Mengenal App Inventor 2



Banyak orang menganggap bahwasanya membuat aplikasi Android itu sulit dan begitu rumit. Kebanyakan orang berfikir untuk membuat aplikasi android harus berlatar belakang programmer atau setidaknya sudah mengenal dan berpengalaman dalam pemrograman. Main side sepert i itu menjadi rintangan yang berat bagi mereka yang tidak berpengalaman dalam pemrograman tetapi ingin membuat aplikasi android. 

Mengenal App Inventor 2
Anggapan main side seperti itu merupakan anggapan yang keliru, sebab semua anggapan tersebut sudah ada jawabannya dengan munculnya Tools / IDE App Inventor 2. Siapapun yang menggunakan tools ini dapat mengembangkan aplikasi android dengan cepat dan mudah. 

Pada tahap awal ini admin akan memperkenalkan :

APA ITU APP INVENTOR 2

App Inventor 2 adalah Integrated Development Environment (IDE)yang ditujukan bagi semua kalangan untuk mengembangkan aplikasi Android tanpa harus berpengalaman dalam dunia pemrograman. Aplikasi ini merupakan aplikasi open source (sumber terbuka) berbasis web yang semulanya disediakan oleh Google dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). App Inventor 2 didesain dengan simple dan mudah dimengerti. Pada App Inventor kita tidak harus bersentuhan dengan dunia pemrograman komputer yang kompleks. kita tidak perlu menuliskan kode-kode pemrograman untuk membuat aplikasi. 

App Inventor 2 adalah tool berbasis drag/drop dan visual blocks programming untuk mengembangkan aplikasi yang berjalan di Android Operating Sytem. Fiture Visual Blocks Programming mampu mentransformasikan pengkodean bahasa pemrograman berbasis teks kedalam bahasa visual dalam bentuk kode-kode program. 

Pengkodean program dilakukan dengan cara drag and drop (geser dan lepaskan) blok-blok kode program kedalam Blocks Editor. Kemudian menyusun blok-blok kode program tersebut seperti halnya ketika menyusun puzzle (teka-teki) sesuai dengan alur program yang dikehendaki. 


Sejarah Singkat App Inventor 2

App Inventor pada awalnya dikembangkan dan dikelolah oleh Google. Namun, sekarang dikelola oleh Massachusetts Instittue of Techology (MIT) dengan rilis terbaru yaitu App Inventor 2. Dikembangkan pada tahun 2010 dan dirilis perdana ke publik pada tanggal 15 Desember 2010. Tim pengembang App Inventor terdiri dipimpin oleh Mark Friedman dari Google dan Prof. Hal Abelson dari MIT. Kontributor lain dari Google antara lain Sharon Perl, Liz Looney, and Ellen Spertus. 

Pada pertengahan tahun 2011, Google merilis source code App Inventor, kemudian mengakhiri pengelolaan App Inventor, dan menyerahkannya kepada MIT's Center for Mobile Learning. Selanjutnya, pengembangan App Inventor oleh MIT diPimpin oleh pencipta App Inventor sendiri, yaitu prof. Hal Abelson serta diikuti oleh Prof. Eric Klopfer and Mitchel Resnick. App Inventor versi MIT dirilis pada Maret 2012. Selanjutnya, pada tanggal 6 Desember 2013, MMIT merilis App Inventor 2. 


Misi App Inventor adalah memberikan kesempatan yang luar bagi semua orang, khususnya para pemuda untuk bertransformasi diri dari konsumen teknologi menjadi pencipta teknologii .  sehingga diharapakn semakin banyak developer aplikasi Android baru yang bermunculuan. Pada tahun 2015, komunitas pengguna App Inventor mencapai hampir 3 juta pengguna dari 195 Negara. Selain itu, lebih dari 100.000 pengguna aktif telah mengembangkan lebih dari 7 juta aplikasi Android. 


Sumber: (Modul Android For Newbie 1 : http://shopansoft.com) silahkan check informasi lebih lengkap di web tersebut. 



Previous
Next Post »