Cara Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline versi 3.5.4 pada Dapodik PAUD Offline v.3.5.0


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan-rekan Operator Dapodik PAUD. Beberapa hari yang lalu, Aplikasi Dapodik PAUD Offline versi terbaru semester genap 2019/2020 sudah rilis, bagi rekan-rekan pengguna dapodik paud offline sudah bisa melakukan installasi dapodik paud offline versi terbaru yaitu dapodik paud offline v.3.5.4 di PC masing-masing. 


Untuk melakukan Installasi atau Menjalankan Dapodik PAUD Offline v.3.5.4, kita harus memperhatikan hal sebagi berikut :
Untuk menjalankan Dapodik PAUD Offline v.3.5.4, maka harus telah menginstall aplikasi Dapodik PAUD Offline v.3.5.0 (versi semester ganjil 2019/2020). Selanjutnya, melakukan patch dengan menjalankan patch Dapodik PAUD Offline versi 3.5.4.
cara  Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline v.3.5.4 Semester Genap 2019/2020
Gambar. Berhasil Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline v.3.5.4 Semester Genap 2019/2020


Barangkali, menjadi pertanyaan bagi rekan sekalian Apa itu Patch Dapodik PAUD Offline? 
Patch merupakan bagian dari kode perangkat lunak (software) yang dapat diterapkan setelah Program atau Aplikasi Induk di instal, guna memperbaiki bug atau masalah dari aplikasi tersebut. Selain itu, patch berfungsi untuk memperbaharui versi program saat diinstal. Jadi, dapat disimpulkan Patch Dapodik PAUD Offline adalah program lunak tambahan yang digunakan untuk memperbaharui versi dari dapodik paud offline semester ganjil (update versi terbaru). 

 Setelah kita mengetahui maksud dari "melakukan patch dengan menjalankan patch Dapodik PAUD Offline v.3.5.4", langkah selanjutnya sebagai berikut :


1. Pastikan terlebih dahulu di PC rekan sudah terinstall Aplikasi Dapodik PAUD Offline v.3.5.0 (versi semester ganjil 2019/2020). 
Bagi rekan-rekan di semester ganjil menggunakan versi Online, di semester genap 2019/2020 ingin menggunakan versi offline, terlebih dahulu silahkan download dapodik paud offline v.3.5.0 dan installasi dapodik tersebut pada PC rekan. 
Setelah berhasil di download, tahapan selanjutnya adalah Install Aplikasi Dapodik PAUD Offline v.3.5.0.  

Setelah berhasil di install, silahkan lakukan Registrasi Dapodik PAUD Offline 

Setelah tahapan-tahapan diatas berhasil dilakukan, maka kita akan masuk di halaman login Aplikasi Dapodik PAUD versi Aplikasi 3.5.0 seperti gambar dibawah ini. Pada versi ini kita sudah tidak bisa lagi akses halaman utama Dapodik PAUD, karena sudah dilakukan cut off semester ganjil 2019/2020.

Cara Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline versi 3.5.4 pada Dapodik PAUD Offline v.3.5.0


2. Barulah kita masuk ke tahapan Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline versi 3.5.4. 

- Pastikan rekan-rekan sudah download aplikasi Dapodik PAUD Offline versi 3.5.4 semester genap 2019/2020, bagi yang belum silahkan di download terlebih dahulu. 
Baca Disini : Panduan Download Aplikasi Dapodik PAUD Offline versi 3.5.4 Semester Genap 2019/2020
- Setelah berhasil di download, langkah selanjutnya kita melakukan Install Patch Dapodik PAUD Offline versi 3.5.4.  Berikut ini Panduan Cara Install atau Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline versi 3.5.4 pada Dapodik PAUD Offline versi 3.5.0

  • Silahkan klik kanan pada Aplikasi Dapodik PAUD Offline versi 3.5.4 yang telah di download, kemudian pilih Run as administrator. Selanjutnya, masuk di halaman Smart Scree seperti gambar dibawah ini, silahkan klik pada tombol Run.

cara install patch dapodik paud offline versi 3.5.4

  •  Apabila muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah ini, silahkan klik tombol Keep Run...

  •  Selanjutnya, masuk ke halaman Setup-Dapopaud v.3.5.4 seperti gambar dibawah ini, silahkan klik atau centang pada "I accept the agreement". Klik Next.



  •  Selanjutnya, masuk di tahapan Installing Dapopaud v.3.5.4, silahkan tunggu beberapa menit hingga proses installasi berhasil.



  •  Proses installasi telah berhasil dilakukan, silahkan klik Finish.


  •  Silahkan akses localhost:9000/login atau klik pada Icon Dapodik PAUD. Halaman Aplikasi Dapodik PAUD sekarang sudah update ke versi Aplikasi 3.5.4. Artinya, kita telah berhasil melakukan Patch Dapodik PAUD Offline v.3.5.4.

Gambar. Sukses Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline v.3.5.4 Semester Genap 2019/2020
  •  Selanjutnya, silahkan rekan Login Dapodik PAUD menggunakan username dan password pada dapodik paud offline semester ganjil, apabila akun login tidak diganti. 
Apabila berhasil login, mak kita akan masuk di halaman Beranda Dapopaud atau Dapodik PAUD versi 3.5.4.

halaman dashbord aplikasi dapodik padu offline versi 3.5.4
Gambar. halaman dashbord aplikasi dapodik padu offline versi 3.5.4

  •  Langkah, selanjutnya yang harus dilakukan adalah "Melakukan Salin Data Dapodik PAUD" bagi yang belum melakukan Pengisian Dapodik PAUD Semester Genap 2019/2020 pada Dapodik PAUD Online Semester Genap 2019/2020. 
Baca Disini : Panduan Pengisian Dapodik PAUD Offline Semester Genap

Setelah berhasil melakukan Pengisian Dapodik PAUD Offline Semester Genap 2019/2020, jangan lupa untuk melakukn Pengecekan Hasil Sinkronisasi Dapodik PAUD.  


Demikianlah panduan menjalankan patch dapodik paud offline v.3.5.4, semoga bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data.

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
3/5/20, 10:10 AM ×

bagaimana jika lupa sandinyabagaimana?

Reply
avatar
Unknown
admin
6/6/20, 10:30 AM ×

Terimakasih atas pencerahannya secara Mendetail. Sangat membantu bagi yang masih belum begitu mengerti. Salam Dapodik, tetap semangat dan tetaplah berbagi

Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment