Cara Cek Data Peserta Didik Ganda Melalui Verval PD

Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Dapodik PAUD-DIKMAS dan DIKDASMEN.  Pada postingan kali ini, admin akan berbagi informasi mengenai Bagaimana Cara Cek Data Peserta Didik Ganda atau Double di Dapodik?. Barangkali, bagi rekan operator yang sudah mengetahui informasi ini bukanlah hal baru lagi, namun bagi rekan sekalian yang baru di tugaskan sebagai Operator Dapodik/Sekolah tentunya informasi ini sangat penting dan harus dilakukan pengecekan dan di proses langsung melalui VervalPD. 

Bagi rekan sekalian yang sudah mengakses halaman Vervalpd akan menemukan pemberitahuan pada halaman Beranda Vervalpd seperti berikut ini :

Pada kolom Residu Perseta Didik terdapat data residu, apabila menemukan pemberitahuan seperti ini di halaman Vervalpd silahkan cek langsung data di halaman menu Residu.

Cara Cek Data Peserta Didik Ganda Melalui Verval PD
Gambar. Halaman Beranda Vervalpd

 
Ada beberapa hal yang menyebabkan data Peserta Didik masuk di halaman Data Residu :

  1. NISN Ganda : Data Peserta Didik terdapat di beberapa sekolah. Oleh karena itu, untuk menjaga ke validan data, silahkan di proses secepat mungkin melalui Aplikasi Dapodik ;
  2. NISN Kosong : Ini dikarenakan, data Peserta Didik dalam proses validasi ;
  3. NIK Kosong : ini disebabkan NIK atau Nomor Kartu Keluarga Peserta Didik Kosong.

Sesuai dengan judul postingan kali ini admin akan menjelaskan Bagaimana Cara Cek Data Peserta Didik Ganda Melalui Vervalpd :

1. Untuk berhasil login di halaman Vervalpd, pastikan rekan Operator Sekolah/Dapodik sudah melakukan Registrasi Operator Sekolah melalui website sdm data kemdikbud dan akun sudah teraktivasi ;

2. Silahkan akses halaman vervalpd, berikut ini link aksesnya :

https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/

link akses vervalpd
Gambar. Cara Akses Vervalpd


 

3. Silahkan login vervalpd menggunakan akun Operator Sekolah yang sudah di daftarkan di website sdm data kemdikbud.

cara login vervalpd
Gambar. Halaman Login Vervalpd

 

4. Berhasil login vervalpd, masuk di halaman Beranda atau Dashboard vervalpd. Di halaman ini kita bisa melihat apakah ada data PD Residu. Apabila ditemukan data residu peserta didik seperti gambar dibawah ini, silahkan cek dan perbaiki data PD residu.

cara cek data peserta didik residu
Gambar. Halaman Cek Data Residu Peserta Didik

5. Untuk cek data peserta didik Residu ataupun ganda, silahkan klik pada menu Residu. 

Masuk di halaman Residu, maka akan tampil data-data peserta didik yang residu. Untuk cek residu data Peserta Didik apakah karena data ganda, NISN Kosong atau karena NIK Kosong, silahkan klik pad icon orang disamping kolom NISN seperti yang dilingkar pada gambar dibawah ini. 

Di halaman ini kita akan menemukan data yang disilang, silahkan rekan arahkan kursor pada data yang disilang.

Gambar. Daftar Data Peserta Didik Residu

 6. Selanjutnya, masuk di halaman Profil pesrta didik. Silahkan klik pata menu Quality Control

 Di halaman ini kita bisa melihat penyebab data peserta didik tersebut masuk di Residu. Pada gambar dibawah ini, data PD masuk Residu dikarenakan Keaktifan NISN Ganda, maksudnya data PD tersebut berada di beberapa satuan pendidikan. Solusinya, silahkan hapus data PD tersebut di salah satu satuan pendidikan untuk menghindari data residu atau invalid nantinya.

cara cek data residu peserta didik di vervalpd
Gambar. Halaman Cek Data Peserta Didik Ganda atau Residu

Penting! Apabila terdapat data Peserta Didik Residu, silahkan segera perbaiki data PD tersebut untuk kevalidan data Peserta Didik.


Baca Disini : Solusi Memperbaiki Data Peserta Didik Residu di Vervalpd

 

Demikianlah informasi mengenai cara cek data ganda peserta didik melalui vervalpd atau cara cek data residu di vervalpd. Semoga informasi diatas bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment