Kenapa Selalu Gagal Login di Manajemen Dapodik PAUD DIKMAS, Padalah Username dan Password sudah Benar?


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD dan DIKMAS serta rekan Operator Dapodik. Pada postingan kali ini admin akan menjawab pertanyaan dari para Bunda PAUD dan Operator Dapodik PAUD. Adapun bunyi pertanyaany adalah :


1. Admin, sampai saat ini saya belum bisa melakukan pengisian dapodik paud dikmas online semester genap 2019/2020, dikarenakan muncul tanda silang merah tidak bisa tambah pembelajaran guru, tidak bisa salin data periodik dan sanitasi lembaga. Bagaimana solusinya admin ? ;

2. Admin, kenapa saya selalu gagal login di Manajemen Dapodik PAUD dan DIKMAS, padahal Username dan Password yang saya masukkan sudah benar, sama dengan login di dapodik paud dikmas online ? ;

Itulah beberapa pertanyaan yang belakangan ini paling sering diajukan oleh Bund-bunda PAUD dan Operator Dapodik PAUD kepada admin. 

Gambar. Tombol Tambah Pembelajaran Tidak Bisa Diklik


Oleh karena itu, alhamdulillah pada hari ini admin diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas. 

Untuk selengkapnya, silahkan simak informasi berikut ini sampai tuntas, semoga bisa memberikan solusi. 


Solusi dari pertanyaan "Admin, sampai saat ini saya belum bisa melakukan pengisian dapodik paud dikmas online semester genap 2019/2020, dikarenakan muncul tanda silang merah tidak bisa tambah pembelajaran guru, tidak bisa salin data periodik dan sanitasi lembaga. Bagaimana solusinya admin ?   

1. Silahkan akses aplikasi dapodik paud dikmas online versi 2.0 semester genap 2019/2020. Berikut ini link aksesnya : https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/

Masuk di halaman Dapopaud DIKMAS v.2.0, silahkan login terlebih dahulu. 




2. Setelah berhasil login, maka kita akan masuk di halaman Dashboard Dapodik seperti gambar dibawah ini. Bagi rekan-rekan yang belum melakukan pengisian dapodik paud kurang lebih akan menemukan tampilan seperti gambar dibawah ini. Terdapat beberapa data Invalid dan PTK serta PD belum terisi (0).


- Silahkan perbaiki data Invalid. Kali ini admin akan memperbaiki Data Periodik yang masih invalid. Silahkan klik pada Menu Lembaga > Data Periodik. 

Masuk di halaman Data Periodik seperti gambar dibawah ini, disini admin tidak menemukan tombol Edit ataupun Salin Data. Sehingga tidak memperbaiki data periodik.



- Begitu juga dengan data Sanitasi, tidak bisa di edit ataupun di salin.


- Selanjutnya, admin mencoba melakukan Tambah Pembelajaran di Rombel. Disini admin juga tidak bisa klik tombol tersebut, yang muncul tanda silang dan tombol off atau tidak bisa difungsikan. 



 3. Permasalahan tersebut muncul dikarenakan, Metode Sinkronisasi Dapodik PAUD DIKMAS yang sedang digunakan adalah Metode Sinkron Offline. Sehingga, kita tidak bisa melakukan tambah data, edit ataupun salin data. 

Oleh karena itu, silahkan rubah terlebih dahulu ke Metode Sinkronisasi Online. 

Bagaimana cara merubah metode sinkronisasi dapodik paud dikmas dari Offline ke Online?, silahkan simak informasi berikut :


Pembahasan berikut ini, merupakan solusi dari pertanyaan : Admin, kenapa saya selalu gagal login di Manajemen Dapodik PAUD dan DIKMAS, padahal Username dan Password yang saya masukkan sudah benar, sama dengan login di dapodik paud dikmas online ?

1. Silahkan akses Manajemen Dapodik PAUD dan DIKMAS untuk merubah metode sinkronisasi dapodik PAUD.  

Kasus kali ini adalah, beberapa rekan kita selalu mengalami gagal login di Manajemen Dapodik PAUD seperti gambar dibawah ini. Berdasarkan penuturan dari rekan kita, mereka telah menginputkan username dan password sesuai dengan login di dapodik paud dikmas. Login di Dapodik PAUD DIKMAS selalu berhasil.
Kenapa Selalu Gagal Login di Manajemen Dapodik PAUD DIKMAS, Padalah Username dan Password sudah Benar?


Setelah dianalisa, permasalahan tersebut terjadi dikarenakan kurang telitinya kita dalam memilih halaman Login di Manajemen Dapodik PAUD DIKMAS. Kasus diatas terjadi, dikarenakan memilih Login Unit/Satuan Kerja, makanya login selalu gagal. 

Solusinya,  Login yang kita pilih adalah "Satuan Pendidikan" bukan Unit/Satuan Kerja.

Gambar. Silahkan Pilih Login > Satuan Penididikan
- Tampilan login untuk Lembaga PAUD dan DIKMAS adalah seperti gambar dibawah ini. Kemudian, silahkan login menggunakan login di aplikasi dapodik paud dikmas online/offline.


- Setelah berhasil login, silahkan rubah Metode Sinkronisasi Dapodiknya tepatnya klik pada fitur Dapodik seperti yang admin linkgar pada gambar dibawah ini.

Di fitur Dapodik yang admin lingkar pada gambar diatas, kita bisa lihat Metode Sinkron yang masih digunakan adalah Dapodik Offline/Sync Online, makanya kita tidak bisa melakukan tambah/edit/salin data di dapodik paud.

- Selanjutny, masuk di halaman Ubah Metode Sinkronisasi silahkan pilih Dapodik Online. Setelah itu Simpan.


Hasilnya seprti gambar dibawah ini. Metode Sinkronisasi sudah Dapodik Online.

Langkah selanjutnya, silahkan akses kembali dapodik paud dikmas online dan silahkan refresh dapodik online tersebut terlebih dahulu. 

Alhamdulilah, sekarang kita sudah bisa menambahkan atau melakukan Pengisian Dapodik PAUD DIKMAS Online Semester Genap 2019/2020. 


Selamat mencoba rekan-rekan sekalian.

Baca Juga : Tutorial Panduan Pengisian Dapodik PAU DIKMAS Online Semester Genap 2019/2020

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga informasi diatas dapat menjawab permasalahan yang sedang rekan alami. Semoga bermanfaat, salam semangat dan salam satu data.


Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
michelle
admin
1/19/20, 9:56 AM ×

test

Congrats bro michelle you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment