Poin-poin Penting Rilisnya Aplikasi Dapodik Versi 2021 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD/Pendidik, Tenaga Kependidikan Jenjang Dasar dan Menengah, serta rekan Operator Dapodik PAUD-DIKMAS dan DIKDASMEN. Alhamdulillah, hari ini (19 Juli 2020), aplikasi dapodik yang sudah lama ditunggu-tunggu khususnya oleh Operator Dapodik akhirnya Rilis. Aplikasi Dapodik untuk semester ganjil 2020/2021 adalah Aplikasi Dapodik Versi 2021. 


Akhirnya, Aplikasi Dapodik Versi 2021 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 Rilis



Berdasarkan informasi dari website dapo.kemdikbud.go.id/ , disampaikan sebagai berikut :

Disampaikan kepada : Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi, Pendidikan Kabupaten/Kota, LPMP, PP/BP PAUD dan DIKMAS dan Kepala PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan PKBM di seluruh Indonesia. 


Bahwasanya, pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2021/021 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis yaitu Aplikasi Dapodik versi 2021. Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2021 dapat digunakan untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan pendidikan kesetaraan. 

Berikut ini Poin-point penting yang harus diketahui oleh rekan Operator Dapodik pada Aplikasi Dapodik versi 2021 :

  • Pada Aplikasi Dapodik versi 2021 menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater). Oleh karena itu, diharuskan untuk melakukan uninstall aplikasi dapodik semester genap tahun ajaran 2019/2020 terlebih dahulu. 


  • Kode Registrasi (Koreg) Apllikasi Dapodik untuk satuan pendidikan pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan Pendidikan Kesetaraan (SKB/PKBM) telah diubah menjadi kode registrasi format baru yang akan didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  • Akun Pendataan tidak mengalami perubahan, sehingga akun pada aplikasi sebelumnya dapat digunakan untuk registrasi pada Aplikasi Dapodik versi 2021. 
  • Untuk satuan pendidikan SKB/PKBM, Aplikasi Dapodik versi 2021 belum dapat mengakomodasi peserta didik yang mengikuti dua program pendidikan dalam waktu yang sama (contoh: peserta didik terdaftar di rombel paket C dan kursus). Fitur ini akan diakomodasikan pada rilis berikutnya.

Bagi Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar segera menugaskan Petugas Pendataan untuk melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodik versi 2021 dan melakukan pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021.

Pemutakhiran data dilakukan paling lambat pada Senin, 31 Agustus 2020 (Penarikan data untuk program BOS) dan pada Rabu, 30 September 2020 (Penarikan data untuk program BOP) dengan tetap menjaga kualitas data. 


Sumber :  dapo.kemdikbud.go.id/
Baca Juga : Tutorial Cara Download dan Install Aplikasi Dapodik Versi 2021
Baca Juga : Cara Mendapatkan Kode Registrasi 10 Digit Dapodik PAUD-DIKMAS Semester Ganjil 2020/2021
Baca Juga : Daftar Link Verifikasi Akun pada Sistem Dapodik
Baca Juga : Panduan Registrasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2021 Sukses 100%
Baca Juga : Tutorial Registrasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2021 Sukses 100%

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 

 
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment