Solusi Mengatasi URL dan Situs Perujuk Blog Berpotensi SPAM


Salam semangat buat sahabat secercahilmu25. Hari ini admin alhamdulillah di kasih petunjuk sama Allah untuk ngecek URL dan Situs Perujuk di Blog Admin, dan admin melihat ada salah satu URL Perujuk yang berpotensi SPAM. Kenapa admin berani mengatakan berpotensi Spam? Karena setelah admin melakukan cek pada URL tersebut ternyata link tersebut benar-benar link SPAM. Admin sangat khawatir, dan langsung admin cari solusinya di google. Alhamdulillah ditemukanlah solusinya.
Sebelum kita masuk ke Solusi Mengatasi URL dan Situs Perujuk yang Berpotensi spam di blog kita, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu situs spam?


Berdasarkan informasi yang admin kutip dari situs helmykediri.com dijelaskan bahwasanya Situs spam tersebut memberikan link menuju blog kita sehingga terbaca di sumber lalu lintas (traffic) blogger.

Apabila URL dan Situs Perujuk bersumber dari situs berkualitas rendah maka pengaruhnya dapat menurunkan "Rangking SEO Blog" dan yang paling menakutkan bagi Publisher Adsense adalah terbannednya akun Google Adsense akibat Traffic tidak valid.  

Wah, ini bikin panik kali bagi admin... Tidak menunggu lama admin langsung mengimplementasikan ilmu yang telah admin dapatkan dari rekan-rekan semuanya. Admin mengucapkan terimakasih buat informasi rekan-rekan Hebat.  

Solusi Mengatasi URL dan Situs Perujuk Blog Berpotensi SPAM


Bagaimana Cara Mengetahui Di Blog Kita Terdapat Situs SPAM? 
Caranya, silahkan rekan masuk di halaman Blogger > selanjutnya klik pada Menu Statistik > Sumber Lalu Lintas. 

Barangkali menjadi pertanyaan bagi kita, Dampak Postif dan Negatif bagi blog yang terdapat situs spam apa? 
Berdasarkan informasi dari beberapa artikel yang admin jadikan referensi mengatakan Dampak Positif nya page view blog akan naik karena mendapatkan aliran traffic dari situs tersebtu, sedangkan dampak negatifnya adalah menurunkan performa situs blog kita.

Apa perbedaan URL Perujuk dan Situs Perujuk?
Untuk URL Perujuk menampilkan URL Lengkap yang mengalirkan traffic menuju blog kita, sedangkan Situs Perujuk menampilkan domain utama. 

Baiklah, langsung saja kita masuk ke pembahasan yaitu : Cara Memblokir atau Mengatasi URL dan Situs Perujuk bersumber dari lalu lintas bermasalah atau Situs Spam:

Solusi yang dapat kita lakukan adalah melalui Google Web Master. Karena pada google web master menyediakan sebuah fitur untuk mengabaikan situs tertentu agar tidak mempengaruhi rangking blog di halaman SERP (Search Engine Result Page)

Jadi, pastikan situs blog rekan sudah didaftarkan di google web master tools baru kita bisa melaukan pemblokiran pada URL dan Situs Perujuk berpotensi spam. 

1. Silahkan akses link berikut ini:

 Halaman Search Console Webmaster Tools Disavow-Link
Gambar. Halaman Search Console Webmaster Tools Disavow-Link


Masuk di halaman Search Console seperti gambar diatas, selanjtunya silahkan klik pada tombol Please Select a poperty yang berfungsi untuk memilih situs blog anda yang didalam nya terdapat situs spam yang akan di blokir. 

2. Selanjutnya di alihkan ke halaman Disavow Links. Dimana Disavow Links ini merupakan fitur lanjutan dan sebaiknya digunakan dengan hati-hati. Apabila kita menggunakannya tidak benar, maka fitur ini berpotensi dapat membahayakan kinerja situs blog kita di hasil penelusuran Google. 

Dan sebakinya kita hanya menolak tautan balik jika kita yakin bahwa tautan tersebut berisikan spam dan menyebabkan masahalah yang mengarah pada situs blog kita. 

Silahkan klik pada tombol Disavow Links.


Selanjutnya, kita akan diarahkan untuk memilih file dalam format .txt yang didalamnya terdapat domain atau URL dari situs spam yang ada di URL ataupun Situs Perujuk blog kita. Silahkan klik pada tombol Choose File bagi rekan yang telah membuat file .txt.



Bagi yang belum membuat file .txt, silahkan rekan buka editor text seperti Notepad, Notepad++ dan lain sebagainya. Lalu copykan Domain atau URL situs Spam di Notepad dan simpan dalam format .txt. Seperti gambar dibawah ini. 

cara membuat file .txt untuk situs spam

Catatan: Apabila pada Sumber Lalu Lintas situs spam terdapat pada URL Perujuk silahkan gunakan format domain:urlspam. Dan, apabila situs spam terdapat pada Situs Perujuk silahkan gunakan format url:urlspam.
 Jika rekan sudah memiliki File .txt yang berisikan domain dan URL situs spam, silahkan klik pada tombol Choose File tadi dan pilihlah file .txt tersebut untuk diupload. 


 Setelah file diupload, maka kita akan masuk di halaman seperti gambar dibawah ini. Lalu silahkan klik tombol Submit.


 Alhamdulillah, proses pengiriman telah berhasil dialukan. Selanjutnya, silahkan klik pada tombol Done.



Untuk diketahui bersama, sekarang sebanyak apapun link-link spam mengalirkan traffic ke blog kita tidak akan berefek menurunkan performa blog kedepannya. Namun cara ini harus dilakukan secara berkala bisa jadi munculnya link baru lagi di sumber traffic blog kita. 


 Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat kita semuanya untuk selalu menjaga kinerja dan performa blog kita. Salam semangat. 

Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
6/22/19, 3:54 PM ×

Terimakasih informasinya sangat membantu,.

Reply
avatar
9/6/19, 11:17 AM ×

cara mengetahui apakah langkah diatas berhasil gimana gan?

Reply
avatar
Beni Herawan
admin
11/18/19, 5:12 AM ×

mudah-mudahan spammer cepat taubat ya pak... salam dari PGRI kab sanggau

Reply
avatar
ray florist
admin
10/18/21, 1:14 AM ×

Trimkasih banyak infonya pak, sangat membantu dan bermanfaat sekali

Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment