Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2021.b

Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD, serta rekan Operator Dapodik PAUD-DIKMAS dan DIKDASMEN. Bagi satuan pendidikan yang telah melakukan Installasi Aplikasi Dapodik versi 2021.b, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Versi 2021.b. Untuk melakukan sinkronisasi aplikasi dapodik versi 2021.b, sedikit berbeda dengan versi dapodik 2021 dan versi 2021.a, dimana pada laman dapodik kepala sekolah di versi 2021.b  muncul tombol atau menu sinkronisasi apabila Hak Akses Kepala Sekolah sudah di setting pada manajemen pengguna. 
Jadi, bagi rekan-rekan yang bertanya kenapa pada laman dapodik kepala sekolah tidak muncul menu atau tombol sinkronisasi? jawabannya silahkan rekan mengatur hak akses kepala sekolah melalui manajemen pengguna terlebih dahulu. Untuk selengkapnya, Bagaimana Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2021.b. Silahkan simak panduan berikut ini :
 
Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2021.b :
 
1. Silahkan akses aplikasi dapodik versi 2021.b 




 
2. Setelah berhasil login, masuk di halaman Beranda Dapodik Versi 2021.b, selanjutnya silahkan klik pada menu Pengaturan sebelum rekan-rekan melakukan Tukar Akses Pengguna ke akun  kepala sekolah. 


 
3. Kemudian, klik pada tombol Manajemen Pengguna. 


Silahkan isikan kode registrasi dapodik sekolah rekan.


Selanjutnya, masuk di tahapan pengaturan hak ases pengguna Kepala Sekolah agar muncul menu sinkronisasi pada laman dapodik kepala sekolah.
 
cara mengatur hak akses pengguna kepala sekolah untuk sinkron dapodik versi 2021.b

Silahkan klik pada akun kepala sekolah, kemudian pada laman Hak Akses silahkan klik tombol Tambah.
 

Kemudian, silahkan pilih option Kepala Sekolah. 
 

 
Selanjutnya, silahkan klik tombol Simpan untuk menyimpan hak akses sebagai kepala sekolah.
 

 
Selanjutnya, silahkan close dari laman Manajemen Pengguna dan lakukan refresh (Ctrl+F5) pada aplikasi dapodik versi 2021.b. 

4. Setelah aplikasi dapodik di refresh, silahkan kembali klik pada menu Pengaturan dan klik pada tombol Tukar Akses Pengguna.


Silahkan isikan Kode Registrasi dapodik, serta pilih akun pengguna Kepala Sekolah.
 

 
Masuk di halaman Sinkronisasi Dapodik versi 2021.b menggunakan akun kepala sekolah, dan sudah muncul tombol Validasi dan Sinkronisasi.

Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2021.b


Dan silahkan lakukan Validasi terlebih dahulu, selanjutnya silahkn sinkronkan aplikasi dapodik versi 2021.b seperti pada versi sebelum nya. 



Pastikan koneksi dengan server terhubung pada saat melakukan sinkronisasi dapodik versi 2021.b. Silahkan tunggu hingga proses sinkronisasi dapodik berhasil.





Demikianlah informasi cara sinkronkan aplikasi dapodik versi 2021.b, semoga informasi diatas bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment