Salam semangat buat Para Guru Hebat, Peran Guru Profesional dalam proses pembelajaran sangatlah penting sebagai Kunci Keberhasilan Belajar Siswa.
Apa itu Guru Profesional?
Guru Profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima.
Apa itu Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ?
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dalam upaya peningkatan kompetensi Guru.
Kapan mulai dilakukan Pemetaan Kompetensi Guru?
Pemetaan Kompetensi Guru telah dilakukan melalu Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesonal pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional.
Sebagai tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk Pelatihan Guru Paska UKG pada tahun 2016 dan dilanjutkan pada tahun 2017 dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru (PKB) bagi Guru.
Tujuan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru:
Untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik.
Moda Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru:
1. Moda Tatap Muka;
2. Moda Daring Murni (Online);
3. Moda Daring Kombinasi (Kombinasi Antara Tatap Muka dengan Daring).
Unit Pelaksana Dalam Mengembangkan Perangkat dan Melaksanakan Peningkatan Kompetensi Guru adalah Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS).
Dalam Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Kelompok Kompetensi B Membahas sebagai berikut:
Kegiatan Pembelajaran (KP) 1:
- Teori Bermain dan Perkembangan Anak Usia Dini Berdasarkan Konsep Barat, Timur dan Agama
Kegiatan Pembelajaran (KP) 2:
- Penerapan Teori Bermain dan Perkembangan Anak Usia Dini Berdasarkan Konsep Barat, Timur dan Agama
Kegiatan Pembelajaran (KP) 3:
- Pendekatan, Strategi, Meotde dan Teknik Bermain Sambil Belajar dengan Berbagai Perkembangan Anak Usia Dini
Kegiatan Pembelajaran (KP) 4:
- Strategi Penerapan Bermain untuk Mengembangkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini
Berikut ini adalah file Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Untuk Kelompok Kompetensi B:
Baca Juga : Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Kelompok Kompetensi G
Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat Guru-guru semuanya. Salam semangat dan salam satu data.
Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon