembelajaran, atau pun uji coba yang lainnya. Bertujuan untuk meningkatkan kemampuannya menjadi seorang guru yang sangat dicintai oleh peserta didik. 
  7. Nama guru tersebut menjadi cerita paling mengasyikkan peserta didik. Hal ini tentu menjadi yang paling menyenangkan hati seorang guru. 
  8. Tidak Gaptek (Gagap Teknologi) dan mau belajar. Guru kreatif adalh guru yang peka terhadap perkembangan zaman, maka guru tersebut tidak boleh berhenti untuk belajar dan mengembangkan kemampuan peserta didik. 
  9. Mau mencoba sesuatu hal yang baru dan tidak pernah gengsi. Guru kreatif harus selalu mencoba berbagai cara agar peserta didik mudah memahami materi pembelajaran dan senang terhadap ilmu yang guru telah ajarkan. 
  10. Tidak berorientasi pada uang semata. Uang bukanlah tujuan utama guru, justru guru akan selalu berterimakasih dengan banyaknya ilmu yang telah diberikan ke peserta didik dan mendapatkan pengalaman. 
 Sumber : Kumpulan berbagai Artikel dari motivator kreatif dan kompasiana.

Demikianlah rangkuman Ciri-ciri Guru Kreatif, semoga guru-guru sekalian sudah termasuk Guru Kreatif dan paling penting dicintai oleh Peserta Didik sehingga ilmu yang telah diberikan mudah dipahami dan diterapkan peserta didik.  Salam semangat dan salam satu data.
 

 
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment