Cara Membuat Penomoran Halaman Berbeda di Word 2020


Salam semangat buat sahabat secercahilmu25. Postingan kali ini admin akan menjawab pertanyaan dari sahabat secercahilmu25, adapun pertanyaannya adalah "Admin, bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda di word untuk skripsi?". Sebelum nya admin mengucapkan terimakasih kepada sahabat secercahilmu25 yang telah menyampaikan pertanyaanya di blog admin. Semoga informasi berikut ini bisa menjawab pertanyaan rekan sekalian. 

Cara Membuat Penomoran Halaman Berbeda di Word 2020


Sebelum kita masuk ke topik pembahasan, sedikit disini kita akan membahas tentang Aturan Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan / Makalah / Skripsi :

Umumnya, ketentuan aturan penulisan laporan ilmiah/skripsi hampir sama, rekan-rekan bisa bandingkan dengan Aturan Penulisan Laporan yang admin bagikan berikut ini. 

Standar Penulisan Skripsi/Karya Ilmiah/Laporan PKL :

Berikut ini admin bagikan standar penulisan karya ilmiah sesuai dengan panduan penulisan pada saat admin menyusun Laporan Tugas Akhir. 

A. Jenis dan Ukuran Kertas 

- Sampul  : Laporan dijilid soft cover dengan warna sesuai dengan warna Prodi ;
- Isi : Jenis Kertas HVS 70 gram, Ukuran Kertas A4 (21,5 cm x 28,0 cm). 

B. Margin 
  • Margin atas : 4 cm ;
  • Margin bawah : 3 cm ;
  • Margin kiri : 4 cm ;
  • Margin kanan : 3 cm. 
C. Jenis tulisan dan spasi 
  • Jenis tulisan Arial, ukuran 11 (kecuali untuk Judul dan Bab) ;
  • Ukuran spasi 1,5.
D. Ukuran tulisan dan style
  •  BAB : Ukuran tulisan 13, style  BOLD CAPITAL (tebal, semua huruf kapital), dengan format center ;
  • Sub Bab : Ukuran tulisan 11, style Bold Title Case (tebal, kapital hanya pada wal kata) ;
  • Anak Sub Bab : Ukuran tulisan 11, style Bold Small Caps (tebal, kapital hanya pada awal judul).
 E. Istilah Asing 
Istilah-istilah yang menggunakan bahasa asing menggunakan style italic small (kata yang ditulis miring), contoh : insert.

Ketentuan Letak Nomor, Halaman dan Tipe Huruf 

  • Nomor halaman diletakkan di sudut kanan bawah ;
  • Untuk nomor halaman sebelum isi, seperti Kata Pengantar, Daftar Isi dan seterusnya menggunakan Angka Romawi Kecil (i,ii,iii dan seterusnya) ;
  • Untuk nomor Isi menggunakan angka latin (1,2,3 dan seterusnya). 


Setelah kita mengenali dan mengetahui ketentuan atau standar penulisan laporan karya ilmiah ataupun skripsi, sesuai dengan judul postingan kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Penomoran Halaman Berbeda sesuai dengan ketentuan letak nomor, halaman dan tipe huruf. 

Silahkan simak informasi berikut ini :

 
1. Silahkan atau pastikan Laporan Karya Ilmiah atau Skripsi sudah dibuat dan disusun, dan sekarang kita tinggal mengatur penomorannya saja. Jika sudah, silahkan ikuti langkah selanjutnya ;

2. Selanjutnya, menambahkan halaman sebelum isi, seperti Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel dan lain sebagainya. 

Silahkan klik pada menu Insert > Page Number. Karena disini admin mengikuti ketentuan penulisan karya ilmiah seperti ketentuan diatas, silahkan pilih penomoran posisi dibawah sebelah kanan. 

Apabila format page number sudah "Angka Romawi", silahkan klik pada pilihan Bottom of Page. Apabila number belum angka romawi atau masih menggunakan angka latin, silahkan rubah terlebih dahulu dengan cara klik pada "Format Page Number" > pada Number Format silahkan pilih angka romawi kecil (i,ii,iii dan seterusnya).


Hasilnya seperti gambar dibawah ini. Laporan kita sudah memiliki nomor halaman. 




Seperti gambar diatas, kita melihat halaman cover atau sampul memiliki nomor. Oleh karena itu, silahkan hilangkan nomor yang ada di halaman cover tanpa menghilangkan nomor di halaman selanjutnya. 

Berikut ini caranya : Masih di halaman "Design" silahkan centang pada bacaan "Different First Page" artinya Halaman pertama berbeda atau tidak muncul nomor.




Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini, halaman cover atau sampul laporan sudah tidak memmiliki nomor tanpa menghilangkan nomor di halaman lainnya. 
 



 Dan sekarang, penomoran di halaman menggunakan angka romawi kecil mulai dari ii,iii, dan seterusnya. 

Muncullah pertanyaan, karena berdasarkan ketentuan penomoran angka romawi hanya digunakan pada halaman Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar dan sejenisnya. Namun, kondisi sekarang untuk BAB I, II, III, IV dan seterusnya penomoran angka romawi dan seharusnya angka latin (1,2,3...). 

Jangan bingung dan khawatir sahabat, berikut ini admin lanjutkan tahapannya. 

3. Merubah penomoran halaman di bagian isi seperti BAB I, BAB II, BAB III dan seterusnya menggunakan angka latin (1,2,3...)

- Silahkan sahabat posisikan pointer tepat sebelum bacaan BAB I, seperti gambar dibawah ini.


- Kemudian klik pada menu Page Layout > Breaks > Next Page. 
Maka penomoran di halaman ini akan hilang yang semulanya angka romawi menjadi kosong. 



 Apabila di halaman BAB I atau bab yang lainnya penomoran seperti penomoran angka romawi sudah hilang, silahkan rekan tambahkan nomor halaman tersebut caranya sama seperti cara diatas : silahkan klik pada tab menu Insert > page number > buttom of page > silahkan sesuaikan angka penomoran, apabila sudah angka latin yang muncul silahkan di klik dan sebaliknya, silahkan klik format page numbers dan pilih number format = angka latin (1,2,3...). 

Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini, penomoran berbeda untuk halaman tertentu seperti Kata Pengantar dengan BAB I telah berhasil dilakukan. 
 

 


Bagaimana sahabat secercahilmu25, tidak susahkan in sya allah... semoga informasi diatas bisa membantu sahabat semuanya. Dan semoga bagi rekan-rekan yang sedang dalam menyusun karya ilmiah ataupun Tugas Akhir/Skripsi semoga secepatny selesai dan hasilnya sesuai yang diharapkan... Aamiin... Salam semangat dan salam satu data.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment