Penting! Cek Keaktifan Guru dan Tenaga Kependidikan di Dapodik Agar Terdata di Penghitungan Rekap


Salam semangat buat Pendidik, Tenaga Kependidikan dan terkhusus buat Operator Dapodik yang mengelola Data Pokok Kependidikan. Satu hal paling penting agar Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) terhitung di dalam Penghitungan Rekapitulasi Data Pokok Pendidikan Nasional adalah Operator Dapodik melakukan Pengisian Data Penugasan GTK di Dapodik
 
Penting! Cek Keaktifan Guru dan Tenaga Kependidikan di Dapodik Agar Terdata di Penghitungan Rekap

Adapun Data Penugasan PTK mencakup :
Guru dan Tendik yang masuk dalam penghitungan rekap adalah Guru dan Tendik yang sudah mendapat penugasan, berstatus aktif dan terdaftar di sekolah induk.
Penugasan PTK/GTK secara langsung bisa dilakukan oleh Operator Dapodik melalui halaman GTK pada Aplikasi Dapodik.

Oleh karena itu, agar PTK/GTK masuk di dalam penghitungan rekan silahkan rekan Operator Dapodik untuk cek pada bagian Penugasan GTK yang terdiri dari Sekolah Induk, kemudian keaktifan PTK. 

Karena admin banyak menemukan pertanyaan dari para rekan sekalian, kenapa data PTK atau GTK tidak  muncul di vervalptk ataupun di manajemen sekolah di halaman sp.datadik.kemdikbud.go.id. Dan penyebabnya adalah Keaktifan PTK untuk Semester Ganjil 2020/2021 belum diisi atau terceklist setiap bulannya. 

Gambarannya seperti gambar dibawah ini, silahkan rekan Operator Dapodik untuk melakukan update penugasan PTK di bagian Sekolah Induk, dan isikan Keaktifan PTK setiap bulannya. 

Cara update keaktifan PTK
Gambar. Cara update keaktifan PTK
Berikut ini admin bagikan Panduan Cara Pengisian Keaktifan PTK agar masuk didalam Penghitungan Rekapitulasi Data Pokok Pendidikan Nasional :

1. Pastikan data GTK tersebut sudah ditemukan di aplikasi Dapodik, bagi guru atau tendik yang data tidak ditemukan silahkan klik pada tombol Salin Penugasan. 
Setelah muncul data GTK tersebut seperti gambar dibawah ini, silahkan klik pada data salah satu GTK, kemudian klik pada tombol Penugasan.

Gambar. Halaman GTK
2. Masuk di halaman Penugasan GTK, silahkan pastikan :
- Sekolah Induk = "Ya", agar nantinya data PTK tersebut terbaca di vervalptk ;
- Keaktifan PTK untuk setiap bulannya sudah terisi. 

Setelah Sekolah Induk dan Keaktifan PTK terisi, silahkan klik pada tombol Simpan dan Tutup.

Gambar. Pengisian Penugasan GTK

3. Selanjutnya, silahkan sinkronkan dapodik rekan. 

Demikianlah informasi yang barangkali kita sebagai operator dapodik sedikit lupa untuk melakukan update data tersebut, tapi ini penting untuk selalu kita update agar data PTK terdata di penghitungan data pokok pendidikan nasional. Semoga bermanfaat buat semuanya, salam semangat dan salam satu data.
 
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment