Cara Convert File dan Memperkecil Ukuran File Menggunakan ILovePdf


Salam semangat buat Guru-guru serta rekan OPS sekalian, pada postingan kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai Cara Convert File Word, JPG/JPEG to PDF atau sebaliknya. Karena di beberapa forum Operator Dapodik serta Komunitas PAUD banyak rekan-rekan Guru ataupun OPS yang menanyakan bagaimana cara convert dan memperkecil ukuran file untuk keperluan seperti Mengajukan NUPTK, kemudian upload file di SISPENA PAUD dan sebagainya.


convert file menggunakan ilovepdf




Oleh karena itu, pada kali ini admin ingin membantu rekan-rekan sekalian agar bisa me-convert atau merubah format file dan memperkecil ukuran file. 

Dari sekian banyak software yang menyediakan fasilitas untuk melakukan konversi (convert) file baik dari pdf to JPEG, JPEG to pdf, Word to pdf, pdf to word dan sejenisnya, software ILovepdf adalah software yang sering bahkan selalu admin gunakan untuk melakukan konversi file karena disini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan cara kerjanya pun sangat mudah, cepat dan efisien. 
Selain itu, software ini juga bisa kita gunakan untuk memperkecil ukuran file. Bagi rekan-rekan yang sedang mencari Software untuk memperkecil ukuran file ini sangat di rekomendasikan. 


Bagaimana cara kerjanya Admin???

Baiklah langsung saja admin menjelaskan bagaimana cara menggunakan sofware tersebut.

Cara Convert File

Pada kali ini admin mencoba mengkonversi kan file dalam format JPG to format PDF, untuk konversi ke format yang lain caranya juga sama. Berikut ini adalah langkah kerjanya:

1.Tuliskan atau klik saja link berikut ini:
https://www.ilovepdf.com Kemudian akan masuk ke halaman utama ILovePDF seperti gambar dibawah ini. 



2.Pilih Menu "Convert PDF" > Terdapat beberapa pilihan untuk melakukan konversi file > karena admin ingin mengkonversikan file JPG to PDF jadi admin memilih "JPG to PDF" > klik pada JPG to PDF. 

Selanjutnya akan masuk ke halaman JPG to PDF > Klik Select JPG images





3.Ketika kita klik Select JPG Images, maka akan diarahkan kehalaman seperti gambar berikut ini untuk menyeleksi file mana yang akan di convert, kemudian klik "Open".


4.Maka akan masuk ke halaman seperti dibawah ini > lalu klik Convert to PDF



5.Tunggu beberapa menit tergantung kecepatan jaringan kita, lalu hasilnya seperti gambar dibawah ini, disini kita sudah bisa melihat file yang awalnya dalam bentuk image sekarang menjadi PDF.  



Setelah kita membahas bagaimana cara Convert File menggunakan Software ILove PDF. 

Selanjutnya, kita akan membahas...



Cara Memperkecil Ukuran File Menggunakan Software ILOVE PDF


Untuk cara akses file PDF sama seperti penjelasan diatas. 

- Silahkan klik pada Compress PDF
cara memperkecil ukuran file menggunakan ILOVEPDF

- Selanjutnya, Klik pada Select PDF Files, setelah file di seleksi lalu klik Open.


- Kemudian file yang telah di pilih akan muncul di halaman ILOVE PDF untuk selanjutnya klik Compress PDF.


-Apabila proses download belum ada, silahkan klik pada tombol Download Compress PDF.


-  Selanjutnya, proses download file telah berhasil dan silahkan lihat perbandingan ukuran file sebelum di compress dengan sesudah seperti dibawah ini.

Perbandingan ukuran file setelah di compress dengan sebelum di compress


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat kita semuanya salam semangat dan salam satu data. So, jangan lupa untuk mencoba caranya. 





Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment