Solusi Memperbaiki Data Peserta Didik Residu Melalui Vervalpd

Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD, dan rekan-rekan Operator Dapodik PAUD-DIKMAS dan DIKDASMEN.  Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang Bagaimana Cara Cek Data Peserta Didik Ganda atau Residu di Vervalpd?, dan di postingan kali ini admin akan melanjutkan pembahasan seputar Data Peserta Didik Residu di Vervalpd yaitu "Solusi Memperbaiki Data Peserta Didik Residu Melalui Vervalpd".

Bagi rekan sekalian yang belum melakukan pengecekan data peserta didik di vervalpd, admin sarankan untuk segera mengecek dan apabila terdapat data-data residu secepatnya diperbaiki. Karena, khusus jenjang pendidikan PAUD-DIKMAS proses batas penarikan data Dapodik Semester Ganjil 2020/2021 untuk BOP Tahap II tinggal menghitung hari, agar pada saat proses dan penyaluran dana BOP di satuan pendidikan rekan sekalian tidak mengalami permasalahan seperti, terdapat data peserta didik ganda dan lain sebagainya, segera cek dan perbaiki apabaila ada data peserta didik residu. 

Berikut ini beberapa permasalahan data residu yang ditemukan :

Untuk melihat permasalahan-permasalahan data peserta didik residu, silahkan cek pada menu Residu di vervalpd. 

1) NISN Peserta Didik Ganda 

NISN Peserta Didik Ganda disebabkan, karena data peserta didik tersebut terdapat di beberapa satuan pendidikan. Solusi agar data peserta didik tidak ganda lagi, silahkan data peserta didik tersebut dikeluarkan dari salah satu sekolah. 

Gambar. NISN Peserta Didik Ganda

2) NISN Peserta Didik Kosong

NISN Peserta Didik Kosong disebabkan, karena Tanggal Lahir peserta didik tersebut tidak sesuai dengan usia peserta didik untuk jenjang pendidikan PAUD. Muncul permasalahan seperti ini, dikarenakan kesalahan pada saat pengetikan Tanggal Lahir peserta didik. Solusinya, silahkan perbaiki tanggal lahir peserta didik.

beberapa permasalahan data residu yang ditemukan
Gambar. NISN Peserta Didik Kosong

3. NIK Peserta Didik Kosong

NIK Peserta Didik Kosong dikarenakan, data NIK peserta didik tersebut dalam proses Validasi NIK Dukcapil. Apabila menemukan permasalahan seperti ini tidak perlu dikhawatirkan, karena ini dalam proses validasi data. 

Gambar. NIK Peserta Didik Kosong


Untuk mengatasi beberapa permasalahan data residu yang muncul, berikut ini admin bagikan solusinya :

Solusi Memperbaiki Data NISN Peserta Didik Ganda

Untuk memperbaiki data NISN Peserta Didik Ganda, silahkan akses aplikasi Dapodik dan keluarkan data peserta didik tersebut dari salah satu dapodik satuan pendidikan, caranya :

Silahkan klik pada menu Peserta Didik > Klik data Peserta Didik tersebut > pilih tombol Menu Registrasi.

Solusi Memperbaiki Data NISN Peserta Didik Ganda
Gambar. Solusi Memperbaiki Data NISN Peserta Didik Ganda

Masuk di halaman Registrasi Peserta Didik, silahkan diisi pada Diisi saat sudah keluar, silahkan isikan alasannya dengan Data PD Double. Jika sudah, klik tombol simpan dan tutup.

Cara Mengeluarkan Peserta Didik Ganda di Dapodik
Gambar. Cara Mengeluarkan Peserta Didik Ganda di Dapodik

Setelah data peserta didik berhasil dikeluarkan, silahkan sinkron ulang aplikasi dapodik. Maka data peserta didik tersebut di halaman Residu sudah tidak ada lagi dan proses memperbaiki data NISN Peserta Didik Ganda sudah berhasil. 

Solusi Memperbaiki Data NISN Peserta Didik Kosong

 

Barangkali, rekan sekalian menemukan di dapodik terdapat data peserta didik yang tidak memiliki NISN. Hal ini dikarenakan, pada saat penginputan Tanggal Lahir peserta didik tidak sesuai dengan persyaratan usia peserta didik jenjang PAUD. Oleh karena itu, silahkan perbaiki tanggal lahir peserta didik tersebut. 

Untuk memperbaiki tanggal lahir peserta didik tidak bisa dilakukan melalui aplikasi dapodik, melainkan secara langsung di Vervalpd. Berikut ini admin bagikan panduan Memperbaiki tanggal lahir peserta didik di vervalpd :

Silahkan akses halaman vervalpd > masuk di halaman beranda vervlpd silahkan klik pada Edit  identitas >  silahkan pilih data siswa tersebut > masuk di halaman formulir perubahan, silahkan rubah tanggal lahir peserta didik pada kolom Baru > klik pada tombol Validasi Data > selanjutnya, di haruskan untuk mengupload file Akte Kelahiran/KK dalam format jpg/JPEG/PNG dengan ukuran file kurang dari 1Mb> jika sudah silahkan klik tombol simpan > maka akan muncul halaman pengajuan berhasil, silahkan menunggu persetujuan dari dinas > setelah di setujui admin dinas, maka NISN Peserta Dididik akan muncul secara otomatis.


Baca Disini : Cara Cek Data Peserta Didik Ganda Melalui Vervalpd


Demikianlah informasi mengenai cara memperbaiki data peserta didik residu di vervalpd, semoga informasi diatas bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment