Operator Sekolah Silahkan Lakukan Validasi Data PD untuk Mengisi Data Desa/Kelurahan Melalui Verval PD

Salam semangat dan salam satu data buat Pendidik dan Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia maupun di Luar Negeri, sebelum memasuki Topik Pembahasan kali ini admin mau mengucapkan Selamat Tahun Baru 2023 Semoga di Tahun ini kita semakin mendapatkan keberkahan dan rahmat dari sang pencipta, aamiin ya rabbal alamiin. Postingan ini, postingan perdana admin di Tahun 2023 semoga segala informasi yang admin bagikan melalui Laman Blog/Website ini bermanfaat buat semuanya, aamiin. 

Berhubung Dapodik Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 belum release, buat Operator Sekolah/Dapodik ada Tugas yang harus segera diselesaikan atau divalidasi, dikarenakan data tersebut sudah Masuk dalam Rekapitulasi Wilayah


Operator Sekolah Silahkan Lakukan Validasi Data PD untuk Mengisi Data Desa/Kelurahan Melalui Verval PD
Gambar. Laman Edit Identitas Data Peserta Didik Melalui Vervalpd


Adapun Tugas Operator Sebelum Release Dapodik Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 adalah Melakukan Validasi Data Desa/Kelurahan Peserta Didik Melalui Verval PD.

Haruskah Operator Dapodik Melakukan Validasi Data Desa/Kelurahan???

Operator Dapodik harus sesegera mungkin melakukan Validasi Data Desa/Kelurahan Peserta Didik, dikarenakan Desa/Kelurahan Peserta Didik sudah masuk dalam Rekapitulasi Wilayah. 


Untuk memudahkan rekan Operator Dapodik dalam melakukan Validasi Data Desa/Kelurahan Peserta Didik Melalui Vervalpd, berikut admin bagikan Panduan Validasi Data Desa/Kelurahan Peserta Didik Melalui VervalPD:

1. Silahkan rekan operator dapodik akses laman vervalpd, berikut link akses:

https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ 

Untuk login di laman vervalpd, pastikan rekan operator sudah memiliki akun sdm operator dapodik, bagi yang belum memiliki akun sdm operator dapodik silahkan daftar akun terlebih dahulu. 

Baca Disini : Tutorial Registrasi Akun Operator Sekolah di Website SDM Data Kemdikbud

Bagi yang sudah memiliki akun operator, silahkan login setelah berhasil login rekan operator sekolah akan masuk dilaman Beranda Vervalpd, selanjutnya silahkan klik pada menu Residu.  

Apabila terdapat data diri Peserta Didik pada laman Residu, artinya data peserta didik Bapak/Ibu masih ada yang belum valid seperti gambar dibawah ini. 

Untuk data yang masih invalid (silang) silahkan diperbaiki terlebih dahulu sekaligus dengan mengisi Data Desa/Kelurahan. 

Laman Residu Data Peserta DIdik di Vervalpd
Gambar. Laman Residu Data Peserta DIdik di Vervalpd

2. Silahkan klik pada Menu Edit Identitas, dan silahkan pilih Nama Peserta Didik pada Fitur Daftar Siswa. 

Masuk di laman Formulir Perubahan Data Peserta Didik, silahkan scroll atau arahkan pada bagian kolom Desa/Keluarahan, silahkan di pilih Desa/Keluarahan Peserta Didik sesuai dengan KK. 

Setalah Desa/Kelurahan dipilih, silahkan klik tombol Validasi Data

Pengisian Data Desa/Kelurahan Peserta Didik di Vervalpd
Gambar. Pengisian Data Desa/Kelurahan Peserta Didik di Vervalpd

Apabila Data Sudah Valid atau sesuai dengan Dukcapil, akan muncul tombol Update Data. Silahkan klik tombol Update Data. 


Gambar. Silahkan klik tombol update data

Selanjutnya, data PD yang sudah di update akan masuk di Tabel Pengajuan Edit Identitias seperti gambar dibawah ini. 


Gambar. Tabel Pengajuan Identitas

3. Apabila Data Peserta Didik sudah masuk di tabel pengajuan identitas, tugas rekan operator sekolah tinggal menunggu hasil persetujuan Update an dari Pusat. 

Untuk berapa lamanya, maksimal 7 hari setelah pengajuan perbaikan identitas data diri peserta didik. 

Gambar. Operator Sekolah Tinggal Menunggu Persetujuan dari Pusat


Demikianlah informasi mengenai Tugas Operator Dapodik/Sekolah yang harus segera di validasi sebelum Release Aplikasi Dapodik Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Semoga informasi diatas bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 

Apabila informasi diatas bermanfaat menurut Bapak dan Ibu, silahkan share ke rekan-rekan kita ya... Terimakasih. 

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment