Panduan Lengkap Pengisian Data di SISPENA PAUD dan PNF Sampai Tuntas


Salam semangat Bunda PAUD dan rekan-rekan operator, hari ini admin akan melakukan pengisian data Akreditasi sekolah yang admin kelola di Aplikasi SisPenA PAUD dan PNF. Mungkin sebagian atau bahkan sekolah-sekolah lain sudah Berhasil menyelesaikan pengisisan data di aplikasi ini, namun admin ingin berbagi ilmu juga walaupun yang lain sudah banyak yang selesai setidaknya ini bisa menjadi panduan buat kita semuanya.


Panduan pengisian data di SISPENA PAUD dan PNF




Informasi terbaru : Sertifikat Akreditasi PAUD dan PNF bagi yang telah melakukan Akreditasi PAUD Tahun 2018 sudah bisa dicetak, silahkan cek disini Panduanya. 
Baca Disini : Cara Print Sertifikat Akreditasi PAUD dan PNF 2018/2019

Update Info  : Alhamdulillah, Pertengahan Agustus 2018 hasil Akreditasi Gelombang Pertama, sekolah yang kami ampuh dalam penyusunan akreditasi hasilnya sangat memuaskan,,, Alhamdulillah "A". Semoga buat sekolah yang rekan-rekan ampuh juga hasilnya sangat memuaskan atau memuaskan. 

Sebelum kita masuk ke tahap pengisian, alangkah baiknya kita harus tahu apa itu SISPENA PAUD dan PNF?

Apa itu SisPenA PAUD dan PNF?

SisPenA merupakan singkatan dari Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF. Sedangkan SisPena PAUD dan PNF merupakan aplikasi penilaian akreditasi berbasis web, yang mana kita bisa mengakses aplikasi ini dimana saja dan kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Aplikasi ini selain bisa di akses dengan Komputer atau laptop juga bisa di akses lewat smartphone


Langkah-langkah Pengisian Data Di SisPena PAUD dan PNF 

1.Silahkan klik link berikut

   https://sispena.banpaudpnf.or.id/login , lalu akan muncul halaman login seperti dibawah ini. 

Updated Login SisPena PAUD dan PNF 
Updated tanggal 19 Maret 2018: 

Web SisPena PAUD sudah beralih ke alamat : https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena/login

Gambar. Halaman Login SISPENA PAUD dan PNF


2.Siapkan NPSN masing-masing lembaga, karena untuk Username dan Password menggunakan NPSN, Pilih level "Lembaga", Isikan kode/captcha. Setelah semuanya diisi klik Login. 



3.Apabila berhasil sistem akan menampilkan secara langsung halaman atau form Edit Identitas

Gambar. Halaman Profile Edit Identitas 

Pada form ini untuk setiap kolom yang berwarna abu-abu data sudah diambil dari dapodik dan tidak bisa di edit lagi, sedangkan untuk kolom berwarna putih langsung bisa di edit. Setelah data di edit jangan lupa klik Submit

Untuk bagian kolom Program, pengisian hanya untuk satuan PKBM dan LKP sedangkan untuk PAUD dan sejenisnya program sudah melekat pada NPSN masing-masing. Untuk program satuan PKBM dan LKP bisa mendaftar atau mengisi sebanyak 2 program. 


4.Selanjutnya pilih Menu Pendaftaran, jika pada list program tidak terdapat data seperti gambar dibawah ini.



Kembali lagi ke menu profile / form edit identitas dan edit lah salah satu kolom yang bisa di edit, contohnya Fhoto untuk upload fhoto lembaga setelah itu klik submit, dan kembali buka menu pendaftaran dan data pada list program akan muncul seperti gambar diatas. 

5. Seperti pada gambar 4 kita bisa melihat terdapat beberapa button  menu diantaranya Surat Permohonan, Legalitas Lembaga, Dokumen Lampiran, Foto Pendukung dan Input Evaluasi Diri. 

Pada menu button terdapat dua warna dimana untuk warna biru berarti dalam belum diisi sedangkan untuk warna hijau data sudah tuntas diisi. 

Silahkan diikuti langkah berikut ini, untuk pengisian Pendaftaran

6.Langkah pertama Pendaftaran, pilih menu Surat Permohonan untuk input surat permohonan, lalu akan muncul halaman seperti dibawah ini. Apabila ingin melihat contoh formatnya klik pada Download Format.  

Klik pada Download Format

Gambar. Surat Format Permohonan Akreditasi 

Contoh Pengisian Format Surat Permohonan

Setelah format diatas di print kemudian ditandatangani kepala sekolah, lalu di scane dalam format PDF untuk selanjutnya di upload kedalam aplikasi SISPENA PAUD dan PNF dengan mengklik tombol  Choose File lalu klik tombol Simpan. Apabila sudah terkirim maka tombol surat permohonan yang semulanya berwarna biru akan berubah menjadi warna hijau. 

Apabila Bunda PAUD ingin melakukan edit data kembali klik Browse pada pilihannya.  


Langkah Kedua Pendaftaran, Klik tombol Menu Legalitas Lembaga. Untuk melihat legalitas lembaga apakah sudah ada atau belum karena data ini diambil dari dapodik. Sehingga untuk merubahnya harus melalui update data didapodik.


Langkah Ketiga Pendaftaran, Klik pada tombol Menu SPTJM. Apabila ingin melihat contoh formatnya klik pada Download Format. 

Klik Downlaod Format

P    
Gambar. Format SPTJM

Gambar. Pengisian Format SPTJM

Langkah Keempat Pendaftaran,Klik pada Menu button Dokumen Lampiran. Akan muncul 8 Form isian Dokumen Lampiran seperti gambar dibawah ini. Setiap fom pengisian data diisi dengan dokumen berformat PDF atau DOC dengan cara menekan tombol Choose File, lalu pilih dokumen anda untuk selanjutnya memilih tombol simpan. Apabila dokumen berhasil terupload maka akan muncul tulisan "Sudah Terunggah" dan itu merupakan link untuk melihat dokumen yang telah kita upload

Gambar. Halaman Form Upload Dokumen Lampiran


Langkah Kelima Pendaftaran, Klik pada menu button Foto Pendukung, maka akan masuk ke halaman seperti dibawah ini lalu pilih "Unggah Foto". Sistem menyediakan form untuk memasukkan 5 buah foto pendukung. Dengan cara mengklik pada setiap kolom "Choose File", kemudian pilih foto yang mau di upload, foto yang diterima adalah dalam format JPG, PNG, dan GIF dengan max ukuran 250 kb. 


Gambar. Halaman Upload Foto Pendukung


Hasilnya seperti gambar dibawah ini. Apabila kembali ingin mengedit foto, klik lagi pada "Unggah Foto" dan pilih lah foto yang mana mau di edit dan klik Choose File

Gambar. Hasil Upload Foto Pendukung


Selanjutnya dan bagian pentingnya adalah melakukan evaluasi diri dengan cara mengklik button Menu Input Evaluasi Diri. Maka akan muncul halaman penilaian akreditasi lembaga berdasarkan instrument. 

Setiap kode instrumen dibedakan dengan warna.
Warna Merah untuk Major
Warna Kuning untuk Minor
Warna Hijau untuk Observed

Untuk pengisian instrumen bisa dilakukan secara langsung pada butir-butir instrumen. 

Gambar. Pengisian Butir-butir Instrumen


Setelah semua butir terisi, untuk melihat hasil perhitungan klik pada "Lihat Hasil Hitungan" yang berada pada button berwarna biru. Maka perhitungan dan bobot skor secara otomatis akan muncul. Hasilnya seperti gambar diatas. 

Selanjutnya untuk melihat semua rekap isian instrumen klik pada "Review Jawaban", setelah itu akan muncul tabel rekap seperti dibawah ini. 

Gambar. Halaman Review Jawaban


Setelah anda yakin dengan pengisian instrumen ini kliklah tombol "Selesai" dan akan muncul rekap nilai setiap nilai standar Maksimum dan Capaian, Lalu klik pada "Saya Yakin dan Setuju" dan klik "Selesai dan Kirim". 


Menu input penilaian akan berubah menjadi Lihat Hasil Penilaian, yaitu hasil penilaian yang telah di input oleh lembaga. 

Penilaian EDS bisa di edit kembali selama belum di approved oleh BAP untuk masuk ke tahap Desk Assement


updated: 14 Juli 2018

Bagi bunda-bunda PAUD sekalian, jangan lupa untuk terus memeriksa perkembangan Penilaian EDS. Pastikan setiap EDS yang telah diisi sudah ceklist warna hijau. Jika belum, silahkan bunda-bunda sekalian untuk menyelesaikan pengisian EDS. 

Menyambung pengisian Data SISPENA PAUD dan PNF, berikut ini admin akan membagikan perkembangan dari SISPENA PAUD dan PNF yang admin kelola. 


Gambar. Halaman Penilaian EDS di Menu Dashboard 


Pada halaman ini kita bisa melihat, Penilaian EDS sekolah kami sudah sampai pada tahap PKPA (Pemeriksaan Kelayakan Permohonan Akreditas) yang selanjutnya akan masuk ke tahap "Penilaian Visitasi" yang artinya sekolah kami akan segera dilakukan visitasi oleh asessor. In sya Allah, pertengahan Juli ini sekolah kami akan divisitasi oleh assessor. Semoga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. 
Baca Juga : Pengenalan dan Persiapan Dokumen dalam Pengisian SISPENA 2.0 BAN PAUD dan PNF Tahun 2019

Demikianlah informasi mengenai cara pengisian Data di SisPenA PAUD dan PNF sampai Tuntas, semoga dapat membantu bunda-bunda serta rekan-rekan operator sekalian. 

Semoga Bermanfaat... dan Terimakasih... 





Previous
Next Post »

19 komentar

Click here for komentar
7/14/18, 6:55 PM ×

Wahhh. blog nya sangat membantu kami.semoga blog nya terus berguna bagi bangsa dan negara.

Reply
avatar
Unknown
admin
7/25/18, 9:43 AM ×

saya kesulitan merubah data yg sudah saya input di lampiran. yang saya input ternyata hanya halaman depannya saja. bagaimana cara menginput lagi untuk menggantikan yang salah tadi? saya sudah coba terus tapi tidak bisa. makasih

Reply
avatar
Unknown
admin
7/25/18, 9:44 AM ×

selamat pagi. saya mengalami kesulitan untuk menggati dataa yang saya input.saya sudah menginput ternyata hanya satu halaman ssaja. sya coba untuk menggantinya tetapi tidak bisa. mohon petunujuknya. salam

Reply
avatar
Unknown
admin
10/4/18, 5:11 AM ×

Terima kasih atas petunjuk dan cara2 pengisiannya.. Sangat membantu sekali bagi kami yang pemula..

Reply
avatar
10/4/18, 7:39 PM ×

Alhamdulillah...sama-sama gan, semoga semakin bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
10/8/18, 7:17 PM ×

Maaf gan, tanya.. kalau misalnya tahap pkpa tidak kami isi atau input, apakah tetap akan dilakukan visitasi atau dianggap gugur?

Reply
avatar
10/9/18, 10:01 AM ×

Maaf gan baru di jawab, Setau admin Tahap PKPA (Pemeriksaan Kelayakan Permohonan Akreditasi) bukan kita yang input gan, melainkan pemeriksa Akreditasi gan. Pemeriksaan tersebut melalui Instrumen yang telah kita isikan dan pastikan semaunya sudah terkirim dengan tanda sudah ceklist hijau pada Pengisian EDS.

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
10/15/18, 2:17 AM ×

CARA RESET PASWORD LOGIN NYA BAGAIMANA YA GAN,SOALNYA PASWORD DEFAULT TELAH SAYA GANTI DAN SAYA LUPA.
MOHON PENCERAHAN.TRIMS

Reply
avatar
10/15/18, 6:48 PM ×

Maaf gan... Untuk Login di SISPENA PAUD Username dan Password = NPSN.

Silahkan baca point no.2

Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
10/19/18, 8:49 PM ×

cara menghapus salah satu program yang sudah dimasukkan gimana ya gan, thanks

Reply
avatar
10/19/18, 10:22 PM ×

Maaf gan, setau admin di SISPENA PAUD pada saat kita upload file di setiap program tidak ada pilihan untuk Hapus, apabila kita salah upload data kita masih bisa upload ulang data dengan klik pada tombol choose file.

Mohon maaf apabila jawabannya tidak memuaskan, karena setau admin seperti itu gan.
Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
PAUD JASMIN
admin
11/2/18, 12:35 AM ×

TERIMA KASIH TUTORIALNYA SANGAT BERMANFAAT

Reply
avatar
11/2/18, 5:05 PM ×

Alhamdulillah, sama-sama gan...semoga bermanfaat buat semuanya.

Reply
avatar
Unknown
admin
12/29/18, 1:50 PM ×

MHON bntuan ny sy kok sulit login di sispena knp y pdhl sdh mnggunakan NPSN sekolah utk user dan paswod ,,,mhon solusinya

Reply
avatar
12/31/18, 9:51 AM ×

@Unknown. Username dan Password = NPSN Sekolah dan pastikan untuk Pilih Level = Lembaga.
Apabila masih belum bisa juga, pastikan untuk pengisian NPSN sudah benar apa belum, menurut admin dari situ aja penyebab tidak bisa login nya gan.

Semoga bermanfaat...

Reply
avatar
Unknown
admin
4/9/19, 11:07 PM ×

Terima kasih sudah banyak membantu sekali untuk saya sebagai pemula. Semoga bermanfaat... Tetap semangat....

Reply
avatar
9/17/19, 2:54 PM ×

Bagaimana Cara Upload Sarana Prasarana pada Dapodik Paud Dikmas 2019, ketika Klik ke Galeri error

Reply
avatar
Unknown
admin
10/4/19, 8:22 AM ×

ka ku baru mau mendaftar tapi kenapa yah pas kubuka lingnya eror ?

Reply
avatar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment