Kenapa Aplikasi Dapodik PAUD Tidak Bisa Diakses Awal Januari 2019?


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan-rekan Operator Sekolah. Setelah seminggu libur sekolah, alhamudulillah hari ini hari kedua diawal tahun 2019 sebagian jenjang pendidikan PAUD hingga sekolah menengah atas kembali ke rutinitas untuk bersekolah. 

Hari ini juga admin mendapatkan pertanyaan dari rekan-rekan Operator Sekolah mengenai Aplikasi Dapodik PAUD yang tidak bisa berhasil login alias tidak bisa diakses. 


Solusi mengatasi aplikasi dapodik paud tidak bisa diakses awal januari 2019

Langsung admin mencoba mengakses Aplikasi Dapodik PAUD tersebut, ternyata memang benar aplikasi tersebut tidak bisa diakses, selain itu Tahun Ajaran di halaman login juga tidak muncul. 

Kenapa Aplikasi Dapodik PAUD tersebut Tidak Bisa Diakses di Awal Januari 2019 serta Tahun Ajaran juga tidak muncul? Silahkan simak solusi berikut ini:

Berikut ini penyebab kenapa aplikasi dapodik PAUD tidak bisa diakses diantaranya:

 Karena aplikasi Dapodik PAUD Semester Ganjil 2018/2019 sudah dilakukan cut off atau pengambilan data untuk semester ganjil hingga akhir Desember 2018, sehingga pada saat kita mengakses aplikasi dapodik PAUD di Tahun Ajaran 2019 tidak bisa diakses karena di tahun 2019 ini semester Genap 2018/2019 bukan semester Ganjil 2018/2019. 

Terus, bagaimana solusinya admin agar kami bisa mengakses aplikasi Dapodik PAUD 2018/2019 di Semester Ganjil? 

Berikut ini solusinya:

1. Silahkan akes Dapodik PAUD Offline rekan sekalian. 
Pada halaman login ini kita akan menemukan Tahun Ajaran tidak muncul. 


2. Silahkan klik pada tombol Masuk 
Maka akan muncul halaman Error seperti dibawah ini. 

fatao error: excepion: Error: Call to a member funtion get Tahun AjaranId() on a non object in



Disinilah muncul berbagai pertanyaan serta kebingungan bagi kita para Operator. Terus bagaimana solusinya. Silahkan simak sampai tuntas. 

3. Solusinya, silahkan atur tanggal di PC atau laptop kembali di bulan Desember 2018. 
Silahkan klik tanggal seperti yang ditunjuk panah dibawah ini. 

Atur Tanggal di PC atau Laptop

4. Selanjutnya, masuk dihalaman setting tanggal. 
Silahkan klik Change date and time settings. 


5. Masuk di halaman Date and Time, silahkan klik tombol Change date and time.


6. Pada halaman Date and Time Settings, silahkan pilih Bulan Desember dan tanggal disini admin memilih tanggal 28. Selanjutnya klik OK. 


7. Sekarang tanggal di PC atau Laptop sudah menjadi bulan Desember. 


8. Silahkan kembali refresh Aplikasi Dapodik PAUD, maka kita sudah bisa kembali melihat Tahun Ajaran muncul di halaman Login. untuk selanjutnya silahkan klik tombol Masuk. 


9. Akhirnya, kita kembali bisa masuk di halaman utama Aplikasi Dapodik PAUD yang artinya Dapodik PAUD kembali bisa diakses. 


10. Silahkan rekan sekalian, simpan semua data PTK, Peserta Didik. Caranya, pada tombol Action Menu silahkan klik Unduh Excel. Untuk membackup data di Semester Ganjil 2018/2019. 



Demikianlah solusi dari Aplikasi Dapodik PAUD yang tidak bisa diakses pada awal bulan Januari 2019 serta tombol tahun ajaran tidak muncul. Salam semangat dan salam satu data. 




Previous
Next Post »

9 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
1/3/19, 2:10 PM ×

Terima kasih banyak informasinya, sangat membantu. Tapi apakah setelah lewat tanggal 31 desember 2018 sinkronisasi 2018/2019 ganjil masih bisa dilakukan?

Reply
avatar
1/3/19, 5:44 PM ×

@Ahda Sabila, sama-sama gan. Di halaman Dapodik PAUD&DIKMAS Online sudah disampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Operator tingkat PP-PAUD dan DIKMAS telah menyelesaikan Dapodik PAUD-DIKMAS Semester Ganjil 2018/2019 artinya Dapodik tersebut sudah tidak bisa lagi dilakukan sinkronisasi karena akan masuk ke Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Semster Genap 2018/2019.
Semoga bermanfaat...

Reply
avatar
Unknown
admin
1/6/19, 5:29 AM ×

Terima kasih untuk informasinya, sangat bermanfaat

Reply
avatar
Unknown
admin
1/15/19, 8:58 AM ×

terimakasih sebelumnya, sudh sya coba memang muncul kembali tahun ajarannya tp, kendala sya tombol masuknya tidak berpungsi, mohon solusinya ?

Reply
avatar
Unknown
admin
1/15/19, 9:00 AM ×

dan tombol register masih bisa d akses

Reply
avatar
1/15/19, 2:09 PM ×

@sam budiato, terimakasih pertanyaanya gan... saran admin, silahkan agan tunggu saja dulu aplikasi dapodik paud offline di rilis...atau silahkan migrasi ke dapodik online karena kita sudah bisa mengerjakan dapodik paud-dikmas di dapodik online.

Semoga bermanfaat...

Reply
avatar
Unknown
admin
1/23/19, 1:02 PM ×

BINGUNG CARA SINGKRON DI SEMESTER GENEP ..ADA YGBISA JAWAB GAKK

Reply
avatar
Unknown
admin
1/23/19, 1:02 PM ×

SEMSTER GENEP DI TAHUN AJARAN 2018/2019

Reply
avatar
Unknown
admin
2/23/19, 12:53 PM ×

Kalau punya saya TAHUN AJARAN muncul, ketika diklik "masuk" ttp tdk bisa? ?

Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment