Cara Membuat Jadwal PTK PAUD di Aplikasi Dapodik 2021


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Dapodik PAUD-DIKMAS dan DIKDASMEN. Pada postingan kali ini, admin akan mencoba untuk menjawab pertanyaan dari para rekan Operator Dapodik PAUD-DIKMAS khususnya, mengenai Cara Pengisian atau Membuat Jadwal PTK/Guru di Aplikasi Dapodik Versi 2021

Cara Membuat Jadwal PTK PAUD di Aplikasi Dapodik 2021
Gambar. Jadwal PTK dalam Satu Hari di Dapodik Versi 2021


Karena, di dapodik semester lalu PTK/Guru PAUD tidak harus mengisi Jadwal Pembelajaran yang ada hanya mengisi JJM (Jumlah Jam Mengajar) dan sekarang pada aplikasi Dapodik Versi 2021 PTK harus mengisi Pembelajaran dan Jadwal. Barangkali ini menjadi sesuatu yang baru bagi kita operator dapodik. Berhubungan, admin alhamdulillah sudah selesai mengerjakan dapodik dan sudah sinkron. Admin ingin berbagi informasi khususnya  mengenai Membuat Jadwal PTK PAUD di Apllikasi Dapodik Versi 2021. 

1. Pastikan rekan sekalian sudah mengisi atau menambah Ruang Kelas. 

Untuk mengisi atau menambah ruang kelas silahkan klik pada Menu Sarpras > Ruang > Masuk di halaman Ruang silahkan klik pada tab menu Ruang Kelas > Masuk di halaman Bangunan Lembaga silahkan klik data bangunan tersebut maka akan muncul pilihan ruang kelas. Silahkan lengkapi seluruh data Ruang Kelas dengan cara klik pada ruang kelas dan pilih Ubah. Setelah data ruang kelas terisi, silahkan disimpan dan lanjutkan dengan melakukan cek kondisi ruangan klik pada tab menu Kondisi Ruang (2020/2021). 

Apabila rekan sekalian telah mengisi Ruang Kelas maka pada saat memilih Pilih Ruang pada halaman Jadwal Pembelajaran akan muncul pilihan-pilihan ruang kelas seperti gambar dibawah ini.

Gambar. Pilih Ruang Kelas untuk Pengisian Jadwal Pembelajaran PTK
2. Pastikan rekan sekalian sudah mengisi Pembelajaran PTK
Untuk mengisi pembelajaran PTK klik pada menu Rombongan Belajar > Reguler > Masuk di halaman Rombel silahkan isi rombel terlebih dahulu selanjutnya isikan Anggota Rombel dan barulah mengisi Pembelajaran PTK. Masuk di halaman Pembelajaran PTK, silahkan isikan Jumlah Jam Mengajar (JJM) untuk Wali Kelas dan Guru Pendamping atau Tambahan. 
Dimana JJM untuk Wali Kelas = 24 Jam/Minggu. Sedangkan, Guru Pendamping atau Tambahan = 6 Jam/Minggu dalam satu Rombel.

Gambar. Halman Pengisian Pembelajaran JJM PTK

3. Setelah pengisian Ruang Kelas dan Pembelajaran PTK dilakukan, tahapan selanjutnya rekan sudah bisa membuat Jadwal PTK PAUD di Aplikasi Dapodik Versi 2021/2021.a.

Berikut ini adalah Cara Membuat Jadwal PTK di Aplikasi Dapodik Versi 2021 :

Penting untuk diketahui, PTK harus dibuatkan jadwal nya ya rekan sekalian. 

1) Silahkan klik pada Menu Jadwal

Masuk di halaman Jadwal, silahkan klik pada Pilih Ruang. Silahkan pilih Ruang Kelas yang akan dibuatkan Jadwal PTK nya.

Gambar. Halaman Pengisian Jadwal Ruang Kelas PTK

2). Selanjutnya, klik pada hari. 
Misalnya pengisian jadwal pada hari Senin. Klik pada hari Senin.

Gambar. Pemilihan Hari untuk Pengisian Jadwal
Silahkan klik tombol Tambah
Masuk dihalaman Jadwal pada ruang kelas, silahkan isikan :

- Pembelajaran = silahkan pilih nama PTK ;

- Alokasi Jam = 
  -- Untuk Wali Kelas dikarenakan dalam seminggu = 24 jam, dan bagi yang dalam satu minggu penyelenggaraan sekolah = 6 hari, berarti dalam sehari = 24:6= 4 jam/perhari. 
  -- Untuk Guru Pendamping atau Tambahan dalam seminggu = 6 jam, jadi rekan sekalian bisa menyesuaikan dengan alokas jam per hari di satuan pendidikan. Bisa per hari dibuatkan 1 jam untuk 6 hari, atau 2 jam untuk 3 hari. Saran admin, sesuaikan dengan alokasi jam di satuan pendidikan. 

- Pembelajaran ke : silahkan isikan pembelajaran ke

Gambar. Proses Pengisian Jadwal pada Ruang Kelas untuk PTK
3) Ini adalah Jadwal Pembelajaran yang telah dibuat dalam satu hari. 
Terdiri dari jadwal Wali Kelas dan Guru Pendamping atau Tambahan.

Gambar. Jadwal Pembelajaran yang Telah Dibuat dalam Satu Hari

Dan silahkan lanjutkan buat jadwal PTK pada hari selanjutnya caranya juga sama seperti yang diatas, silahkan sesuaikan Alokasi Jam Wali Kelas dan Guru Tambahan dalam satu hari.



Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga informasi diatas dapat menjawab pertanyaan rekan-rekan sekalian. Salam semangat dan salam satu data.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment