Cara Login Aplikasi DHGTK v.2.1 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD dan rekan Operator Dapodik PAUD-DIKMAS dan DIKDASMEN. Pada postingan kali ini, admin akan menjawab pertanyaan dari para rekan sekalian seputar DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan) Online. Adapun bunyi pertanyaannya adalah "Admin, bagaimana cara pengisian login DHGTK Semester Ganjil 2020/2021, karena saya input login menggunakan akun login dapodik semester ganjil 2020/2021 tidak bisa".
Sebelumnya admin mengucapkan terimakasih banyak kepada rekan-rekan sekalian yang telah dan selalu menjadikan blog ini sebagai Referensi. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat buat semuanya. 

DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan) Online biasanya selalu diisi oleh Operator Dapodik atau Sekolah. Sekarang kita sudah berada di Tahun Ajara baru Semester Ganjil 2020/2021, untuk DHGTK saat ini menggunakan versi 2.1. Versi ini merupakan versi DHGTK pada semester genap 2019/2020. 

Pengalaman admin, beberapa jam yang lalu admin mencoba akses DHGTK dengan menggunakan Login sesuai dengan Login pada Aplikasi Dapodik Versi 2021, alhasil gagal login. Kemudian, admin mencoba login DHGTK menggunakan akun Login Aplikasi Dapodik pada semester lalu, hasilnya Login berhasil seperti gambar dibawah ini. 

Pengisian Login Aplikasi DHGTK Menggunakan Akun Dapodik Semester Lalu
Gambar. Pengisian Login Aplikasi DHGTK Menggunakan Akun Dapodik Semester Lalu
 Berikut ini tampilan setelah berhasil login DHGTK Semester Ganjil 2020/2021. 


Berhasil Login DHGTK Semester Ganjil 2020/2021
Gambar. Berhasil Login DHGTK Semester Ganjil 2020/2021

Jadi, dapat disimpulkan untuk saat ini Login DHGTK yang digunakan adalah Login dari Akun Dapodik pada Semester Genap 2019/2020. 

Setelah rekan sekalian mempersiapkan akun Dapodik semester lalu, silahkan lanjutkan melakukan Pengisian Kehadiran Guru Online melalui Aplikasi DHGTK. 

Berikut ini admin bagikan sekilas Panduan Cara Pengisian Absensi Guru Online Melalui Aplikasi DHGTK 2020 :

1. Silahkan akses link DHGTK 2020. Berikut ini link akses DHGTK :

Masuk di halaman Login DHGTK, silahkan isikan :
- NPSN Sekolah ;
- User ID = Username Aplikasi Dapodik Semester Genap 2019/2020 ;
- Password = Password Aplikasi Dapodik Semester Genap 2019/2020 ; dan 
- Kode Captcha

Setelah diisi, silahkan klik tombol Sign In.

Gambar. Pengisian Login DHGTK
2. Setelah berhasil login, maka akan masuk di halaman dashboard DHGTK seperti gambar dibawah ini. 
Silahkan melakukan pengisian kehadiran GTK dengan cara klik pada :
Kelengkapan Sekolah > Entri Kehadiran


Masuk di halaman Entri Kehadiran, silahkan lihat pada Tanggal. Mau pengisian DHGTK tanggal berapa yang akan diisi, untuk pengisian kehadiran per hari silahkan klik pada Kalender silahkan pilih tgl pengisian kehadiran GTK Online. 


Setelah memilih hari atau tanggal, silahkan klik pada icon kalender pada kolom Datang. Masuk di halaman kalender, silahkan klik pada tanggal pengisian kehadiran online guru. 

Selesai pengisian entri kehadiran GTK, silahkan klik pada tombol Simpan semua yang ditandai. 



Berikut ini adalah tampilan entri kehadran setelah selesai pengisian kehadiran guru online. 


Selanjutnya, silahkan klik pada Dashboard. Masuk di halaman dashboard,  kita bisa melihat GTK yang sudah terisi. Silahkan lihat pada kolom Pegawai Hadir apabila sudah terisi, berarti pengisian kehadiran online guru telah berhasil dilakukan pada hari tersebut. 



Demikianlan informasi jawaban dari pertanyaan rekan-rekan sekalian seputar pengisian DHGTK Semester Ganjil 2020/2021. Semoga informasi diatas dapat membantu rekan sekalian. Salam semangat dan salam satu data. 


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment