Cara Convert File CD (.cda) ke Format MP3


Salam semangat buat sahabat secercahilmu25. Postingan kali ini admin akan membagikan informasi seputar pengalaman admin pada saat ingin meng copy file dari CD/DVD ke PC/Laptop dimana format file yang ada di dalam CD/DVD tersebut adalah .cda (compact disk audio)


Beberapa hari yang lalu admin mendapatkan tugas dari Kepala Bidang di tempat admin bertugas, tugasnya adalah "Bagaimana Cara Mengcopy File yang Ada di CD/DVD Bisa di Copykan ke PC/Laptop untuk Selanjutnya File yang ada di CD/DVD tersebut di Upload ke Youtube" . 

Sepertinya tugas yang diberikan itu adalah "Mudah", kenapa admin mengatakan mudah... Karena siapa sih yang gak bisa tinggal copy dan pastekan file ke PC/Laptop atau sebaliknya. 

Dan faktanya, bagi admin pada saat itu ternyata tidak semudah yang dibayangkan pada saat akan meng copy kan file dari CD/DVD ke PC/Laptop. Untuk mencopy kan file tersebut ke PC/Laptop memang berhasil, namun pada saat admin mengeluarkan CD/DVD dari PC/Laptop kemudian mencoba untuk memutar Video atau Audio yang sudah di copy malah tidak bisa, yang muncul hanyalah Short cut.  

Disinilah mulai muncul pertanyaan, bagaimana cara agar file dari CD/DVD yang di copy kan ke PC/Laptop lalu di pastekan agar berhasil atau file tersebut bisa di putar audio/videonya. 

Admin mulai berselancar mencari tutorial atau solusi dari permasalahan ini, dan akhirnya dari sekian banyak tutorial yang admin coba ada satu solusi yang paling mudah dan cepat alhasil admin berhasil memfungsikan file-file yang telah di copykan dari CD/DVD ke PC/Laptop. Apa solusinya, untuk solusinya silahkan simak informasi berikut ini :


Berdasarkan pernyataan-pernyataan diatas, terdapat dua poin yang dapat kita simpulkan yaitu :

1. Cara Copy File CD/DVD ke PC/Laptop agar berhasil ;

2. Bagaimana caranya file CD/DVD yang dalam format .cda bisa di upload ke youtube nantinya. 

Dari dua poin diatas, dapat disimpulkan sebagai berikut :

Agar file-file dari CD/DVD yang dalam format .cda bisa di copy pastekan ke PC/Laptop dan berhasil  di gunakan, kita harus merubah format file-file tersebut disini admin merubah format file nya ke dalam format .mp3.

Bagaimana Cara Convert / Merubah File .CDA ke MP3, silahkan simak informasi berikut ini :

1. Silahkan pastikan CD/DVD sudah terhubung dengan PC/Laptop ;

2. Adapun cara untuk convert file dari format .cda ke format .mp3, admin menggunakan aplikasi Format Factory. Bagi rekan-rekan yang belum memiliki aplikasi format factory silahkan download dan install di PC/Laptop rekan. 

Silahkan download aplikasi tersebut di website formatfactory.id

Setelah aplikasi tersebut berhasil di download dan terinstal di komputer, silahkan buka Aplikasi Format Factory seperti gambar dibawah ini. Kemudian, silahkan klik pada "ROM Driver/DVD/CD/ISO".

Cara Convert File CD (.cda) ke Format MP3

 3. Selanjutnya, masuk di halaman seperti gambar dibawah ini, silahkan klik pada Music CD to Audio File. Apabila CD/DVD telah di insert ke PCD/Laptop atau CD/DVD bisa terbaca di PC/Laptop maka akan muncul secara langsung file-file yang ada didalam CD/DVD tersebut seperti gambar dibawah ini. 

Selanjutnya, silahkan pastikan file-file yang akan di gunakan apabila semuanya otomatis seluruh file sudah ter ceklist kemudian silahkan klik tombol Convert


 4. Selanjutnya, masuk di tahapan Convert File Music CD to Audio File. Jangan lupa untuk klik icon Start terlebih dahulu agar convert di mulai. 


 
5. Berikut ini proses covert file dan telah berhasil seluruh file di convert.

 
 6. Untuk cek hasil convert, silahkan klik pada Tab Menu Output Folder. Berikut ini hasil file-file yang telah di convert dari format .cda ke format .mp3.

 Dan akhirnya, admin telah selesai melakukan convert file ke format .mp3. Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga rekan-rekan sekalian juga berhasil. Salam semangat dan salam satu data. 


 
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment