Bagi rekan-rekan yang baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi maupun di tingkat Sekolah Menengah Ata (SMA), pasti ingin melamar kerja di suatu instansi ataupun perusahaan. Oleh karena itu, untuk melamar kerja kita harus menyediakan/membuat surat lamaran kerja. Surat Lamaran Kerja yang harus dibuat harus memiliki hal-hal sebagai berikut, kenapa? karena ini bisa menjadi strong point untuk diterima atau tidaknya rekan-rekan di suatu instansi ataupun perusahaan. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan.
Tips-tips Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja
Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam mebuat surat lamaran kerja berdasarkan pengalaman admin.
1.Segi Bahasa : Gunakan bahasa yang baik, sopan dan benar
2.Segi Penulisan: Format penulisan harus tersusun rapi
3.Lengkapi data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan atau instansi tempat anda melamar kerja dan lampiran surat pendukung lainnya seperti sertifikat kursus, sertifikat prestasi, sertifikat pengalaman kerja dan lain sebagainya yang sekiranya harus dilampirkan.
Berikut ini adalah contoh format surat lamaran kerja dari beberapa lembaga maupun instansi.
1.Contoh Surat Lamaran Kerja di Lembaga Kursus
Airtiris,
November 2017
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth :
Bapak/Ibu PIMPINAN LKP AL-HIKMAH
Jl. Tg. Berulak – Airtiris
Bapak/Ibu PIMPINAN LKP AL-HIKMAH
Jl. Tg. Berulak – Airtiris
Dengan hormat,
Saya dengan keterangan sebagai berikut :
Saya dengan keterangan sebagai berikut :
Nama :
Tempat, Tanggal lahir :
Jenis Kelamin :
Umur :
Pendidikan Terakhir :
Alamat :
Telepon :
Bermaksud untuk
mengajukan lamaran pekerjaan di LKP Al- Hikmah yang Bapak / Ibu pimpin sebagai instruktur/pendidik.
Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :
- Fhotocopy Ijazah/ Transkrip
Nilai
- Fhotocopy KTP
- Pas Fhoto 3x4= 2 lembar
Demikian surat permohonan
kerja ini saya buat berdasarkan kondisi saat ini. Besar harapan saya untuk
dapat di terima di LKP Al- Hikmah Bapak/Ibu.
Atas Perhatiannya,
saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
................
2.Contoh Surat Lamaran Kerja di Instansi Pemerintah/perusahaan
Airtiris, 29-12-2017
Hal : Lamaran Pekerjaan
(disini bisa tampilkan fhoto anda)
Kepada, Yth,
Kepala Dinas
Kominfo Kota Pekanbaru
Jalan Pepaya No. 75 Pekanbaru
Dengan hormat,
Berdasarkan
informasi Open Rekrutmen Tenaga Ahli IT Dinas Komunikasi, Informatika,
Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru. Sehubungan dengan hal tersebut
perkenankan saya mengajukan diri melamar kerja sebagai Tenaga Operator Command Center.
Berikut ini data singkat saya.
Nama Lengkap :
Alamat :
Tempat /Tgl Lahir :
Pendidikan :
Status :
e-mail :
No. HP :
Sesuai dengan persyaratan umum telah terpenuhi. Selain itu, saya
telah terbiasa bekerja dengan menggunakan computer. Terutama mengoperasikan
Microsoft Office seperti, MS Word, Excel, Power Point, juga internet. Selain
itu mengembangkan aplikasi berbasis web dan android.
Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun
dalam tim dengan baik. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan Persyaratan Khusus Tenaga Operator Command
Center :
1. Ijazah / Surat Keterangan Lulus
2. Curriculum Vitae
3. KTP
4. Pas fhoto terbaru
5. Sertifikat-sertifikat
2. Curriculum Vitae
3. KTP
4. Pas fhoto terbaru
5. Sertifikat-sertifikat
Saya berharap Bapak/Ibu
bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya
dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan
terima kasih banyak atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat Saya,
................
Secara umum format surat lamaran kerja untuk di setiap instansi ataupun perusahaan sama, yang terpenting kita harus memerhatikan seperti tips-tips yang telah admin jelaskan diatas.
Demikianlah informasi mengenai contoh surat lamaran kerja, semoga bermanfaat dan terimakasih...