Cara Cek Validasi Data Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Info GTK Semester Genap 2019


Salam semangat buat seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan. Kabar terbaru, bahwasanya Cek Validasi Data Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Info GTK Sudah Bisa Dilakukan untuk Periode Januari-Juni 2019

Pada info gtk terdapat metode baru "semester ini akan di uji coba login info gtk dengan menggunakan userid dan password PTK yang ada di Dapodik".  Bagi rekan sekalian yang belum memiliki userid dan password silahkan menghubungi Operator sekolah masing-masing. 

Beberapa saat lalu, admin menemukan beberapa rekan GTK yang mengalami kendala pada saat akses Info GTK salah satunya kendala pada saat login. Oleh karena itu, pada postingan kali ini admin mencoba untuk membantu rekan-rekan yang mengalami kendala pada saat cek validasi data GTK, karena alhamdulillah admin sudah berhasil melakukan Cek Validasi Data Guru menggunakan dua metode baru sekaligus yaitu Login menggunakann NUPTK dan Account PTK. Semoga informasi berikut ini bermanfaat buat kita semuanya. 

Cara Cek Validasi Data Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Info GTK Semester Genap 2019


Untuk mengakses info gtk dapat dilakukan melalui dua cara:

1. Melalui SIMPKB

2. Melalui Halaman Info GTK secara langsung


Berikut ini Cara Akses Info GTK Melalui Halaman SIMPKB:

1) Silahkan akses halaman SIMPKB, berikut ini link aksesnya : 

2) Masuk di halaman Login SIMPKB, silahkan isikan Username dan Password lalu klik tombol Login

link akses simpkb https://paspor.simpkb.id/casgpo/

3) Setelah berhasil login, masuk di halaman dashboard SIMPKB pada pilihan Fitur Lain untuk anda silahkan klik pada fitur Layanan Info GTK.


 4) Selanjutnya, masuk di halaman Info GTK. 

Pada halaman Info GTK Terdapat pemberitahuan sebagai berikut:
- Login yang digunakan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan yang sudah memiliki NUPTK adalah NUPTK beserta Tanggal Lahir ; 
- Login bagi Guru dan Tenaga Kependidikan yang belum memiliki NUPTK atau NUPTK tidak valid dapat menggunakan NIK atau bisa login menggunakan Metode terbaru yaitu Account PTK ;
- Untuk mendapatkan Account PTK, silahkan GTK sekalian menghubungi Operator Sekolah masing-masing. 
Baca Disini : Cara Membuat Akun PTK pada Dapodik PAUD Offline untuk Login di Info GTK 


  
Selanjutnya, pada saat melakukan Login di Info GTK silahkan perhatikan terlebih dahulu Metode yang akan digunakan untuk Login. Karena terdapat dua metode untuk melakukan Login Info GTK untuk Semester Genap 2019. 

Berikut ini Cara Login INFO GTK menggunakan NUPTK:

- Silahkan klik pada metode yang digunakan adalah NUPTK 

- Silahkan isikan NUPTK, Tanggal Lahir serta kode captcha (keamanan)
Untuk memudahkan rekan sekalian terkhusus Operator Sekolah dalam melakukan Login Cek Validasi Data GTK, silahkan buka akun SIMPKB GTK tersebut, karena disitu kita bisa secara langsung melakukan copy NUPTK dan tanggal lahir untuk selanjutnya di pastekan pada halaman Login Info GTK.
Caranya : pada halamana dashboard SIMPKB terdapat salah satu fitur yaitu Profilku, silahkan klik fitur tersebut untuk mendapatkan NUPTK dan Tanggal Lahir GTK/PTK.

Login Info GTK Menggunakan Metode NUPTK
Gambar. Login Info GTK Menggunakan Metode NUPTK

 
Gambar. Silahkan klik Profilku pada SIMPKB untuk Mendapatkan NUPTK dan Tanggal Lahir GTK

- Setelah mengisi Login dan berhasil Login maka kita akan masuk pada halaman Status Validasi Tunjangan Profesi seperti gambar dibawah ini. Dan alhamdulillah Status Validasi Data GTK di sekolah admin Valid. Semoga di sekolah rekan sekalian status validasi data GTK semuanya sudah valid.

Gambar. Halaman Status Valid atau Belum Valid Data GTK


Berikut ini Cara Login INFO GTK Menggunakan Metode Account PTK

 - Pada halaman Login Info GTK silahkan pada pilih Metode klik Account PTK

Seperti yang telah dijelaskan diatas, account PTK yang digunakan adalah  Account PTK dan Password PTK yang sudah di inputkan oleh Operator Dapodik/Sekolah di Aplikasi Dapodik. Jadi, bagi rekan sekalian yang akan menggunakan Metode ini silahkan minta Account dan Password PTK pada Operator Sekolah.

 Login Info GTK Menggunakan Metode Account PTK
Gambar. Login Info GTK Menggunakan Metode Account PTK

 - Setelah memilih Metode Account PTK dan mengisi Login silahkan klik pada tombol Login

- Alhamdulillah, login menggunakan account ptk juga berhasil dilakukan dan sudah bisa cek Status Validasi Tunjangan Profesi GTK.



Bagi Status Validasi Tunjangan Profesi GTK yang sudah Valid, silahkan cetak atau simpan file Info GTK tersebut untuk berkas pencairan tunjangan profesi nantinya. 

Berikut ini Cara Cetak (Print out) atau Simpan File Validasi Data GTK di Info GTK:

 Pada halaman Status Tunjangan Profesi, silahkan tekan CTRL+P di Keyboard secara bersamaan. Maka kita akan masuk di halaman Print seperti gambar dibawah ini. Pada pilihan Name terdapat beberapa pilihan yang dapat dipilih. Apabila rekan sekalian ingin mencetak langsung file tersebut, silahkan pilih Printer yang digunakan misalnya Canon atau Epson dan lain sebagainya. Jika sudah dipilih silahkan klik tombol OK.

Dan bagi rekan sekalian yang ingin menyimpan file Info GTK pada Kolom Name silahkan pilih Microsoft Print to PDF. Jika sudah dipilih silahkan klik pada tombol OK. 



Selanjutnya, silahkan pilih tempat penyimpanan file tersebut dan Selesai. 

Demikianlah informasi mengenai Cara Cek Validasi Data Guru dan Tenaga Kependidikan di Info GTK Semester Genap 2019. Semoga bermanfaat buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment