Cara Menampilkan File PDF Didalam Tabel pada Wordpress


Salam semangat buat sahabat secercahilmu25. Postingan kali ini kita akan membahas seputar Wordpress. Sebelum kita masuk ke topik pembahasan, sedikit pada postingan ini admin akan membagikan pengalaman seputar Judul Postingan kali ini. 


Iya, alhamdulillah di Dinas admin bertugas tepatnya di Bidang tempat admin bertugas merupakan Bidang yang memiliki Tupoksi untuk memberikan kesempatan kepada Siswa/Siswi/Mahasiswa/Mahasiswi yang akan melaksanakan permagangan atau Praktek Kerja Lapangan (PKL). Berkaitan dengan hal itu, setiap yang melaksanakan magang di Dinas kami, diharuskan untuk membuat Inovasi dan itu tidak harus yang WOW, yang terpenting bisa bermanfaat untuk di Dinas begitu juga untuk peserta magang. 

Dan kali ini, salah satu peserta magang mengajukan ide untuk membuat Inovasi Penyusunan Database MoU atau Kerjasama di Dinas Berbasis Online. Alhamdulillah, ide tersebut di setujui oleh Pembimbing di Dinas, dan selanjutnya untuk penyusunan berbasis online peserta magang tidak diberikan hak untuk mengakses Website kami, dikarenakan inovasi tersebut di upload pada laman website kami. 

Setelah, peserta magang menuntaskan dalam penyusunn database MoU tersebut, kami selakuh admin bertugas untuk meng upload dokumen tersebut di website dinas kami. 

Dan apa kaitannya dengan judul postingan kali ini? Kaitannya adalah Inovasi yang sedang dilaksanakan oleh peserta magang tersebut akan di upload di laman Website Dinas kami dalam bentuk tabel. Dimana di dalam tabel tersebut juga disediakan tempat untuk upload dan lihat File MoU dalam format .pdf. 


Bagi rekan sekalian pengguna wordpress, dan mengalami sedikit permasalahan pada saat akan membuat Tabel di laman Wordpress, serta bagaimana cara upload file pdf di dalam tabel yang ada di laman wordpress. Silahkan simak informasi berikut ini, semoga dari cerita diatas saling berkaitan dan rekan sekalian paham. 


Berikut ini Cara Menampilkan File PDF Dalam Tabel di Wordpress. 

 1. Bagi rekan sekalian pengguna wordpress, silahkan lakukan Login terlebih dahulu untuk mengakses dashboard wordpress.


Cara Menampilkan File PDF Didalam Tabel pada Wordpress


 2. Apabila berhasil login, maka kita akan masuk di halaman Beranda wordpress seperti gambar dibawah ini.



 3. Oh ya disini admin menggunakan sebuah Plugin untuk lebih memudahkan kita membuat Tabel di laman Wordpress, adapun plugin untuk membuat tabel yang admin gunakan adalah Plugin Table Maker

Bagi rekan yang ingin menggunakan plugin tersebut, silahkan di download terlebih dahulu. Setelah itu, silahkan Import ke Wordpress ataupun di file manager.


Selanjutnya, setelah berhasil di import pada wordpress, silahkan klik pada "Table Maker > Add New" untuk menambahkan tabel baru di wordpress.




Disini sedikit admin bagikan kegunaan dari setiap fitur yang ada di Table Maker





- Resize Table berfungsi untuk mengatur ukuran Cols (Kolom) dan Rows (Baris).



- Switch Rows berfungsi untuk mengganti posisi setiap baris

 
 - Switch Columns berfungsi untuk mengganti posisi setiap kolum





 - Add Inside berfungsi untuk menambahkan Baris atau Kolom kosong setelah baris atau kolom yang ditentukan.


 4. Setelah data baris dan kolom di tambahkan pada laman tabel di wordpress, selanjutnya sesuai dengan judul kali ini yaitu Menampilkan File PDF didalam Tabel Wordpress. Maka kita harus upload link file pdf tersebut terlebih dahulu di laman tabel wordpress.




Untuk mendapatkan link file tersebut, silahkan rekan upload terelebih dahulu File-file PDF yang nantinya akan di upload pada laman wordpress. 

Berikut ini cara upload file pdf di google drive :

- Silahkan login terlebih dahulu menggunkan account masing-masing ;





- Setelah berhasil upload file, silahkan atur setelah berbagi file tersebut terlebih dahulu agar bisa dibaca masyarakat umum. 



 - Silahkan cek pratinjau file, kemudian masuk di halaman seperti gambar dibawah ini. Silahkan klik pada icon gerigi yang telah dilingkar, kemudian pilih Buka Jendela Baru.



 - Kemudian, silahkan klik pada Sematkan Item.


 - Silahkan copy link dokumen tersebut, dan kemudian silahkan pastekan di laman tabel wordpress di bagian File MoU.




 Hasil copy kan link file pdf dari google drive di laman Table Maker di wordpress.





 Jika sudah silahkan Save atau simpan file tersebut seperti biasa.

 5. Dan inilah tampilan Data-data dalam bentuk Tabel di laman Wordpress yang di sertai dengan adanya File PDF.

Cara Menampilkan File PDF Didalam Tabel pada Wordpress




 Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data.



 
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment